Pendaftaran Institut Pertanian Bogor (IPB) 2024/2025

PMB IPB 2024, Cara Mendaftar di IPB, Pendaftaran IPB, Pendaftaran Online IPB, Syarat Pendaftaran di IPB, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru di IPB, Institut Pertanian Bogor (IPB).

Kali ini admin akan membahas mengenai Pendaftaran IPB 2024/2025,, dengan adanya informasi yang admin berikan ini semoga saja dapat membantu anda dalam proses pendaftan untuk anda. Langsung saja kita simak pembahasan berikut ini.

Sekilas mengenai IPB

Institut Pertanian Bogor (IPB) merupakan sebuah perguruan tinggi pertanian negeri yang berkedudukan di Bogor. Sebelum diresmikan pada tahun 1963, IPB adalah sebuah fakultas pertanian pada Universitas Indonesia. Pada tanggal 1 September 1963.Presiden Pertama Indonesia, Ir Soekarno, melakukan peletakkan batu pertama pembangunan kampus sekaligus menandai peresmian Insitut Pertanian Bogor sebagai sebuah perguruan tinggi mandiri.

Bagi anda yang ingin melakukan pendaftaran di IPB, ada baiknya anda harus mengetahui informasi mengenai Fakultas dan Program Studi yang akan anda pilih nantinya sesuai keinginan anda.


Langsung saja admin akan membahas mengenai jalur-jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru yang dibuka oleh IPB yaitu sebagai berikut.

1. Pendaftaran Jalur SNMPTN IPB

SNMPTN ini adalah jalur seleksi untuk menjaring calon mahasiswa yang berprestasi akademik tinggi di sekolah dengan melihat nilai raport dan prestasi lainnya. Untuk anda yang ingin melakukan pendaftaran SNMPTN, anda dapat mengakses situs resmi SNMPTN yaitu web.snmptn.ac.id.

Persyaratan Pendaftaran SNMPTN untuk Sekolah
  • Peserta SMA/SMK/MA/MAK negeri maupun swasta, termasuk sekolah RI di luar negeri yang mempunyai NPSN.
  • Sudah mengisi PDSS dengan lengkap dan benar.
Persyaratan Pendaftaran SNMPTN untuk Peserta
  • Lulusan SMA/MA/SMK yang akan lulus dari satuan pendidikan pada tahun ini
  • Peserta yang memiliki prestasi unggul yaitu : calon peserta masuk peringkat terbaik di sekolah pada semester tiga, semester empat dan semester lima, dengan ketentuan berdasarkan akreditasi sekolah sebagai berikut:
    • akreditasi A, 75% terbaik di sekolahnya
    • akreditasi B, 50% terbaik di sekolahnya
    • akreditasi C, 20% terbaik di sekolahnya
    • akreditasi lainnya, 10% terbaik di sekolahnya.
    • Siswa memiliki NISN dan terdaftar pada PDSS
  • Peserta memiliki nilai rapor mulai dari semester 1 sampai dengan semester 5 (bagi siswa SMA/MA, SMK tiga tahun) atau nilai rapor semester 1 sampai semester 7 (bagi SMK empat tahun) yang telah diisikan pada PDSS
  • Memenuhi persyaratan lain yang ditentukan oleh masing-masing PTN
Bagi anda yang ingin mengetahui informasi lebih lengkapnya mengenai Jalur SNMPTN  dapat anda membacanya di Pendaftaran SNMPTN

2. Pendaftaran Jalur SBMPTN IPB

SBMPTN adalah jalur seleksi nasional untuk menjaring calon mahasiswa baru yang seleksinya dilakukan melalui ujian tertulis yang diikuti oleh semua peserta dan untuk peserta yang memilih program studi seni atau olahraga harus mengikuti ujian tambahan berupa ujian keterampilan.

