Pendaftaran UIN Sultan Syarif Kasim Riau 2024/2025

PMB UIN-SUSKA 2024, Pendaftaran Mahasiswa Baru UIN-SUSKA 2024. Pendaftaran UIN-SUSKA Online, Pendaftaran Online UIN-SUSKA, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UIN-SUSKA, Panduan Pendaftaran UIN-SUSKA, Jalur SNMPTN, SBMPTN, SPAN-PTKIN, UM-PTKIN, Jalur Mandiri, PPs UIN-SUSKA, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Pada kesempatan yang sangat baik ini admin akan membahas tentang Pendaftaran UIN Sultan Syarif Kasim Riau 2024/2025. Informasi yang admin berikan untuk panduan anda dalam proses pendaftaran tersebut, untuk lebih jelasnya mari kita simak pembahasan berikut ini.

http://www.infopmb.web.id/

Sedikit mengenai UIN SUSKA

UIN SUSKA atau UIN Sultan Syarif Kasim Riau adalah salah satu Perguruan Tinggi berstatus Negeri yang terletak di kota Pekanbaru, tepatnya terletak di Jl. HR. Soebrantas, No. 155, KM. 15, Simpang Baru Panam, Pekanbaru, Indonesia.

Pada mulanya adalah Institut Agama Islam Negeri Sultan Syarif Qasim (IAIN Susqa) Pekanbaru yang didirikan pada tanggal 19 September 1979 yang kini telah berkembang dan diresmikan menjadi Universitas Islam Negeri pada 4 Januari 2005.

Untuk memasuki bangku kuliah di UIN SUSKA, sebaiknya mencari tahu fakultas dan jurusan apa yang anda akan pilih nantinya di UIN SUSKA.

Dari beberapa program studi yang ada di UIN SUSKA tersebut, mungkin salah satunya ada yang anda minati. Untuk itu, silahkan anda mendaftarkan diri di UIN SUSKA dan memilih program studi yang anda minati tersebut.

Ada beberapa jalur-jalur penerimaan mahasiswa baru yang dibuka oleh UIN SUSKA pada tahun ini. Berikut informasinya mengenai jalur-jalur tersebut.

A. Penerimaan Mahasiswa Baru UIN SUSKA Jalur Nasional

Jalur seleksi nasional adalah jalur seleksi yang diselenggarakan secara langsung oleh Pemerintah untuk menyeleksi calon mahasiswa baru yang memiliki potensi unggul.

Berikut ini adalah beberapa jalur seleksi nasional yang diikuti oleh UIN SUSKA, yaitu

1. Pendaftaran SNMPTN

SNMPTN merupakan jalur seleksi nasional yang diperuntukkan bagi siswa yang berprestasi di sekolah yang dilihat dari nilai raport dan prestasi akademik lainnya.

