Pendaftaran Poltekkes Surakarta 2024/2025

Poltekkes Surakarta 2024, PMB Poltekkes Surakarta, Pendaftaran Poltekkes Surakarta 2024, Penerimaan Mahasiswa Baru Poltekkes Surakarta, Pendaftaran Mahasiswa Baru Poltekkes Surakarta, Info Pendaftaran Online Poltekkes  Surakarta, Cara Pendaftaran Online Poltekkes Surakarta

Pada kesempatan ini admin akan memberikan informasi untuk anda mengenai Pendaftaran Surakarta 2024/2025. Informasi ini diberikan dengan harapan bisa memberikan panduan kepada anda dalam melakukan proses pendaftaran. Simak informasi selengkapnya berikut ini.


Sedikit mengenai Poltekkes Surakarta

Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Surakarta atau Poltekkes Kemenkes Solo adalah perguruan tinggi kedinasan yang berada di Surakartaa dengan penyelenggaraan pendidikan tenaga kesehatan berstrata Diploma III dan Diploma IV, dibawah naungan Pusat Pendidikan Tenaga Kesehatan, Badan Pengembangan dan Pemberdayaan SDM Kesehatan, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Politeknik Kesehatan adalah Unit pelaksana teknis di lingkungan Departemen Kesehatan yang dipimpin oleh Direktur yang berada dibawah Kepala Badan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia (PSDM) dan sehari-hari bertanggung jawab ke Pusdiknakes. Pembinaan dilakukan oleh Kepala Pusdiknakes. Politeknik Kesehatan mempunyai tugas melaksanakan pendidikan profesional dalam program diploma I, diploma II, diploma III dan/atau diploma IV sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Motto Poltekkes Kesehatan Surakarta" P  R  I  M  A "
Prestasi : Politeknik Kesehatan Surakarta mencetak SDM Tenaga Kesehatan yang unggul, berprestasi, dan mampu bersaing di pasar nasional maupun global.

Integritas dan Iman : Politeknik Kesehatan Surakarta merupakan institusi pendidikan tenaga kesehatan yang dapat berpikir holistik, integralistik, dan rasional demi membangun integritas peribadinya guna meningkatkan pelayanan.

Mandiri : Manajemen Pendidikan yang diterapkan di Politeknik Kesehatan Surakarta berbasis Kompetensi dan Riset sehingga akan dapat mencetak SDM Tenaga Kesehatan yang mandiri guna peningkatan kemampuan daya saing.

Lokasi Politeknik Kementerian Kesehatan Surakarta terletak di JL. Letjend Sutoyo, Mojosongo, Surakarta 57127

Pada tahun ini, Poltekkes Surakarta membuka jalur penerimaan mahasiswa baru melalui berbagai jalur, diantaranya adalah Jalur PMDP,  Jalur Gakin dan Jalur SIMAMA. Untuk informasi lebih jelas mari kita simak pembahasan berikut ini.

Penelusuran Minat dan Prestasi (PMDP) adalah jalur seleksi bagi calon mahasiswa baru yang dilakukan sepenuhnya berdasarkan penilaian atas nilai rapor termasuk prestasi non akademik.

A. Program Seleksi

1. Jalur Penelusuran Minat dan Prestasi (PMDP)

Penelusuran Minat dan Prestasi (PMDP) adalah jalur seleksi bagi calon mahasiswa baru yang dilakukan sepenuhnya berdasarkan penilaian atas Nilai Rapor termasuk Prestasi Non Akademik.

2. Pendaftaran Jalur Ujian Tulis Keluarga Miskin (GAKIN)

Uji Tulis Keluarga Miskin (Gakin) adalah salah satu program Politeknik Kesehatan Surakarta dalam rangka mewujudkan peningkatan harkat dan martabat keluarga miskin (Gakin) melalui pendidikan tinggi, yang bertujuan memberikan kesempatan bagi putera dan puteri dari keluarga miskin dan berdasarkan penilaian atas hasil uji tulis dan mempertimbangkan kondisi keluarga yang mendukung untuk diberikan bantuan pendidikan di Politeknik Kesehatan Surakarta.

Biaya pendidikan mahasiswa Gakin sebesar 50% (lima puluh persen) dari biaya pendidikan yang berlaku.

3. Jalur Sipenmaru Bersama (SIMAMA)

Jalur Sipenmaru Bersama (SIMAMA) adalah salah satu program Pusdik Badan PPSDM Kemenkes RI dimana peserta sipenmaru yang memilih program studi/jurusan di polkesta bisa mendaftar melalui poltekkes kemenkes di seluruh indonesia melalui pendaftaran online dan tempat ujian tulis pada poltekkes kemenkes terdekat dari tempat tinggal siswa TANPA harus datang di Polkesta atau yang diminati (*baca ketentuan khusus) sehingga akan relative lebih efisien baik dari segi waktu, tenaga maupun biayanya.

