Pendaftaran UIN Jakarta 2024/2025

Pendaftaran Mahasiswa Baru UIN Jakarta 2024, PMB UIN Jakarta 2024,Pendaftaran UIN Jakarta 2024, Pendaftaran UIN Jakarta Online, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UIN Jakarta, PMB UIN Jakarta, Panduan Pendaftaran UIN Jakarta, Jalur Mandiri, PPs UIN Jakarta, Jalur SNMPTN, Jalur SBMPTN, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta. spmb.uinjkt.ac.id

Pada kesempatan yang sangat baik ini admin akan membahas tentang pendaftaran UIN Jakarta 2024/2025, dengan adanya informasi yang admin berikan ini semoga dapat memantu anda dalam proses pendaftaran anda nantinya. Untuk lebih jelasnya mengenai pendaftaran tersebut mari kita lihat pembahasan berikut ini.
http://www.infopmb.web.id/
Sedikit mengenai Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta

UIN Jakarta adalah salah satu Perguruan Tinggi berstatus Negeri yang ada di Jakarta. UIN Jakarta memiliki nama lengkap yaitu Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Hidayatullah Jakarta. Karena begitu panjangnya nama tersebut, maka sering disebut dengan UIN Jakarta saja.

Sebelum menjadi UIN Jakarta, sebelumnya adalah IAIN Jakarta. UIN Jakarta telah didirikan pada 1 Juni 1957. Moto dari Universitas Islam Negeri (UIN) Jakarta adalah "Knowledge, Piety, Integrity"

Lokasi UIN Jakarta terletak di Jl. Ir. H. Djuanda No. 95, Ciputat, Tangerang Selatan 15412, Indonesia.

Untuk memasuki bangku kuliah di Universitas Islam Negeri (UIN) , sebaiknya mencari tahu fakultas dan jurusan apa yang anda akan pilih nantinya di Universitas Islam Negeri (UIN) .

Itulah fakultas dan program studi yang ad di UIN Jakarta. Semoga bisa memberikan gambaran bagi anda terutama yang ingin kuliah di UIN Jakarta.

Bagi anda yang berminat kuliah di UIN Jakarta, maka anda perlu mengetahui beberapa jalur penerimaan mahasiswa baru yang dibuka oleh UIN Jakarta.

Berikut beberapa jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru yang dibuka oleh UIN Jakarta. Mari kita simak pembahasannya.

A. Penerimaan Mahasiswa Baru UIN Jakarta Jalur Nasional

Jalur nasional adalah jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru yang diselenggarakan secara langsung oleh Pemerintah.

UIN Jakarta adalah salah satu Universitas Islam Negeri yang terbagung dalam beberapa jalur seleksi nasional diantaranya yaitu SPAN-PTKIN, SNMPTN, SBMPTN dan UM-PTKIN, serta Bidikmisi.

Untuk lebih jelas mengenai jalur-jalur seleksi nasional, disini admin akan membahasnya satu persatu.

1. Pendaftaran Jalur SPAN-PTKIN UIN Jakarta

SPAN-PTKIN adalah jalur seleksi undagan untuk masuk ke Perguruan Tinggi Islam Negeri di Indonesia seperti UIN, IAIN, dan STAIN. Seleksinya didasarkan pada prestasi akademik siswa yang dilihat dari nilai rapor dan prestasi dari tiap semester. Untuk pendaftaran SPAN-PTKIN, peserta dapat mengakses alamat website www.span-ptkin.ac.id  Untuk biaya pendaftaran SPAN-PTKIN gratis, karena telah ditanggung oleh pemerintah. 

Untuk informasi lebih jelasnya mengenai Pendaftaran SPAN-PTKIN ini, anda dapat membacanya ddi Pendaftaran SPAN-PTKIN

2. Pendaftaran Jalur UM-PTKIN UIN Jakarta

UM-PTKIN adalah jalur seleksi ujian tertulis untuk masuk ke Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri di Indonesia seperti UIN, IAIN, atau STAIN. Untuk pendaftaran UM-PTKIN, peserta dapat mengakses alamat www.um-ptkin.ac.id ,

3. Pendaftaran Jalur SNMPTN  UIN Jakarta

SNMPTN adalah jalur seleksi undangan nasional untuk siswa-siswi berprestasi yang akan lulus sekolah pada tahun ini yang ingin melanjutkan pendidikan ke PTN di Indonesia. Bagi yang ingin mendaftarkan diri mengikuti jalur seleksi SNMPTN, maka terlebih dahulu harus mendapatkan rekomendasi dari Kepala Sekolah. Setelah mendapatkan rekomendasi dari Kepala Sekolah, selanjutnya peserta dapat melakukan pendaftaran SNMPTN secara online melalui alamat www.snmptn.ac.id 

4. Pendaftaran Jalur SBMPTN UIN Jakarta

SBMPTN juga merupakan jalur seleksi nasional yang ujiannya diadakan secara bersamaan oleh Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia yang tergabung dalam SBMPTN. Seleksi SBMPTN berupa ujian tertulis yang diikuti oleh semua peserta dan ujian tambahan yang diikuti oleh peserta yang memilih Program Studi Seni atau Keolahragaan.

