Pendaftaran Universitas Negeri Medan (UNIMED) 2024/2025

PMB UNIMED 2021, Pendaftaran UNIMED, Pendaftaran Online UNIMED, Syarat Masuk UNIMED, Penerimaan Mahasiswa Baru di UNIMED, Cara Pendaftaran Online UNIMED, Universitas Negeri Medan (UNIMED) 

Pada kesempatan yang sangat baik ini, admin akan membahas mengenai Pendaftaran UNIMED 2024/2025, semoga informasi yang admin berikan ini dapat bermanfaat untuk anda yang akan melakukan pendaftaran nantinya. Langsung saja kita simak pendaftaran berikut ini.


Sekilas mengenai sejarah UNIMED

Universitas Negeri Medan (UNIMED) adalah salah satu perguruan tinggi negeri di Sumatera Utara, Indonesia.

Meskipun bernama Universitas Negeri Medan, kampus Universitas Negeri Medan berlokasi di Jalan Willem Iskandar, Pasar V Medan Estate, Percut Sei Tuan, Deli Serdang (dekat perbatasan Kota Medan).

Bagi anda yang ingin kuliah di UNIMED, ada baiknya anda harus mengetahui informasi terlebih dahulu mengenai Fakultas dan Program Studi yang akan anda pilih nantinya sesuai keinginan dan meinat anda,


Langsung saja admin akan membahas mengenai jalur-jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru yang di buka di UNIMED yaitu sebagai berikut.

1. Pendaftaran Jalur SNMPTN di UNIMED

SNMPTN merupakan jalur seleksi nasional untuk menyeleksi calon mahasiswa baru yang ingin melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi Negeri yang seleksinya didasarkan pada hasil penelusuran prestasi akademik siswa dengan menggunakan nilai rapor siswa mulai dari kelas X semester 1 sampai dengan kelas XII semester 1 bagi SMA/MA/SMK.

Tata Cara Pengisian data di PDSS oleh Kepala Sekolah

  • Kepala sekolah membuka situs pengisian data SNMPTN, yaitu pdss.snmptn.ac.id
  • Kepala sekolah melakukan pengisian biodata siswa peserta SNMPTN pada PDSS tersebut.
  • Kemudian kepala sekolah akan mendapatkan NISN dan Password untuk masing-masing siswa.
  • Masing-masing siswa peserta SNMPTN akan diberi NISN dan Password oleh kepala sekolah
  • Siswa peserta SNMPTN melakukan verifikasi terhadap data yang telah diisikan oleh kepala sekolah
  • Jika siswa peserta SNMPTN tidak melakukan verifikasi, maka data tersebut dianggap sudah benar
  • Selanjutnya siswa peserta SNMPTN melakukan pendaftaran SNMPTN.


Tata Cara Pendaftaran SNMPTN Oleh Peserta SNMPTN

  • Calon Peserta SNMPTN dapat mengakses situs resmi pendaftaran SNMPTN, yaitu web.snmptn.ac.id
  • Kemudian Peserta mengisi biodata dengan lengkap dan benar, memilih PTN dan pilihan program studi, serta mengunggah (upload) pas foto resmi terbaru dan dokumen prestasi pendukung (jika ada).
  • Peserta SNMPTN yang memilih program studi keolahragaan dan seni diwajibkan mengunggah portofolio dan dokumen bukti keterampilan yang telah disahkan oleh Kepala Sekolah menggunakan pedoman yang dapat diunduh pada laman www.snmptn.ac.id.
  • Jika formulir pendaftaran SNMPTN telah diisi, cetaklah kartu bukti pendaftaran sebagai tanda bukti peserta SNMPTN.
Untuk anda yang ingin mengetahui informasi tentang SNMPTN ini seperti informasi mengenai persyaratan pendaftaran, cara melakukan pendaftaran , jadwal pelaksanaan dan lain-lain dapat anda membacanya di Pendaftaran SNMPTN

2. Pendaftaran Jalur SBMPTN di UNIMED

SBMPTN atau dengan kepanjangan yaitu Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri merupakan salah satu jalur penerimaan mahasiswa baru yang diadakan secara nasional untuk menjaring calon mahasiswa yang ingin masuk ke Perguruan Tinggi Negeri.

