Pendaftaran IAIN Ambon 2024/2025

Pendaftaran IAIN Ambon 2024, Pendaftaran IAIN Ambon 2024, PMB IAIN Ambon, Pendaftaran Online IAIN Ambon 2024, Pendaftaran Mahasiswa Baru  IAIN Ambon, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Jalur SPAN-PTKIN, Jalur UM-PTKIN, Jalur Mandiri, PMB Pascasarja IAIN Ambon.

Disini admin dari infopmb.web.id akan membahas mengenai Pendaftaran IAIN Ambon 2024/2025, informasi yang admin berikan ini bertujuan untuk memberikan panduan pendaftaran bagi yang nantinya akan melakukan pendaftaran. Langsung saja kita simak pembahasan berikut ini.

http://www.infopmb.web.id/

Sedikit mengenai IAIN Ambon

Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ambon atau IAIN Ambon, sebelumnya bernama STAIN Ambon merupakan Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri di Ambon provinsi Maluku, Indonesia.

Bagi anda yang akan melakukan pendaftaran di IAIN Ambon, ada baiknya anda harus mengetahui Program Studi apa saja yang akan anda pilih nantinya sesuai keinginan anda di IAIN Ambon.

Program Studi yang ada di IAIN Ambon yaitu sebagai berikut :
  • Pendidikan Biologi
  • Pendidikan Matematika
  • Pengembangan Masyarakat Pesisir
  • Pendidikan Agama Islam
  • Hukum Pidana Islam
  • Hukum Ekonomi Syari'ah Islam
  • Perbandingan Mazhab dan Hukum
  • Ekonomi Syariah
  • Hukum Keluarga (Al-Ahwal Al-Syakhsiyyah)
  • Ilmu Aqidah
  • Komunikasi Penyiaran Islam
  • Jurnalistik
  • Sosiologi Agama
  • Bimbingan Konseling Islam
Dari beberapa Program Studi yang ada di IAIN Ambon, mungkin saja ada salah satunya yang akan anda pilih sesuai keinginan anda. Maka dari itu anda harus mendaftarkan diri anda unruk menjadi calon mahassiswa baru di IAIN Ambon dengan mengikuti beberapa jalur-jalur seleksi yaitu.

1. Pendaftaran SPAN-PTKIN  IAIN Ambon

SPAN-PTKIN atau Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri merupakan jalur seleksi masuk ke Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri  seperti UIN, IAIN, atau STAIN di indonesia.

Bagi anda yang akan melakukan pendaftar SPAN-PTKIN terlebih dahulu anda harus memperoleh rekomendasi dari Kepala Sekolah. Setelah anda mendapatkan rekomendasi dari Kepala Sekolah, kemudian anda mendapat id dan pasword dari kepala sekolah, setelah mendapatkan id dan pasword anda dapat melakukan proses pendaftaran SPAN-PTKIN secara online melalui alamat website www.span-ptkin.ac.id

Untuk informasi lebih lengkap mengenai tata cara pendaftaran, persyaratan, kriteria penerimaan, jumlah PTKIN pilihan, daftar PTKIN se-Indonesia dan lain-lain dapat sobat baca pada artikel yang berjudul Pendaftaran SPAN-PTKIN.

2. Pendaftaran UM-PTKIN  IAIN Ambon

UM-PTKIN atau Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri  merupakan jalur seleksi masuk yang dilakukan secara bersama-sama oleh Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri di Indonesia yang ujiannya dilakukan melalui ujian tertulis.

Sebelunm anda melakukan perdaftaran UM-PTKIN. Terlebih dahulu anda membayar biaya pendaftaran UM-PTKIN melalui Bank Mandiri, setelah selesai anda membayar, maka anda akan mendapatkan username atau Used ID dan password yang dapat digunakan untuk mendaftar secara online melalui laman www.um-ptkin.ac.id.

Untuk lebih jelas mengenai Pendaftaran UM-PTKIN mulai dari persyaratan, tata cara pendaftaran dan sebagainya dapat dapat anda membacanya di Pendaftaran UM-PTKIN.

3. Pendaftaran Jalur Mandiri IAIN Ambon

Bagi anda yang sebelumnya mengikuti jalur-jalur seleksi seperti Jalur SPAN-PTKIN atau UM-PTKIN di IAIN Ambon, tetapi dinyatakan tidak lulus. Maka dari itu anda dapat mengikuti jalur mandiri ini.

Jalur Mandiri ini adalah jalur yang menyeleksi calon mahasiswa baru melalui ujian tertulis yang diselenggarakan oleh kampus IAIN Ambon.

Untuk anda yang belum jelas mengenai informasi jalur mandiri ini, anda dapat mengaksses alamat situs resmi IAIN Ambon yaitu iainambon.ac.id

4. Pendaftaran Jalur Bidikmisi IAIN Ambon

Bagi yang ingin melanjutkan kuliah di IAIN Ambon, tetapi mempunyai masalah mengenai biaya pendidikannya. Jangan khawatir dengan masalah tersebut, karena anda dapat mengikuti jalur bidikmisi.

Bidikmisi itu adalah bantuan biaya pendidikan untuk calon mahassiswa baru yang berasal dari keluarga kurang mampu.

Bagi anda yang belum jelas mengenai jalur bidikmisi ini anda dapat membacanya melalui alamat situs resmi IAIN Ambon yaitu iainambon.ac.id

5. Pendaftaran Pascasarjana IAIN Ambon

Untuk anda yang ingin melanjutkan kuliah ke jenjang pascasarjana di IAIN Ambon, maka anda harus mempersiapkan persyaratan yang ditentukan oleh kampus IAIN Ambon. Bagi anda yang akan melakukan pendaftaran pascasarjana anda dapat mengakses alamat situs resmi IAIN Ambon yaitu iainambon.ac.id.

Demikian informasi yang dapat admin berikan mengenai Pendaftaran IAIN Ambon 2024/2025, semoga informassi yang dapat admin berikan ini dapat membantua anda dalam proses pendaftaran nantinya.

Bagi anda yang ingin mengetahui informasi mengenai pendaftaran, anda dapat membacanya di alamat website infopmb.web.id