Pendaftaran UIN Sunan Ampel 2024/2025

PMB  UIN Sunan Ampel 2024, Pendaftaran Mahasiswa Baru  UIN Sunan Ampel, Pendaftaran  UIN Sunan Ampel 2024, Pendaftaran Online UIN Sunan Ampel, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UIN Sunan Ampel, Jalur SNMPTN, SBMPTN, SPAN-PTKIN, UM-PTKIN, Mandiri, Bidikmisi, PPs UINSA, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, UIN Sunan Ampel.

Pada kesempatan yang sangat baik ini admin akan membahas tentang Pendaftaran UIN Sunan Ampel 2024/2025. Informasi yang admin berikan ini bertujuan untuk panduan anda dalam proses pendaftaran tersebut, untuk lebih jelasnya mari kita simak pembahasan berikut ini.

https://www.infopmb.web.id/

Sedikit tentang sejarah UIN Sunan Ampel

UIN Sunan Ampel adalah Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri yang berada di kota Surabaya, Provinsi Jawa Timur, Indonesia, tepatnya di Jl. Ahmad Yani No. 117, Surabaya 60237.

UIN Sunan Ampel sebelumnya adalah berstatus sebagai IAIN Sunan Ampel yang telah resmi menjadi UIN Sunan Ampel pada tanggal 1 oktober 2013.

Untuk memasuki bangku kuliah di UIN Sunan Ampel, sebaiknya mencari tahu fakultas dan jurusan apa yang anda akan pilih nantinya di UIN Sunan Ampel.

Baca : Fakultas dan Program Studi di UIN Sunan Ampel

Jalur-jalur penerimaan mahasiswa baru di UIN Sunan Ampel dibedakan menjadi 2 yaitu jalur nasional dan jalur mandiri. Jalur nasional yang dibuka terdiri dari jalur SNMPTN, SBMPTN, SPAN-PTKIN, dan UM-PTKIN jalur ini untuk jenjang sarjana. Sedangkan jalur mandiri dikelola secara langsung oleh UIN Sunan Ampel untuk menerima mahasiswa baru jenjang Sarjana dan Pascasarjana.

1. Pendaftaran SNMPTN UIN Sunan Ampel 

SNMPTN merupakan pola seleksi nasional berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik dengan menggunakan nilai rapor semester 1 (satu) sampai dengan semester 5 (lima) bagi SMA/MA dan SMK dengan masa belajar 3 (tiga) tahun atau semester 1 (satu) sampai dengan semester 7 (tujuh) bagi SMK dengan masa belajar 4 (empat) tahun, serta Portofolio Akademik.

Peserta terlebih dahulu harus mendapatkan rekomendasi dari Kepala Sekolah. Kemudian peserta melakukan pendaftaran SNMPTN secara online melalui alamat website www.snmptn.ac.id . Setelah peserta masuk ke alamat tersebut, peserta wajib mengisi semua data-data yang ada di laman tersebut. Dan untuk biaya pendaftaran SNMPTN telah ditanggung oleh pemerintah, sehingga peserta tidak dipungut biaya pendaftaran lagi.

Bagi anda yang ingin mengetahui informasi mengenai Pendaftaran SNMPTN, anda dapat membaca inforamsi lebih jelasnya di Pendaftaran SNMPTN

2. Pendaftaran SBMPTN UIN Sunan Ampel

SBMPTN juga merupakan jalur seleksi nasional. Yang boleh mendaftar jalur SBMPTN bukan hanya siswa yang berprestasi, tetapi siswa yang mempunyai kemampuan sedang-sedang saja pun boleh mendaftar dan mengikuti SBMPTN karena proses seleksi jalur SBMPTN ini tidak didasarkan nilai raport seperti pada SNMPTN, tetapi melihat hasil akhir dari ujian tertulis dan ujian keterampilan khusus untuk peserta yang mengambil program studi seni dan olahraga.