B. Program Studi yang dibuka dan Akreditasi


C. mekanisme seleksi

Mekanisme seleksi sipenmaru poltekkes surakarta dilaksanakan melalui 2 tahapan, yaitu :

1. Tahap I :

a. Jalur PMDP : 
  • Seleksi Persyaratan administrasi.
  • Seleksi Nilai Rapor (Akademik) dan Prestasi Non Akademik.
b. Jalur Gakin :
  • Seleksi Persyaratan administrasi.
  • Seleksi Nilai Rapor (Akademik).
c. Jalur SIMAMA : Menunggu pedoman dan panduan seleksi penerimaan mahasiswa baru bersama (SIMAMA) dari Pusdik Badan PPSDM Kemenkes RI.

2. Tahap II : Uji Kesehatan (semua jalur)

Peserta yang diterima sebagai calon mahasiswa baru adalah mereka yang LOLOS seleksi Tahap I dan II

D. Jadwal Pelaksanaan Sipenmaru

Jadwal Pelaksanaan PMDP dan GAKIN
Jadwal Pelaksanaan SIMAMA


Keterangan : Jadwal Pelaksanaan Kegiatan Sipenmaru dapat berubah sewaktu-waktu. Silahkan untuk selalu update informasi di website Poltekkes Kemenkes Surakarta http://www.poltekkes-solo.ac.id/

E. Persyaratan Calon Mahasiswa

1. Persyaratan Umum
  • Warga Negara Indonesia.
  • Kualifikasi pendidikan calon mahasiswa baru sebagai berikut :

  • Tinggi badan calon pendaftar untuk pilihan jurusan Keperawatan, Kebidanan dan Fisioterapi minimal
    • Laki-laki : 155 cm
    • Perempuan : 150 cm
        Untuk jurusan lainnya tidak menggunakan persyaratan tinggi badan.
  • Tidak buta warna total/parsial dan tidak cacat fisik yang dapat mengganggu aktivitas kinerja sesuai profesi.
  • Bersedia tidak hamil selama mengikuti pendidikan (bagi perempuan).
  • Peserta yang dinyatakan lulus seleksi/diterima tetapi tidak lulus Ujian Nasional SMA/MA/SMK dinyatakan GUGUR.
2. Persyaratan Khusus

a. Jalur Penelusuran Minat dan Prestasi (PMDP).
  • Pada saat mendaftar calon mahasiswa baru adalah siswa kelas XII TA. 2023/2024.
  • Nilai Rapor : Memiliki nilai minimal 7 (kurikulum 2006) atau setara dengan nilai 70 (pada kurikulum 2013=2,80 kemudian dikonversikan ke dalam skala 0-100) untuk semua mata pelajaran dari semester 1 s.d V.
b. Jalur Keluarga Miskin (GAKIN)
  • Batas usiamaksimal 27 tahun saat mendaftar.
  • Berasal dari keluarga tidak mampu secara ekonomi, dengan kriteria orang tua atau wali memiliki  penghasilan kotor keluarga sebesar-besarnya Rp. 3.000.000,- (tiga juta rupiah) dan apabila dibagi dengan jumlah anggota keluarga sebesar-besarnya Rp. 750.000,.(tujuh ratus lima puluhribu rupiah) per bulan.
c. Jalur Sipenmaru (SIMAMA)
  • Batas usia maksimal 27 tahun saat mendaftar
  • Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak menggangu kelancaran proses pembelajaran di Poltekkes dan tidak menganggu aktivitas kinerja sesuai profesinya.
Itulah inforamsi yang dapat admin berikan mengenai jalur pendaftaran yang ada di poltekkes surakarta, mulai dari jalur pendaftaran, syarat pendaftaran, cara pendaftaran, jadwal pendaftaran dan sebagainya. Untuk anda yang belum jelas mengenai informasi di atas, anda dapat mencari informasi lebih jelasnya di alamat website resmi yaitu http://poltekkes-solo.ac.id/

Untuk anda yang ingin mengetahui informasi mengenai Biaya Kuliah Poltekkes Surakarta, anda dapat membacanya di bawah ini.
Baca : Biaya Kuliah Poltekkes Surakarta
Demikianlah informasi yang bisa admin sampaikan. Semoga informasi ini bisa menambah pengetahuan bagi anda yang akan melakukan proses pendaftaran masuk ke Poltekkes Surakarta 2024/2025. Terima kasih telah membaca artikel ini dan semoga anda sukses.