Cara Pendaftaran SBMPTN
  • Silahkan buka alamat pendaftaran SBMPTN tahap awal di alamat pendaftaran.sbmptn.or.id
  • Lakukan pengisian data tahap awal pada alamat web tersebut.
  • Setelah selesai, cetak bukti pendaftaran tahap awal
  • Lakukan pembayaran biaya pendaftaran SBMPTN di Bank BNI atau Bank Mandiri
  • Setelah membayar akan mendapatkan KAP dan PIN
  • Gunakan KAP dan PIN tersebut untuk login kembali ke alamat pendaftaran.sbmptn.or.id
  • Isilah data diri anda secara lengkap dan benar seperti memilih PTN, program studi, dan lain-sebagainya seperti yang tertera pada formulir pendaftaran tersebut.
  • Jangan lupa untuk memeriksa kembali kebenaran data pendaftaran anda
  • Jika telah selesai dan yakin, akhiri pendaftaran dengan mencetaklah tanda bukti pendaftaran
  • Tanda bukti pendaftaran berupa kartu tanda peserta SBMPTN
  • Bawalah kartu tanda peserta SBMPTN pada saat ujian seleksi berlangsung.
  • Bawa juga perlengkapan lainnya seperti pensil 2B, penghapus, papan alas ujian, dan pena.
Untuk informasi lebih lengkap mengenai SBMPTN seperti persyaratan pendaftaran, tata cara paendaftaran, kriteria pendaftaran, jadwal pelaksanaan dan sebagainya, dapat anda baca di Pendaftaran SBMPTN.

3. Pendaftaran Jalur Beasiswa Utusan Daerah (BUD) IPB

BUD adalah suatu cara penerimaan mahasiswa program sarjana dan pascasarjana IPB yang direkomendasikan dan dibiayai oleh pemerintah pusat, pemerintah daerah, perusahaan atau lembaga swasta, yang bila lulus diharapkan kembali ke daerah untuk membangun daerah.

Persyaratan Pendaftaran

Lulusan Pendidikan SMA, MA atau SMK berbasis IPA yang berpotensi, direkomendasikan dan dibiayai oleh pemerintah pusat, pemerintah daerah, perusahaan atau lembaga swasta dengan kriteria sbb:
  • Berusia tidak lebih dari 25 tahun
  • Memiliki nilai rapor SMA yang baik (minimal 7.00) untuk mata pelajaran Matematika, Fisika, Kimia, Biologi selama 5 semester pertama)
  • Sehat jasmani dan rohani
  • Bebas narkoba
  • Bersedia tinggal di Asrama TPB-IPB pada tahun pertama
Proses Penerimaan
  • Informasi dari IPB kepada pemerintah pusat, pemda, perusahaan atau lembaga swasta.
  • Komitmen dan kesediaan membiayai calon mahasiswa BUD oleh pemerintah pusat, pemda, perusahaan atau lembaga swasta (penyandang dana).
  • Penjaringan dan seleksi calon mahasiswa BUD oleh penyandang dana.
  • Pengiriman berkas calon mahasiswa BUD oleh penyandang dana ke IPB 
  • Seleksi akhir dan pengumuman hasil seleksi calon mahasiswa BUD oleh IPB
  • Penyelesaian Naskah Kesepahaman (MoU) dan Surat Perjanjian Kerjasama (SPK) antara IPB dan penyandang dana
  • Penyelesaian administrasi keuangan oleh penyandang dana 
  • Pemanggilan dan registrasi calon mahasiswa BUD 
  • Mulai kuliah di IPB
4. Pendaftaran Jalur Beasiswa Utusan Daerah (BUD) IPB

Ujian Talenta Masuk IPB (UTMI) adalah salah satu cara penerimaan mahasiswa program sarjana IPB yang berbasis kepemimpinan, kewirausahaan, dan cinta pertanian.  Metode seleksi yang digunakan adalah ujian tulis

Persyaratan Pendaftaran:
  • Lulusan pendidikan SMA/MA IPA 
  • Sehat jasmani dan rohani 
Materi Ujian
  • Kemampuan IPA (Matematika, Fisika, Kimia, Biologi)
  • Bahasa Inggris
  • Test Talenta
5. Pendaftaran Jalur PIN IPB