Persyaratan dari Sekolah
Sekolah yang siswanya berhak mengikuti SNMPTN adalah:
  • SMA/MA, SMK negeri maupun swasta, (termasuk SRI di luar negeri) yang mempunyai NPSN.
  • Telah mengisi PDSS dengan lengkap dan benar.
Persyaratan Siswa Pendaftar
Siswa SMA/MA, SMK
  • memiliki prestasi unggul yaitu: calon peserta masuk peringkat terbaik di sekolah pada semester tiga, semester empat dan semester lima, dengan ketentuan berdasarkan akreditasi sekolah sebagai berikut:
    • akreditasi A, 75% terbaik di sekolahnya;
    • akreditasi B, 50% terbaik di sekolahnya;
    • akreditasi C, 20% terbaik di sekolahnya;
    • akreditasi lainnya, 10% terbaik di sekolahnya.
  • memiliki NISN dan terdaftar pada PDSS,
  • memiliki nilai rapor semester satu sampai semester lima (bagi siswa SMA/MA, SMK tiga tahun) atau nilai rapor semester satu sampai semester tujuh (bagi SMK empat tahun) yang telah diisikan pada PDSS.
  • memenuhi persyaratan lain yang ditentukan oleh masing-masing PTN (dapat dilihat pada laman PTN bersangkutan).
Tata Cara Mengikuti SNMPTN
  • Tata cara mengikuti SNMPTN dilakukan melalui tiga tahap, yaitu 
    • pengisian PDSS oleh sekolah dan verifikasi oleh siswa
    • pemeringkatan
    • pendaftaran SNMPTN oleh siswa.
Pengisian dan Verifikasi PDSS
  • Kepala Sekolah atau yang ditugaskan oleh Kepala Sekolah mengisi data sekolah dan siswa di PDSS harus melalui laman http://pdss.snmptn.ac.id
  • Kepala Sekolah atau yang ditugaskan oleh Kepala Sekolah mendapatkan password yang akan digunakan oleh siswa untuk melakukan verifikasi.
  • Siswa melakukan verikasi data rekam jejak prestasi akademik (nilai rapor) yang diisikan oleh Kepala Sekolah atau yang ditugaskan oleh Kepala Sekolah dengan menggunakan NISN dan password.
  • Apabila siswa tidak melaksanakan verifikasi data rekam jejak prestasi akademik (nilai rapor) yang diisikan oleh Kepala Sekolah atau yang ditugaskan oleh Kepala Sekolah maka data yang diisikan dianggap benar dan tidak dapat diubah setelah waktu verifikasi berakhir.
Pendaftaran SNMPTN
  • Pendaftar yang memenuhi kriteria pemeringkatan, menggunakan NISN dan password login ke laman SNMPTN http://www.snmptn.ac.id untuk melakukan pendaftaran.
  • Pendaftar mengisi biodata, pilihan PTN, dan pilihan program studi, serta mengunggah (upload) pasfoto resmi terbaru dan dokumen prestasi tambahan (jika ada). Siswa Pendaftar harus membaca dan memahami seluruh ketentuan yang berlaku pada PTN yang akan dipilih.
  • Pendaftar pada program studi seni dan keolahragaan wajib mengunggah portofolio dan dokumen bukti keterampilan yang telah disahkan oleh Kepala Sekolah menggunakan pedoman yang dapat diunduh dari laman http://www.snmptn.ac.id
  • Pendaftar mencetak Kartu Tanda Peserta sebagai tanda bukti peserta SNMPTN.

2. Pendaftaran UM-PTKIN

UM-PTKIN merupakan jalur kelanjutan dari jalur SPAN-PTKIN. Apabila anda sebelumnya telah mengikuti seleksi jalur SPAN-PTKIN namun tidak lulus, atau bagi anda yang tidak mendapatkan kesempatan mengikuti seleksi jalur SPAN-PTKIN, maka anda masih memiliki kesempatan untuk mengikuti seleksi jalur UM-PTKIN.

Persyaratan Siswa Pendaftar
  • Lulus tahun 2017, 2018 dan 2019 dari Satuan Pendidikan MA / MAK / SMA / SMK / Pesantren Muadalah atau yang setara dan memiliki izin dari Kementerian Agama RI
  • Lulusan tahun 2017 dan 2018 harus mempunyai ijazah
  • Lulusan tahun 2019 harus mempunyai Surat Keterangan Lulus dari Kepala Madrasah/Sekolah yang dilengkapi dengan pasfoto terbaru yang bersangkutan dan ditandai cap madrasah/sekolah.
  • Ijazah Asli / legalisir atau Surat Keterangan Lulus akan divalidasi sebelum pelaksanaan ujian.
  • Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di PTKIN.
Untuk Biaya Pendaftaran
  • Biaya pendaftaran yang ditanggung peserta sebesar Rp. 150.000 ( Seratus Lima Puluh Ribu Rupiah )
Alur Pendaftaran
  • Peserta membayar biaya pendaftaran di Bank BNI dan mendapat bukti pembayaran yang berisi UserID dan Password. Biaya seleksi yang sudah dibayar tidak dapat ditarik kembali dengan alasan apapun.
  • Mendaftar secara online dengan mengisi biodata serta wajib upload pasfoto peserta hingga cetak Kartu Tanda Peserta di laman http://www.um-ptkin.ac.id
  • Mengikuti ujian masuk di lokasi PTKIN yang telah dipilih.

3. Pendaftaran SBMPTN

SBMPTN 2019 merupakan seleksi yang dilakukan oleh  PTN secara bersama di bawah koordinasi Panitia Pusat dengan seleksi berdasarkan hasil ujian tertulis dalam bentuk cetak (PBT) atau menggunakan komputer (CBT), atau kombinasi hasil ujian tertulis dan ujian keterampilan calon mahasiswa.