Peserta dapat melakukan pendaftaran secara online melalui alamat website www.sbmptn.or.id . Untuk biaya pendaftaran SBMPTN ditanggung oleh peserta. dan untuk pembayaran pendaftaran dapat peserta bayar melalui Bank Mandiri atau Bank BNI. Untuk informasi lebih jelasnya dapat anda baca di Pendaftaran SBMPTN

3. Pendaftaran SPAN-PTKIN UIN Sunan Ampel 

SPAN-PTKIN merupakan pola seleksi nasional oleh Kementerian Agama untuk menyeleksi calon mahasiswa baru yang berprestasi akademik tinggi dari siswa-siswi SMA, SMK, MA, MAK, atau Pesantren Mu’adalah agar memperoleh pendidikan tinggi di Universitas Islam Negeri (UIN), Institut Agama Islam Negeri (IAIN), atau Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) di seluruh Indonesia berdasarkan nilai rapor dan prestasi lainnya. Biaya pelaksanaan SPAN-PTKIN ditanggung oleh pemerintah, sehingga peserta tidak dipungut biaya pendaftaran.

Untuk pendaftaran SPAN-PTKIN dilakukan secara online www.span-ptkin.ac.id  Untuk biaya pendaftaran SPAN-PTKIN gratis, sama seperti SNMPTN. Peserta tidak perlu membayar biaya pendaftaran lagi.

Baca : Pendaftaran SPAN-PTKIN

4. Pendaftaran UM-PTKIN UIN Sunan Ampel 

UM-PTKIN merupakan seleksi masuk Universitas Islam Negeri (UIN), Institut Agama Islam Negeri (IAIN), dan Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) di seluruh Indonesia melalui ujian tertulis yang dilaksanakan secara bersama dibawah koordinasi Direktorat Pendidikan Tinggi Islam Kementerian Agama Republik Indonesia.

Persyaratan Pendaftaran :
  • Persyaratan Pendaftaran UM-PTKIN 
  • Lulus dari Satuan Pendidikan SMA/MA/SMK/MAK/Pesantren Mu`adalah atau yang setara.
  • Lulusan tahun 2017, 2018, dan 2019, dengan ketentuan :
  • Lulusan tahun 2017 dan 2018 harus sudah memiliki ijazah.
  • Lulusan tahun 2019 harus memiliki Surat Keterangan Lulus dari Kepala Sekolah/Madrasah yang dilengkapi dengan pas foto terbaru yang telah dibubuhi cap sekolah/madrasah.
  • Memiliki kesehatan yang memadai untuk menunjang kelancaran proses pembelajaran di PTKIN.
Alur Pendaftaran UM-PTKIN 
  • Untuk bisa melakukan pendaftaran UM-PTKIN, maka anda harus mengawalinya dengan datang ke Bank Mandiri untuk membayar biaya pendaftaran UM-PTKIN. Setelah membayar biaya pendaftaran, kemudian anda akan mendapatkan User ID dan Password yang dapat digunakan untuk melakukan login pendaftaran ke um-ptkin.ac.id. Berikut rincian informasinya.

5. Pendaftaran Bidikmisi UIN Sunan Ampel 

Bidikmisi merupakan bantuan biaya pendidikan yang diberikan kepada siswa yang berasal dari keluarga kurang mampu yang ditunjukkan dengan surat keterangan dari Lurah/Kepala Desa, serta memenuhi persyaratan lain yang ditentukan.

Untuk pendaftaran Bidikmisi dilakukan secara online melalui alamat website bidikmisi.dikti.go.id Setelah login, kemudian mengisi data-data secara lengkap dan benar. Informasi lebih jelas dapat di baca di Pendaftaran Bidikmisi

6. Pendaftaran Jalur Mandiri UIN Sunan Ampel 

Jalur Mandiri adalah jalur penerimaan mahasiswa baru yang diselenggarakan secara khusus oleh panitia penyelenggara, dalam hal ini adalah UIN Sunan Ampel. Tujuannya adalah memberikan kesempatan kpada calon mahasiswa baru yang ingin kuliah di UIN Sunan Ampel yang mempunyai kualitas akademis.