Kualifikasi Pelamar
  • Lulusan SMA/Sederajat pada tahun yang sama dengan periode pendaftaran calon mahasiswa baru IPB
  • Berprestasi (meraih penghargaan/juara) dalam lomba di tingkat internasional, nasional, atau IPB antara lain dalam kegiatan : Lomba Karya Ilmiah, Matematika Ria Olimpiade Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, dan Informatika.
Berkas Lamaran terdiri atas:
  • Surat pengantar dari Kepala Sekolah yang ditujukan ke Rektor IPB (tidak ada format khusus)
  • Surat lamaran dari siswa yang ditujukan kepada Rektor IPB, dengen menyebutkan PROGRAM STUDI di IPB yang dituju dan mencantumkan alamat yang dapat dijangkau oleh pos dan nomor telepon yang bisa dihubungi.  Surat ditandatangani oleh siswa dan orang tua dan siswa.
  • fotocopy rapor SMA semester 1-5 yang dilegalisir oleh Kepala Sekolah
  • fotocopy sertifikat/piagam penghargaan prestasi yang dilegalisir oleh Kepala Sekolah
6. Pendaftaran Jalur Program alih jenis IPB

Program alih jenis pendidikan adalah program pendidikan sarjana (program akademik) yang diperuntukkan bagi lulusan program D3 (program vokasi) yang memenuhi syarat yang ditetapkan

Persyaratan Pendaftaran:
  • Kualifikasi pelamar program alih jenis adalah:
  • Lulusan program D3 dari program studi/program keahlian yang relevan dan sudah terakreditasi minimal B.
  • IPK yang tercantum pada transkrip akhir Program Diploma  >= 3,00.  Khusus untuk Pelamar PS Ilmu Gizi, IPK Minimal 3,00 untuk calon mahasiswa tugas belajar atau sudah bekerja di bidang yang relevan dengan bidang gizi dan IPK minimal 3,50 untuk pelamar fresh graduate (lulus maksimal 2 tahun terakhir)
Materi Ujian
  • Tes Potensi Akademik
  • Tes Kemampuan Dasar (Matematika dan Bahasa Ingrris)
  • Tes Bidang Ilmu (sesuai program studi yang dituju)
Persyaratan Registrasi:

Pelamar  yang dinyatakan lulus ujian tertulis dan diterima oleh IPB wajib melakukan registrasi sesuai dengan jadwal yang ditentukan dengan membawa persyaratan yang mencakup:
  • Sebanyak 2 (dua) rangkap copy ijazah dan transkrip program D3 yang dilegalisir dan menunjukkan dokumen aslinya,
  • Bukti LUNAS biaya pendaftaran, seleksi dan Uang Kuliah Semester Pertama,
  • Surat keterangan sehat dari RS Pemerintah,
  • Surat kesanggupan membayar biaya pendidikan/pernyataan beasiswa dari institusi yang berwenang,
  • Surat izin pimpinan bila sudah bekerja,
  • Surat kesediaan mengikuti perkuliahan (kuliah, praktikum dan kegiatan akademik lainnya) secara penuh,
  • Pas foto terbaru ukuran 3x4 sebanyak 2 lembar.
7. Pendaftaran Jalur Program alih jenis IPB

Seleksi mahasiswa baru Program Diploma IPB ditempuh dengan dua jalur yaitu Undangan Seleksi Masuk IPB (USMI)dan Pendaftaran Langsung (Reguler).

