Pendaftaran Universitas Borneo Tarakan 2024/2025

PMB UBT, Pendaftaran UBT 2024, Pendaftaran universitas borneo tarakan 2024, Pendaftaran Mahasiswa Baru UBT, Pendaftaran Online UBT, Pendaftaran UBT/BORNEO Online, Biaya Kuliah Universitas Borneo Tarakan, Jalur SNMPTN, SBMPTN, SPMB,  UMB-PT, Jalur Mandiri, Seleksi PMB 

Pada kesempatan yang sangat baik ini admin akan membahas tentang Pendaftaran universitas borneo tarakan 2024/2025, informasi yang admin berikan ini bertujuan untuk membantu anda dalam proses pendaftaran. Langsung saja kita simak pembahasan berikut ini .

infopmb.web.id


Sedikit mengenai universitas borneo tarakan 

Universitas Borneo Tarakan disingkat (UBT) merupakan perguruan tinggi negeri yang berkedudukan di Kota Tarakan, Kalimantan Utara. 

Universitas Borneo secara resmi mulai menyelenggarakan proses pendidikan pada tanggal 06 Juni 2001, sesuai dengan Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional No. 37/D/O/2001.

Untuk memasuki bangku kuliah di universitas borneo tarakan, anda harus mengetahui Fakultas dan Program studi apa saja yang ada di universitas borneo tarakan yaitu sebagaia berikut.

Baca : Fakultas dan Program Studi yang ada di Universitas Borneo Tarakan 

Setelah anda memilih Fakultas dan Program Studi sesuai keinginana anda, maka anda dapat melakukan pendaftaran untuk menjadi calon mahasiswa baru di Universitas Borneo Tarakan dengan mengikitu beberapa jalur-jalur pendaftaran yang dibuka.

1. Pendaftaran SNMPTN UBT


SNMPTN merupakan jalur seleksi nasional untuk menyeleksi calon mahasiswa baru yang ingin melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi Negeri yang seleksinya didasarkan pada hasil penelusuran prestasi akademik siswa disekolah.

Tata cara pendaftaran SNMPTN yaitu sebagai berikut :
  • Peserta dapat melakukan pendaftaran di alamat website resmi www.snmptn.ac.id
  • Kemudian peserta dapat menggunakan NISN dan Password yang telah diberikan oleh kepala sekolah.
  • Setelah masuk kehalaman SNMPTN peserta melakukan pengisian data, kemudian pilih universitas yang diinginkan, misalnya pilih UBT.
  • Peserta wajib mencetak kartu peserta SNMPTN

Bagi anda yang belum jelas mengenai Informasi SNMPTN mengenai tata cara pendaftaran SNMPTN, persyaratan pendaftaran SNMPTN, kriteria penerimaan, jadwal pelaksanaan, jumlah PTN pilihan, nama-nama PTN, tahapan seleksi dan ketentuan dan lain-lain, dapat anda baca pada artikel yang berjudul Pendaftaran SNMPTN 

2. Pendaftaran SBMPTN UBT


SBMPTN atau dengan kepanjangan yaitu Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri adalah salah satu jalur penerimaan mahasiswa baru yang diadakan secara nasional untuk menjaring calon mahasiswa yang ingin masuk ke Perguruan Tinggi Negeri.

 Tata Cara Pendaftaran SBMPTN
  • Buka alamat pendaftaran SBMPTN tahap awal di alamat pendaftaran.sbmptn.or.id
  • Peserta mengisi data tahap awal pada alamat web tersebut.
  • Setelah selesai, cetak bukti pendaftaran tahap awal
  • Kemudian peserta membayar biaya pendaftaran SBMPTN di Bank BNI atau Bank Mandiri
  • Setelah membayar akan mendapatkan KAP dan PIN
  • Kemudian gunakan KAP dan PIN tersebut untuk login ke alamat pendaftaran.sbmptn.or.id
  • Isilah data diri anda secara lengkap dan benar seperti memilih PTN, program studi, dan lain-sebagainya seperti yang tertera pada formulir pendaftaran tersebut.
  • Jangan lupa untuk memeriksa kembali kebenaran data pendaftaran anda
  • Peserta wajib mencetaklah tanda bukti pendaftaran
  • Tanda bukti pendaftaran berupa kartu tanda peserta SBMPTN
  • Bawalah kartu tanda peserta SBMPTN pada saat ujian seleksi berlangsung.
  • Bawa juga perlengkapan lainnya seperti pensil 2B, penghapus, papan alas ujian, dan pena.
Untuk informasi lebih lengkap mengenai SBMPTN mulai dari persyaratan pendaftaran, tata cara 
pendaftaran, seleksi , kriteria penerimaan, jadwal pendaftaran dan lain-lain dapat anda baca pada artikel yang berjudul Pendfataran SBMPTN,

3. Pendaftaran Pascasarjana UBT

Universitas Borneo Tarakan menerima mahasiswa baru untuk jenjang Pascasarjana. Bagi yang berminat melanjutkan kuliah Pascasarjan di UBT, silahkan daftarkan diri anda untuk melanjutkan ke jenjang Pascasarjana. Untuk informasi lebih lengkap dapat anda baca di http://pps.borneo.ac.id/

4. Pendaftaran Jalur Bidikmisi UBT

Bidikmisi merupakan bantuan biaya pendidikan untuk calon mahasiswa baru yang kurang mampu dilihat dari segi ekonomi. Anda dapat melakukan pendaftaran Bidikmisi melalui alamat website bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id

Untuk informasi lebih lengkap mengenai Jalur Bidikmisi mulai dari tata cara pendaftaran, jadwal, persyaratan pendaftaran, prosedur serta ketentuan lainnya dapat anda baca di Pendaftaran Bidikmisi.

5. Pendaftaran Jalur UMB-PT 

UMB-PT atau Ujian Masuk Bersama Perguruan Tinggi adalah jalur tes tertulis penerimaan mahasiswa baru yang masuk ke Perguruan Tinggi Negeri. Untuk pendaftaran online SPMB dapat anda lakukan melalui alamat  www.penerimaan.spmb.or.id

Untuk informasi mengenai Jalur UMB-PT mulai dari tata cara pendaftaran, jadwal pelaksanaan SPMB untuk UMB-PT, dapat anda baca pada artikel yang berjudul Pendaftaran SPMB.

Sekin informasi yang dapat admin berikan mengenai Pendaftaran universitas borneo tarakan 2024/2025 Semoga informasi yang admin berikan ini dapat memberikan panduan pendaftaran nantinya. Terimakasih sudah membaca artikel ini dan semoga anda diterima.