Pendaftaran UIN Sunan Kalijaga 2024/2025

PMB UIN Sunan Kalijaga 2024, Pendaftaran Mahasiswa Baru UIN Sunan Kalijaga, Pendaftaran UIN Sunan Kalijaga Online, Pendaftaran Online UIN Sunan Kalijaga, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UIN Sunan Kalijaga, Panduan Pendaftaran UIN Sunan Kalijaga Jalur SNMPTN, SBMPTN, SPAN-PTKIN, UM-PTKIN, Jalur Mandiri, PPs UIN Sunan Kalijaga, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.

Pada kesempatan yang sangat baik ini admin akan membahas tentang Pendaftaran UIN Sunan Kalijaga 2024/2025. Dan untuk informasi yang admin berikan ini bertujuan untuk memberikan panduan kepada anda yang ingin mendaftar di UIN Sunan Kalijaga. Untuk lebih jelasnya mengenai pendaftara tersebut, langsung saja admin akan membahasnya.

http://www.infopmb.web.id/

Ini sedikit mengenai UIN Sunan Kalijaga

Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga (bahasa Inggris: Sunan Kalijaga State Islamic University), sering disingkat UIN Suka, adalah Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri (PTAIN) pertama di Indonesia. Nama UIN Sunan Kalijaga diambil dari salah satu kelompok penyebar agama Islam di Jawa, Walisongo yaitu Sunan Kalijaga. Kampus UIN Sunan Kalijaga berlokasi di dekat perbatasan antara Kota Yogyakarta dengan Kabupaten Sleman, tepatnya di Jalan Marsda Adisucipto no. 1

Sebelum anda melakukan Pendaftaran UIN Sunan Kalijaga, ada baiknya anda harus mengetahui informasi mengenai Fakultas dan Program Studi yang akan anda pilih nantinya sesuai keinginan anda nantinya.


Setelah anda memilih Fakultas dan Program Studi  yang sesuai keinginan anda, maka anda dapat melakukan pendaftaran dengan mengikuti jalur seleksi yang di buka oleh panitia UIN Sunan Kalijaga yaitu sebagai berikut.

1. Pendaftaran Jalur  SNMPTN UIN Sunan Kalijaga

SNMPTN Merupakan pola seleksi nasional berdasarkan hasil prestasi akademik dengan menggunakan nilai rapor dan prestasi lainnya bagi siswa yang akan lulus Ujian Nasional dari sekolah tingkat menengah negeri maupun swasta. Sekolah memiliki identitas Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) dan mengisikan data prestasi siswa di PDSS, sedangkan siswa memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN). Untuk lebih jelas mengenai tata cara pendaftaran dan persyaratan lainnya dapat anda akses di alamat website: http://snmptn.ac.id

Untuk informasi lebih jelas mengenai pendaftaran SNMPTN, anda dapat membacanya di Pendaftaran SNMPTN

2. Pendaftaran Jalur  SBMPTN UIN Sunan Kalijaga

Seleksi bersama dalam penerimaan mahasiswa baru bagi siswa yang lulus dari satuan pendidikan tahun 2017, 2018, dan 2019 melalui ujian tertulis yang dilaksanakan secara nasional dalam bentuk cetak/menggunakan komputer atau kombinasi ujian tertulis dan ujian keterampilan calon mahasiswa. Dan untu mengenai tata-tata cara pendaftaran dan persyaratannya dapat ada lihat di alamat website resmi : http://sbmptn.ac.id

Bagi anda yang belum jelas mengenai pendaftaran SBMPTN ini anda dapat membacanya di Pendaftaran SBMPTN

3. Pendaftaran Jalur  SPAN – PTKIN UIN Sunan Kalijaga

SPAN-PTKIN adalah pola seleksi prestasi akademik dengan menggunakan nilai rapor dan prestasi lainnya bagi siswa tahun 2019 bagi SMA/SMK/MA/MAK/Pesantren Mu’adalah yang dilaksanakan secara nasional oleh seluruh UIN/IAIN/STAIN dalam satu sistem yang terpadu dan diselenggarakan secara serentak oleh panitia pelaksana yang ditetapkan oleh Menteri Agama Republik Indonesia:

Dan untuk informasi mengenai jadwal pelaksanaan, tata cara pendaftaran, persyaratan pendaftaran dan ketentuan penting lainnnya bisa baca pada Pendaftaran SPAN-PTKIN

4. Pendaftaran Jalur UM – PTKIN UIN Sunan Kalijaga

Seleksi nasional penerimaan mahasiswa baru UIN/IAIN/STAIN melalui ujian tertulis bagi siswa yang lulus dari satuan pendidikan SMA/SMK/MA/MAK/Pesantren Mu’adalah atau yang dilakukan secara serentak oleh panitia pelaksana yang ditetapkan oleh Menteri Agama Republik Indonesia. Untuk lebih jelasnya mengenai pendaftran UM-PTKIN dapat anda akses alamat : http://um-ptkin.ac.id

Dan untuk informasi lebih lengkapnya mengenai Pendaftaran UM-PTKIN ini, anda dapat membacanya di Pendaftaran UM-PTKIN

5. Pendaftaran Jalur Mandiri UIN Sunan Kalijaga

PMB jalur Mandiri adalah mekanisme seleksi masuk UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta melalui tes (Computer-Based Test dan Paper-Based Test) dan tanpa tes yang dikelola langsung oleh UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
  • Computer-Based Test (CBT)
Untuk Seleksi penerimaan mahasiswa baru jalur Mandiri CBT ini adalah seleksi masuk UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dengan pola ujian menggunakan komputer bagi siswa SMA/SMK/MA/MAK/Pesantren Mu’adalah atau yang setara. dan untuk Calon mahasiswa baru secara langsung datang ke UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, melakukan tes, dan langsung mengetahui pengumuman hasil tes dengan skor rerata minimal 60 dan kategori tes kepribadian (disarankan).
  •  Paper-Based Test (PBT)
Seleksi penerimaan mahasiswa baru jalur Mandiri PBT adalah seleksi masuk UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta melalui ujian tertulis bagi siswa lulusan SMA/SMK/MA/MAK/Pesantren Mu’adalah atau yang setara.
  •  Tanpa Tes
Seleksi penerimaan mahasiswa baru jalur Mandiri Tanpa Tes adalah jalur PMB bagi lulusan SMA/SMK/MA/MAK/Pesantren Mu’adalah atau yang setara yang mempunyai keahlian dan prestasi tertentu, seperti hafal Alquran minimal 26 juz (melalui verifikasi langsung), juara I qari nasional, dan juara 1 olimpiade sains nasional.

Itu tadi mengenai mengenai Pendaftaran UIN Sunan Kalijaga 2024/2025. Semoga informasi yang admin berikan ini dapat bermanfaat bagi anda yang ingin mendaftar di Pendaftaran UIN Sunan Kalijaga. terimakasih sudah membaca artikel ini dan semoga anda diterima menjadi mahasiswa  baru di Pendaftaran UIN Sunan Kalijaga.