Jalur Undangan (Seleksi melalui nilai rapor tanpa tes tulis)
  • IPB mengundang sekolah setingkat SMU untuk mengirim siswa/siswinya menjadi calon mahasiswa baru Program Diploma.
  • Seleksi didasarkan pada prestasi akademik calon mahasiswa, tanpa tes tertulis.
Jalur Reguler (Seleksi melalui tes tertulis)
  • Calon mahasiswa mendaftar melalui website : pmb.diploma.ipb.ac.id
  • Seleksi didasarkan pada hasil tes tertulis/lisan dan prestasi akademik calon mahasiswa.
SYARAT PENDAFTARAN

Syarat Umum

  • Sehat Jasmani dan Rohani
  • Tidak Buta Warna, dibuktikan dengan Surat dari Dokter
  • Tidak dalam kasus pidana yang mempunyai putusan tetap dari pengadilan
  • Tidak memalsukan dokumen pendaftaran seperti memalsukan nilai rapor dan tindak pemalsuan lainnya
Syarat Administrasi
  • Membayar Biaya Pendaftaran
  • Mengisi Formulir Pendaftaran Secara Online di Halaman Pendaftaran
  • Melengkapi berkas pendaftaran (jika dinyatakan lulus):
    • Fotokopi Rapor Semester 1-6 dilegalisir kepala sekolah.
    • Fotokopi Ijazah dilegalisir kepala sekolah
    • Fotokopi Akte Kelahiran atau Surat Kenal Lahir
    • Surat Keterangan Kelakukan Baik dari Kepolisian.
    • Pas Foto terbaru berwarna 2x3 dan 3x4 masing-masing 2 lembar.
    • Surat Keterangan Berbadan Sehat dari Dokter.
    • Surat Keterangan Tidak Buta Warna dari Dokter.
    • Fotocopy Identitas Diri yang Sah.
    • Penghasilan Orang Tua
8. Pendaftaran Jalur Bidikmisi di IPB

Bidikmisi merupakan bantuan biaya pendidikan untuk calon mahasiswa yang termasuk kedalam kategori keluarga kurang mampu dilihat dari segi ekonomi. Bagi anda yang  ingin melakukan pendaftaran bidikmisi, dapat anda mengakses bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id.

Bagi anda yang ingin mengetahui lebih jelas mengenai Jalur Bidikmisi mulai dari tata cara pendaftaran, jadwal pelaksanaan, persyaratan, prosedur, Kriteria Pendaftaran dan lain-lain dapat anda membacanya di Pendaftaran Bidikmisi

9. Pendaftaran Pascasarjana di IPB

Tahapan dan syarat pendaftaran calon mahasiswa secara online di Sekolah Pascasarjana IPB adalah:

