Pendaftaran IAIN Jember 2024/2025

Pendaftaran IAIN Jember tahun 2024, Pendaftaran IAIN Jember 2024, Pendaftaran Online IAIN Jember, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru IAIN Jember Pendaftaran Mahasiswa Baru IAIN Jember, Jalur SPAN-PTKIN, Jalur UM-PTKIN, Jalur SPA, Jalur UM IAIN Jember, Program Pascasarjana.

Pada saat ini admin akan membahas mengenai Pendaftaran IAIN Jember 2024/2025, informasi yang admin berikan ini bertujuan untuk memberikan panduan kepada anda, bagi yang akan melakukan pendaftaran nantinya. Baiklah admi akan membahasnya sebagai berikut.

http://www.infopmb.web.id/


Sedikit mengenai IAIN Jember 

Institut Agama Islam Negeri Jember biasanya disingkat IAIN Jember merupakan Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri di Jember provinsi Jawa Timur, Indonesia. IAIN Jember didirikan berdasarkan pada Surat Keputusan Presiden Nomor 11 Tanggal 21 Maret 1997 bertepatan dengan Tanggal 12 Dzulqaidah 1417 H. Sebagai pengembangan dari IAIN Sunan Ampel Cabang Jember.

Bagi anda yang akan memasuki bangku kuliah di Institut Agama Islam Negeri Jember, terlebih dahulu anda harus mengetahui Fakultas dan Program Studi yang akan anda pilih sesuai keinginan anda

Baca : Fakultas dan Program Studi IAIN Jember 

Setelah anda memilih fakultas sesuai keinginan anda, maka anda dapat melakukan pendaftaran dengan mengikuti beberapa jalur penerimaan mahasiswa baru yaitu sebagai berikut.

1. Pendaftaran Jalur SPAN-PTKIN IAIN Jember 

SPAN-PTKIN merupakan jalur seleksi undangan masuk ke PTKIN di Indonesia seperti UIN, IAIN, atau STAIN. Jalur ini hanya diperuntukkan bagi siswa-siswi berprestasi yang akan menyelesaikan sekolah pada tahun ini.

Ini adalah proses pendaftaran untuk jalur span-ptkin dimulai dari Kepala Sekolah yang mendaftarkan siswa/siswinya ke PDSS SPAN-PTKIN. Kemudian direkomendasikan oleh kepala sekolah, Kemudian siswa/siswi yang terdaftar tadi dapat login ke www.span-ptkin.ac.id. Setelah siswasiswi masuk kehalaman tersebut siswa diwajibkan mengisi biodata pendaftaran secara lengkap hingga mencetak kartu peserta.

Dan bagi anda yang belum jelas mengenai Jalur SPAN-PTKIN mulai dari tata cara pendaftaran SPAN-PTKIN, persyaratan pendaftaran SPAN-PTKIN daftar PTKIN se-Indonesia, jumlah pilihan program studi dan PTKIN,dapat anda baca pada Pendaftaran SPAN-PTKIN.

2. Pendaftaran  Jalur UM-PTKIN IAIN Jember

UM-PTKIN merupakan jalur seleksi nasional masuk ke PTKIN se-Indonesia seperti UIN, IAIN, atau STAIN yang seleksinya dilakukan melalui ujian tertulis.

Untuk masalah biaya pendaftaran UM-PTKIN  calon peserta dapat membayarnya ke Bank. Setelah calon peserta seelesai melakukan pembayaran, maka calon peserta akan mendapatkan Username dan password dari Bank yang dapat digunakan untuk login pendaftaran ke www.um-ptkin.ac.id

Ini informasi menenai UM-PTKIN mulai dari tata cara pendaftaran, persyaratan pendaftaran, jumlah pilihan PTKIN dan program studi, daftar PTKIN se-Indonesia, dan keterangan lainnya dapat anda baca pada Pendaftaran UM-PTKIN.

