Pendaftaran SPAN-PTKIN 2024/2025

PMB Jalur SPAN-PTKIN 2024, Penerimaan Mahasiswa Baru jalur UM-PTKIN, Jalur Nasional / Undangan / Tanpa Tes (SPAN-PTKIN), Pendaftaran SPAN-PTKIN Online,  Panduan Pendaftaran Online SPAN-PTKIN, Informasi Pendaftaran Online SPAN-PTKIN, Cara Mendaftar SPAN-PTKIN. span-ptkin.ac.id

Pada kesempatan yang sangat baik ini, admin akan membahas mengenai Pendaftaran SPAN-PTKIN 2024/2025. Nah disini admin akan membahas mengenai pendaftaran span-ptkin diantaranya, yaitu mengenai jadwal pelaksanaan SPAN-PTKIN, persyaratan pendaftaran SPAN-PTKIN, tata cara pendaftaran SPAN-PTKIN oleh sekolah dan siswa, dan daftar nama-nama perguruan tinggi SPAN-PTKIN. Untuk lebih jelas mengenai pendaftaran tersebut, mari kita simak pembahasan berikut ini.
https://www.infopmb.web.id/

Sekilas mengenai SPAN-PTKIN

SPAN-PTKIN merupakan pola seleksi nasional oleh Kementerian Agama untuk menyeleksi calon mahasiswa baru yang berprestasi akademik tinggi dari siswa-siswi SMA, SMK, MA, MAK, atau Pesantren Mu'adalah agar memperoleh pendidikan tinggi di Universitas Islam Negeri (UIN), Institut Agama Islam Negeri (IAIN), atau Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) di seluruh Indonesia berdasarkan nilai rapor dan prestasi lainnya. Biaya pelaksanaan SPAN-PTKIN ditanggung oleh pemerintah, sehingga peserta tidak dipungut biaya pendaftaran.

Ada beberapa tujuan dari SPAN-PTKIN diantaranya  :
  • Memberikan kesempatan dan kepercayaan kepada sekolah/madrasah agar mendaftarkan siswanya melalui SPAN-PTKIN untuk memperoleh pendidikan tinggi di UIN/IAIN/STAIN.
  • Mendapatkan calon mahasiswa baru yang berprestasi akademik tinggi melalui seleksi siswa SMA/SMK/MA/MAK/Pesantren Mu’adalah.
Peserta jangan khawatir dengan masalah biaya SPAN-PTKIN karena tidak dipungut biaya atau gratis karena telah ditanggung oleh pemerintah, sehingga peserta tidak dipungut biaya pendaftaran.

Sebelum melakukan pendaftaran  SPAN-PTKIN , terlebih dahulu anda harus mengetahui nama-nama PTKIN se-Indonesia yang telah tergabung dalam SPAN-PTKIN . Hal tersebut agar ketika anda memilih PTKIN yang diminati saat mendaftar, anda tidak akan merasa bingung. Berikut daftar lengkap Politeknik Negeri yang tergabung dalam PMDK-PN 2023/2024

Daftar SPAN-PTKIN se-indonesia :
Bagi peserta yang akan mendaftar SPAN-PTKIN, untuk baiknya harus memenuhi beberapa persyaratan yang telah ditentukan oleh panitia SPAN-PTKIN. Persyaratan pendaftaran SPAN-PTKIN ini diberikan untuk calon mahasiswa dan sekolah sebagai pemberi rekomendasi. Berikut informasinya.

Persyaratan Pendaftaran SPAN-PTKIN untuk Sekolah/Madrasah :
  • Sekolah/Madrasah yang boleh mendaftarkan siswanya dalam SPAN-PTKIN adalah Sekolah/Madrasah yang telah memperoleh ijin penyelenggaraan pendidikan dari pemerintah yang berwenang.
Persyaratan Pendaftaran SPAN-PTKIN untuk Peserta :
  • Lulusan SMA/SMK/MA/MAK/Pesantren Mu’adalah kelas terakhir pada tahun ini
  • Telah mendapat rekomendasi dari kepala Sekolah/Madrasah. 
  • Memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN)
  • Memiliki kesehatan yang memadai untuk mendukung proses pembelajaran
Itulah beberapa persyaratan pendaftaran yang harus dipenuhi oleh Sekolah/Madrasah dan juga oleh calon peserta SPAN-PTKIN. Setelah memenuhi persyaratan tersebut, maka peserta dapat melakukan pendaftaran SPAN-PTKIN.

Tata Cara Pendaftaran SPAN-PTKIN Oleh Sekolah
  • Kepala Sekolah/Madrasah mendaftarkan siswanya dalam seleksi SPAN-PTKIN, melalui alamat website www.span-ptkin.ac.id
  • Kemudian Kepala Sekolah/Madrasah mengisi data sekolah dan data siswa peserta SPAN-PTKIN secara benar.
  • Selanjutnya akan mendapatkan User ID dan Password untuk masing-masing siswa peserta
  • Berikan User ID dan Password tersebut kepada masing-masing siswa peserta
  • Selanjutnya siswa melakukan pendaftaran online SPAN-PTKIN secara mandiri
Tata Cara Pendaftaran SPAN-PTKIN Oleh Siswa
  • Peserta dapat membuka website resmi pendaftaran SPAN-PTKIN, yaitu www.span-ptkin.ac.id
  • Login menggunakan User ID dan Password yang telah diberikan oleh kepala Sekolah / Madrasah
  • Siswa peserta mengisi biodata, mengunggah foto, memilih PTKIN, memilih program studi, mengunggah prestasi lain yang mendukung, dan melakukan finalisasi pendaftaran online.
  • Jika sudah selesai, peserta wajib mencetak kartu tanda peserta SPAN-PTKIN
Dari pembahasan tata cara pendaftaran yang dapat dilakukan oleh Sekolah/Madrasah dan Siswa peserta dalam mendaftar SPAN-PTKIN.

Namun ada yang perlu diperhatikan saat anda melakukan pengisian data pendaftaran. Pada saat sedang mengisi data, anda diminta untuk mengisi data pilihan PTKIN dan program studinya. Ada suatu ketentuan ketika anda mengisi data tersebut. Berikut informasinya.

Jumlah Pilihan PTKIN dan Program Studi dalam SPAN-PTKIN
  • Peserta dapat memilih maksimal 2 (dua) PTKIN yang diminati
  • Peserta dapat memilih maksimal 2 (dua) program studi yang diminati pada masing-masing PTKIN.
  • Urutan pilihan PTKIN dan program studi menyatakan prioritas pilihan. Jadi letakkan pada urutan pertama untuk PTKIN dan Program studi yang paling anda minati.
Itulah ketentuan dalam memilih PTKIN dan program studinya. Selainjutnya anda perlu melengkapi informasi yang anda miliki dengan jadwal pelaksanaan SPAN PTKIN. Berikut informasinya.
Demikianlah informasi yang dapat admin berikan untuk anda. Semoga informasi tentang Pendaftaran SPAN-PTKIN 2024/2025 yang telah admin berikan dapat memberikan kemudahan dalam proses pendaftaran. Terima kasih telah membaca artikel ini. Semoga anda lulus dan diterima di PTKIN yang anda inginkan selama ini. Sekian dari admin dan salam sukses.