  • Anda dapat melakukan pendaftaran dengan mengakses alamat http://pmbpasca.ipb.ac.id.
  • Klik Membuat Akun dan isi kolom yang telah disediakan.
  • Setelah selesai mengisi kolom pada Membuat Akun, Pendaftar akan mendapatkan 8 karakter angka sebagai nomor pendaftaran.
  • Nomor pendaftaran tersebut akan menjadi billkey (nomor untuk transaksi).
  • Dengan menggunakan billkey lakukan pembayaran di Bank BNI melalui Teller atau ATM. Lihat Tata Cara Pembayaran
  • Setelah melakukan pembayaran, Pendaftar akan mendapatkan PIN (12 karakter angka). PIN tersebut tercetak pada kolom Validasi Slip Pembayaran (via Teller) atau pada kolom No Registrasi struk ATM (via ATM)
  • Klik Verifikasi PIN dan isi kolom yang disediakan. Pastikan klik [Simpan and Selanjutnya] setelah pengisian selesai.
    • Jika Verifikasi PIN berhasil, pada halaman utama pendaftaran online akan muncul dan pendaftar dapat memulai proses melengkapi data.
    • Jika Pendaftar belum dapat melengkapi keseluruhan data, dapat melakukan login ke pendaftaran online kemudian meng-klik [Lengkapi Data > Formulir A]
  • Pendaftar wajib mengisi Formulir A dan wajib mengunggah (upload) beberapa dokumen yang diperlukan untuk proses seleksi yaitu:
    • Foto kopi legalisir Ijazah S1, Transkrip S1, dan Bukti Bayar BNI (untuk S2)
    • Foto kopi legalisir Ijazah S1, Ijazah S2, Transkrip S1, Transkrip S2 dan Bukti Bayar BNI (untuk S3)
    • Dokumen Karya Ilmiah (Formulir B (Khusus bagi Pendaftar S3))
    • Surat Rekomendasi dari 3 nama pemberi rekomendasi ( Formulir C).
      • Salah satu pemberi rekomendasi WAJIB dari Dosen/Staf Pengajar dari Perguruan Tinggi.
      • Kualifikasi pemberi rekomendasi adalah minimal bergelar Magister bagi pendaftar program Magister Sains (S2), dan minimal bergelar Doktor bagi pendaftar program Doktoral (S3).
    • Surat Jaminan Biaya (Formulir D).
    • Formulir Keabsahan Dokumen (Formulir E).
    • Sinopsis rencana penelitian (maksimal 3 halaman).
    • TPA WAJIB bagi Pendaftar dengan IPK antara 2,00 - 2,50 (untuk S2) dengan nilai TPA >= 450, dan IPK antara 3,00 - 3,25 dengan nilai TPA >= 475 (untuk S3). Informasi jadwal penyelenggaraan TPA UUOPT Bappenas.
    • TOEFL bagi yang pernah mengikuti test (untuk S2 dan S3) bersifat opsional (tidak wajib).
  • Hasil seleksi akan diumumkan melalui Website Sekolah Pascasarjana IPB http://pasca.ipb.ac.id, surat hasil verifikasi dapat diunduh pada laman PMB ini dengan menggunakan user akses pendaftaran masing-masing, dan melalui Surat Panggilan Verifikasi (sesuai jadwal). Perhatian: Pastikan mengingat dan mencatat user akses pendaftaran Anda.
  • Formulir A Online bagi yang sudah melengkapi data (Asli dan Photo Copy 1 Rangkap)
  • Untuk program internasional MIT WAJIB menyerahkan TOEFL yang masih berlaku (2 tahun terakhir) dengan Skor > 475 (untuk S2) dengan bukti di upload
  • Untuk yang memilih program profesional dan kelas khusus, wajib mengunggah TPA dengan skor > 475 untuk S2 dan skor > 500 untuk S3 yang masih berlaku.
  • Bagi pendaftar yang ingin mendaftar melalui jalur beasiswa Kemenristekdikti, HARUS juga mendaftar langsung di laman KEMENRISTEKDIKTI sesuai dengan skema beasiswa yang dipilih.
  • Bagi pendaftar yang ingin mendaftar melalui jalur beasiswa Kemenkeu (LPDP), HARUS juga mendaftar langsung di laman LPDP sesuai dengan skema beasiswa yang dipilih.
  • Bagi pendaftar yang sumber pembiayaannya dari LPDP pilihan program studinya hanya diperbolehkan satu dan harus sama dengan yang dipilih pada laman LPDP.
  • Bagi pendaftar yang tidak memenuhi seluruh persyaratan yang telah ditentukan hingga saat penutupan pendaftaran, tidak akan diikutsertakan dalam proses seleksi.
  • Bagi pendaftar yang memilih program studi kelas khusus/profesional harus konfirmasi ke admin PPMB
  • Bagi pendaftar program Doktor yang pendidikan S2-nya bergelar Magister Manajemen (MM) atau Magister Profesional, program studinya harus terakreditasi A.
  • Program Magister Sains di IPB tidak menerima pendaftar yang bergelar D-IV.
Bagi anda yang ingin mengetahui informasi lebih jelasnya mengenai jalur-jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru di  IPB, anda dapat membacanya di alamat website resmi yaitu http://ipb.ac.id/

Sekian informasi yang dapat admin berikan mengenai Pendaftaran IPB 2024/2025, dengan adanya informasi yang admin berikan ini semoga saja dapat menjadi panduan pendaftaran untuk anda yang akan melakukan pendaftaran nantinya. Terimakasih sudah membaca artikel ini dan semoga saja anda diterima.