Persyaratan Umum :
  • Lulusan SMA, MA, SMK, MAK yang berijazah negara (telah mengikuti ujian nasional)
  • Lulusan Pondok Pesantren (KMI, MMI, TMI) yang telah disetarakan setingkat SLTA/MA yang dibuktikan dengan SK Penyetaraan dari Dirjen Pendidikan Islam.
  • Lulusan paket C (dibuktikan dengan surat keterangan lulus dan foto copy raport tiga tahun terakhir)
  • Membayar biaya pendaftaran SPMB di Bank BTN sebesar Rp. 150.000,-
Tata Cara Pendaftar
  • Peserta datang ke Bank BTN untuk membeli formulir pendaftaran SPMB UIN sesuai jadwal dan jalur penerimaan.
  • Peserta akan mendapatkan kuitansi (kode transaksi/jurnal serta password/PIN yang digunakan untuk akses pebgisian formulir pendaftaran.
  • Peserta mengakses formulir pendaftaran online di www.uinsby.ac.id. Untuk login, gunakan kode transaksi atau PIN yang telah didapatkan.
  • Peserta memilih kelompok ujian.
  • Peserta mencetak hasil pengisian formulir.
  • Peserta mencetak nomor pendaftaran
  • peserta datang ke tempat pendaftaran sesuai jadwal untuk menyerahan :
  • Hasil cetak pengisian formulir
  • Foto copy kartu tanda siswa
  • Foto copy : Surat Keterangan Hasil Ujian (SKHU) dari sekolah / foto copy Ijazah yang telah dilegalisir. Lulusan paket C (dibuktikan dengan surat keterangan lulus dan foro copy raport tiga tahun terakhir). Lulusan Pondok Pesantren (KMI, MMI, TMI) yang telah disetarakan setingkat SLTA/MA yang dibuktikan dengan SK Penyetaraan pada Ijazah
  • Pendaftar yang memenuhi persyaratn (terverifikasi oleh panitia) nomor pendaftaran yang telah tercetak akan disahkan oleh panitia.
  • Bagi peserta yang telah mendapat pengesahan kartu peserta oleh panitia, kemudian oeserta diharuskan mengikuti seluruh tes ujian tulis.
7. Pendaftaran Pascasarjana UIN Sunan Ampel 

Bagi anda yang ingin kuliah jenjang pascasarjana di UIN Sunan Ampel Surabaya, silahkan daftarkan diri anda mengikuti jalur seleksi yang dibuka.

Persyaratan Administrasi Program Magister
  • Mengisi Formulir Pendaftaran
  • Foto Copy Ijasah dan tanskrip nilai S-1 atau perguruan tinggi yang setara dengan nilai yudisium baik (B)
  • Menyerahkan foto berwarna terbaru ukuran 3 x 4 sebanyak 4 lembar dan 2 x 3 sebanyak 2 lembar.
  • Rekomendasi dari  1 (satu) orang senior (bergelar doktor) yang telah mengenal kemampuan serta prestasi akademik pendaftar. (lampiran 1)
  • Surat Pernyataan bermatrai 6000 (lampiran 2)
  • Membayar uang pendaftaran sebesar Rp. 400.000,- (Empat Ratus Ribu Rupiah) di Bank BTN (BTN Seluruh Indonesia)
Persyaratan Administrasi Program Doktor
  • Mengisi Formulir Pendaftaran.
  • Foto Copy Ijasah dan tanskrip nilai S-1 dan S-2 atau perguruan tinggi yang setara dengan nilai yudisium baik (B).
  • Menyerahkan foto berwarna terbaru ukuran 3 x 4 sebanyak 4 lembar  dan 2 x 3 sebanyak 2 lembar.
  • Menyerahkan foto copy tesis (judul, lembar pengesahan, daftar isi, pendahuluan, kesimpulan dan daftar pustaka).
  • Menyerahkan Proposal Disertasi.
  • Rekomendasi dari 1 (satu) orang senior (bergelar profesor) yang telah mengenal kemampuan serta prestasi akademik pendaftar. (lampiran 1)
  • Surat Pernyataan bermatrai 6000 (lampiran 2)
  • Membayar uang pendaftaran sebesar Rp. 500.000,- (Lima Ratus Ribu Rupiah) di Bank BTN (BTN Seluruh Indonesia) 
Untuk informasi penting lainnya dapat anda akses langsung pada website resmi Pascasarjana UIN Sunan Amplel di www.uinsby.ac.id

Demikain informasi yang dapat admin berikan. Semoga informasi tersebut dapat membantu anda dalam proses pendaftaran nantinya di UIN Sunan Ampel 2024/2025. Terimakasih sudah membaca artikel ini dan semoga anda diterima di  UIN Sunan Ampel.