Pendaftaran dilakukan secara online dengan mengakses situs resmi SBMPTN yaitu www.sbmptn.or.id Untuk biaya pendaftaran ditanggung oleh peserta yang dibayar melalui salah satu Bank yaitu Bank BNI atau Bank Mandiri.

5. Pendaftaran Jalur Bidikmisi UIN Jakarta 

Bidikmisi adalah bantuan pendidikan yang secara khusus diberikan untuk calon mahasiswa yang berasal dari keluarga tidak mampu yang ditunjukkan dengan surat keterangan dari pihak yang berwenang. Bagi peserta yang ingin mendaftara jalur bidikmisi, peserta dapat mengakses situs resmi Bidikmisi yaitu bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id

B. Penerimaan Mahasiswa Baru UIN Jakarta untuk Jalur Mandiri

Jalur mandiri adalah jalur seleksi yang diadakan oleh UIN Jakarta sebagai panitia penyelengara. Jalur seleksi mandiri UIN Jakarta dikenal dengan sebutan SPMB Mandiri.

SPMB Mandiri ini terdiri dari SPMB Mandiri S2 dan SPMB Mandiri Pascasarjana. Untuk lebih jelas mengenai jalur-jalur pendaftaran jalur mandiri UIN Jakarta , langsung saja admin akan membahas mengenai jalur-jalur tersebut.

1. Pendaftaran SPMB Mandiri S1

SPMB Mandiri S1 dibuka untuk menerima mahasiswa baru jenjang Sarjana (S1). Bagi peserta yang sebelumnya sudah mengikuti seleksi jalur nasional, tetapi telah dinyatakan tidak lulus, maka peserta dapat melakukan pendaftaran dengan mengikuti seleksi jalur SPMB Mandiri S1.

Persyaratan Pendaftarann SPMB Mandiri S1
  • Lulusan Madrasah Aliyah, Pesantren, SMA dan yang sederajat .
  • Bagi yang memilih Paket Sains (Paket C), Paket CA (Sains dan Agama), Paket CB (Sains dan Sosial) harus dari Jurusan IPA.
  • Calon peserta SPMB Mandiri dapat memilih maksimal 2 (dua) program studi.
  • Bagi yang memilih Program Studi Sosial Ekonomi Pertanian (Agribisnis) boleh dari Jurusan IPA dan IPS.
Khusus pemilih :
  • Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan tidak buta warna.
  • Program Studi Ilmu Keperawatan, tinggi badan untuk pria minimal 160 cm dan untuk wanita minimal 155 cm.
  • Fakultas Dirasat Islamiyah harus lancar membaca Al-Quran, memiliki hafalan Al-Quran, dapat menulis, membaca dan memahami bahasa arab tingkat dasar.
Alur Pendaftaran
  • Peserta wajib membayar biaya pendaftaran melalui Teller/ATM/Internet Banking/SMS Banking di Bank BNI, Mandiri, BRI dan BTN.
  • Setelah peserta membayar uang pendaftaran, peserta akan mendapatkan ID dan PIN
  • Kemudian gunakan ID dan PIN yang didapat tadi untuk login pendaftaran ke alamat website spmb.uinjkt.ac.id
  • Setelah login ke website tersebut, peserta wajib mengisi data pendaftaran secara lengkap dan benar
  • Jika sudah selesai, peserta wajib  mencetak bukti pendaftaran online berupa kartu tanda peserta
2. Pendaftaran SPMB Mandiri Pascasarjana

UIN Jakarta juga melakukan penerimaan mahasiswa baru jenjang Pascasarjana. Bagi anda yang berminat, silahkan daftarkan diri anda.

Persyaratan Pendaftarann SPMB Mandiri Pascasarjana
  • Lulusan S1 dari program studi yang sudah terakreditasi
  • Memiliki IPK minimal 2,75
  • Khusus Fakultas Dirasat Islamiyah : memiliki kemampuan bahasa Arab dengan baik (membaca, menulis, mendengar, berbicara, memahami dan mengarang) untuk proses pembelajaran. Bersedia menghafal Al-Quran 4 juz selama masa studi
3. Pendaftaran Program Profesi

Bagi anda yang telah lulus jenjang Sarjana (S1) dan memiliki keinginan untuk melanjutkan pendidikan program Profesi di UIN Jakarta, maka peserta dapat mengikuti jalur seleksi penerimaan program profesi. Dan untuk lebih jelas informasi lebih lanjut dapat dilihat di alamat web akademik.uinjkt.ac.id

Demikianlah informasi yang bisa admin sampaikan mengenai Pendaftaran  UIN Jakarta 2024/2025. Semoga informasi ini dapat membantu anda dalam proses pendaftaran. Terimakasih telah membaca artikel ini dan semoga anda sukses.