Persyaratan Pendaftaran :
  • Bagi siswa lulusan tahun 2017 dan 2018  harus sudah memiliki ijazah.
  • Bagi siswa lulusan tahun 2019 telah memiliki Surat Keterangan Lulus Pendidikan Menengah, sekurang-kurangnya memuat informasi jati diri dan foto terbaru yang bersangkutan serta dibubuhi cap yang sah.
  • Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di program studinya.
ketentuan :
Lulus pendidikan menengah, lulus SBMPTN 2019, sehat, dan memenuhi persyaratan lain yang ditentukan oleh masing-masing PTN penerima.

Tata cara Pendaftaran :
  • Pendaftaran dilakukan secara online dan tata cara pendaftaran secara lengkap dapat dilihat pada laman http://pendaftaran.sbmptn.ac.id.
  • Tata cara pengisian borang pendaftaran ujian tertulis dan keterampilan dapat diunduh (download) dari laman http://download.sbmptn.ac.id
  • Pendaftaran online Paper Based Testing (PBT) maupun Computer Based Testing (CBT) 

4. Pendaftaran SPAN-PTKIN 

SPAN-PTKIN merupakan pola seleksi nasional oleh Kementerian Agama untuk menyeleksi calon mahasiswa baru yang berprestasi akademik tinggi dari siswa-siswi SMA, SMK, MA, MAK, atau Pesantren Mu'adalah agar memperoleh pendidikan tinggi di Universitas Islam Negeri (UIN), Institut Agama Islam Negeri (IAIN), atau Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) di seluruh Indonesia berdasarkan nilai rapor dan prestasi lainnya. Biaya pelaksanaan SPAN-PTKIN ditanggung oleh pemerintah, sehingga peserta tidak dipungut biaya pendaftaran.

Untuk pendaftaran SPAN-PTKIN dilakukan secara online melalui alamat www.span-ptkin.ac.id , Dan untuk lebih jelas mengenai pendaftaran SPAN-PTKIN seperti persyaratan pendaftaran, tata cara pendaftaran, kriteria penerimaan, jadwal pelaksanaan, dapat anda baca di artikel yang berjudul Pendaftaran SPAN-PTKIN

5. Pendaftaran Bidikmisi

Bidikmisi adalah bantuan pendidikan yang secara khusus diberikan untuk calon mahasiswa yang berasal dari keluarga tidak mampu yang ditunjukkan dengan surat keterangan dari pihak yang berwenang. Bagi peserta yang ingin mendaftara jalur bidikmisi, peserta dapat mengakses situs resmi Bidikmisi yaitu bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id

Baca : Pendaftaran Bidikmisi

B. Penerimaan Mahasiswa Baru UIN SUSKA Jalur Mandiri

Jalur mandiri adalah jalur seleksi yang diadakan secara langsung oleh UIN SUSKA untuk menyeleksi calon mahasiswa baru. Ada beberapa jalur seleksi mandiri yang dibuka oleh UIN SUSKA, diantaranya yaitu :

1. Pendaftaran Jalur Undangan Mandiri

Jalur Undangan Mandiri merupakan jalur seleksi tanpa tes yang diperuntukan bagi siswa berprestasi dimana sekolah yang dapat mendaftarkan siswa berprestasinya adalah sekolah yang mendapatkan undangan dari panitia UIN SUSKA. Untuk pendaftaran dilakukan secara online melalui alamat pmb.uin-suska.ac.id

2. Pendaftaran Jalur Ujian Tulis

Jalur Ujian Tulis adalah jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru masuk UIN SUSKA yang seleksinya dilakukan melalui ujian tulis. Bagi yang berminat, silahkan melakukan pendaftaran secara online ke alamat pmb.uin-suska.ac.id 

3. Pendaftaran Jalur Pascasarjana

Bagi anda yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang Pascasarjana di UIN SUSKA, maka anda dapat melakukan pendaftaran ke alamat pmb.uin-suska.ac.id

Demikianlah informasi yang bisa admin sampaikan mengenai Pendaftaran  UIN SUSKA 2024/2025. Semoga informasi ini dapat membantu anda dalam proses pendaftaran. Terimakasih telah membaca artikel ini dan semoga anda sukses.