Cara Pendaftaran SBMPTN
  • Calon peserta dapat buka alamat pendaftaran SBMPTN yaitu pendaftaran.sbmptn.or.id
  • Lakukan pengisian data tahap awal pada alamat web tersebut.
  • Setelah selesai, cetak bukti pendaftaran tahap awal
  • Lakukan pembayaran biaya pendaftaran SBMPTN di Bank BNI atau Bank Mandiri
  • Setelah membayar akan mendapatkan KAP dan PIN
  • Gunakan KAP dan PIN tersebut untuk login kembali ke alamat pendaftaran.sbmptn.or.id
  • Isilah data diri anda secara lengkap dan benar seperti memilih PTN, program studi, dan lain-sebagainya seperti yang tertera pada formulir pendaftaran tersebut.
  • Jangan lupa untuk memeriksa kembali kebenaran data pendaftaran anda
  • Jika telah selesai dan yakin, akhiri pendaftaran dengan mencetaklah tanda bukti pendaftaran
  • Tanda bukti pendaftaran berupa kartu tanda peserta SBMPTN
  • Bawalah kartu tanda peserta SBMPTN pada saat ujian seleksi berlangsung.
  • Bawa juga perlengkapan lainnya seperti pensil 2B, penghapus, papan alas ujian, dan pena.
Bagi anda yang ingin mengetahui informasi lebih jelas mengenai SBMPTN mulai persyaratan pendaftaran, tata cara pendaftaran, jadwal pelaksanaan dan sebagainya dapat anda membacanya di Pendaftaran SBMPTN

3. Pendaftaran Jalur Bidikmisi di UNIMED

Bidikmisi merupakan bantuan biaya pendidikan untuk calon mahasiswa yang termasuk kedalam kategori keluarga kurang mampu dilihat dari segi ekonomi. Bagi anda yang  ingin melakukan pendaftaran bidikmisi, dapat anda mengakses bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id.

Bagi anda yang ingin mengetahui lebih jelas mengenai Jalur Bidikmisi mulai dari tata cara pendaftaran, jadwal pelaksanaan, persyaratan, prosedur, Kriteria Pendaftaran dan lain-lain dapat anda membacanya di Pendaftaran Bidikmisi

4. Pendaftaran Jalur UMB-PT/SPMB UNIMED

UMB-PT atau Ujian Masuk Bersama Perguruan Tinggi adalah jalur tes tertulis penerimaan mahasiswa baru yang masuk ke Perguruan Tinggi Negeri. Untuk pendaftaran online SPMB dapat anda lakukan melalui alamat www.penerimaan.spmb.or.id

Bagi anda yang ingin mengetahui informasi mengenai Jalur UMB-PT mulai dari tata cara pendaftaran, jadwal pelaksanaan SPMB untuk UMB-PT, dapat anda baca pada artikel yang berjudul Pendaftaran SPMB.

5. Pendaftaran Pascasarjana UNIMED

Bagi anda yang ingin melakukan pendaftaran di UNIMED untuk jenjang pascasarjana, ada baiknya anda harus mempersiapkan persyaratan pendaftaran yang di buka oleh panitia UNIMED. Untuk informasi lebih jelasnya mengenai pascasarjana ini dapat anda mengakses alamat website yaitu https://pps.unimed.ac.id/

Bagi anda yang ingin mengetahui informasi lebih jelasnya mengenai jalur-jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru dapat anda membacanya di alamat website resmi yaitu https://unimed.ac.id/

Demikian informasi yang dapat admin berikan mengenai Pendaftaran UNIMED 2024/2025, dengan adanya informasi yang admin berikan ini semoga saja dapat membantu anda dalam proses pendaftaran nantinya. Terimakasih anda sudah membaca artikel ini dna semoga anda diterima.