3. Pendaftaran Jalur SPA IAIN Jember 

Apa sih Jalur SPA itu?? SPA (Seleksi Prestasi Akademik) ini merupakan jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru IAIN Jember yang seleksinya didasarkan pada prestasi akademik siswa (calon peserta), terutama dilihat dari nilai rapor dan prestasi lain yang relevan.

Persyaratan Pendaftaran Jalur SPA 
  • Anda siapkan Pas foto ukuran file maksimal 100 kb, menggunakan format file jpg, jpeg, png.
  • Scan Berkas Data Sekolah yang ditandatangani oleh Kepala Sekolah
  • Scan Raport Kelas XI Semester 1, Kelas XI Semester 2, Kelas XII Semester 1
  • Scan Berkas Prestasi Akademik (Seperti Prestasi Akademik yang terbaik yang pernah dicapai selama jenjang SMA / Sederajat)
  • Scan tanda tangan Calon Mahasiswa, ukuran file maksimal 100 kb. dengan format file jpg, jpeg, png.
  • Scan tanda tangan Orang tua, ukuran file maksimal 100 kb. menggunakan format file jpg, jpeg, png.
Ini untuk alur Pendaftaran Jalur SPA secara Online

  • Untuk pendaftaran Jalur SPA peserta dapat mengakses alamat http://spa.iain-jember.ac.id
  • Setelah peserta masuk ke halaman tersebut, klik menu "daftar disini" yang terletak pada bagian kanan atas
  • Kemudian  peserta dapat melakukan pendaftaran dengan mengisi data berupa nama, NISN, Identitas, email, dan nomor HP.
  • Setelah mengisi data di atas,  peserta akan mendapatkan nomor formulir online.
  • Kemudian anda dapat melakukan pembayar di Bank BRI dengan menunjukkan nomor formulir online yang telah didapatkan pada saat melakukan pendaftaran online tadi
  • Setelah  peserta melakukan pembayaran pendaftaran di Bank, nantinya  peserta akan mendapatkan PIN dari Bank.
  • Setelah selesai semua  peserta dapat login kembali ke alamat http://spa.iain-jember.ac.id/ menggunakan nomor formulir online dan PIN dari Bank
  • Kemudian melengkapi formulir pendaftaran online sampai dengan mencetak kartu tanda peserta SPA IAIN Jember
Untuk informasi lebih jelas mengenai seleksi jalur SPA IAIN Jember dapat anda lihat langsung di alamat http://spa.iain-jember.ac.id

4. Pendaftaran Jalur UM IAIN Jember 

UM Jember atau Ujian Masuk IAIN Jember merupakan jalur seleksi masuk ke IAIN Jember yang seleksinya dilakukan melalui ujian tertulis. Bagi anda yang ingin mendaftaran dapat anda megakses alamat http://iain-jember.ac.id

5. Pendaftaran IAIN Jember Program Pacsasarjana

Untuk anda yang akan melanjutkan pendidikan ke jenjang Pascasarjana, Berikut ini adalah Alur Pendaftaran yang harus dilakukan ;
  • Calon peserta dapat mengakses alamat http://pmbpasca.iain-jember.ac.id , setelah anda memasuki halaman tersebut, anda harus mengisi data pendaftaran awal di alamat tersebut.
  • Kemudian anda harus membayar biaya pendaftaran di Bank.
  • Setelah anda melakukan membayar, maka akan mendapatkan PIN
  • Setelah itu anda dapat gunakan PIN tersebut untuk login pendaftaran ke alamat http://pmbpasca.iain-jember.ac.id
  • Lengkapi data-data pendaftaran online anda hingga mencetak kartu peserta.
Untuk informasi pendaftaran lebih jelas dapat anda baca di alamat http://pmbpasca.iain-jember.ac.id

Sekian informasi yang dapat admin berikan mengenai Pendaftaran IAIN Jember  2024/2025, semoga informasi yang dapat admin berikan ini dapat membantu anda bagi yang akan melakukan pendaftaran nantinya. Terimakasih sudah membacanya dan semoga anda diterima di IAIN Jember