Pendaftaran UIN Sumatera Utara 2024/2025

Pendaftaran UIN Medan 2024, Pendaftaran UINSU Online 2024, Pendaftaran Mahasiswa Baru UIN Sumatera Utara, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UIN Sumatera Utara, Jalur SPAN-PTKIN, Jalur UM-PTKIN, Jalur Mandiri, Pendaftaran Diploma / Sarjana / Pascasarjana UIN Sumatera Utara,

Pada kesempatan yang sangat baik ini, admin akan membahas tentang Pendaftaran UIN Sumatera Utara 2024/2025 informasi yang admin berikan ini bertujuan untuk memberikan panduan kepada anda dalam proses pendafatran. Baiklah admin akan membahasnya yaitu sebagai berikut.

infopmb.web.id

Sedikit mengenai UIN Sumatera Utara

Universitas Islam Negeri atau (UIN) Sumatera Utara adalah Perguruan Tinggi Islam Negeri yang berada di Medan provinsi Sumatera Utara.

Untuk anda yang ingin memasuki bangku kuliah di Universitas Islam Negeri, anda harus mengetahui mengenai Fakultas dan Program Studi yang akan anda pilih nantinya sesuai keinginan anda.

Baca : Fakultas dan Program Studi di UIN Sumatera Utara 

Bagi anda yang ingin masuk di UIN Sumatera Utara, ada baiknya anda harus mengetahui informasi mengenai jalur-jalur pendaftaran sebagai berikut.

1. Pendaftaran SPAN-PTKIN UIN Sumatera Utara 

SPAN-PTKIN merupakan pola seleksi nasional yang diperuntukkan bagi siswa yang berprestasi akademik tinggi di sekolah untuk mendapatkan pendidikan tinggi di UIN, IAIN, STAIN di Indonesia.

Tata Cara Pendaftaran SPAN-PTKIN Oleh Siswa
  • Peserta dapat membuka website resmi pendaftaran SPAN-PTKIN, yaitu www.span-ptkin.ac.id
  • Login menggunakan User ID dan Password yang telah diberikan oleh kepala Sekolah / Madrasah
  • Siswa peserta mengisi biodata, mengunggah foto, memilih PTKIN, memilih program studi, mengunggah prestasi lain yang mendukung, dan melakukan finalisasi pendaftaran online.
  • Jika sudah selesai, peserta wajib mencetak kartu tanda peserta SPAN-PTKIN
Bagi anda yang kurang paham mengenai SPAN-PTKIN mulai dari tata cara pendaftaran, kriteria penerimaan, persyaratan pendaftaran, jadwal pelaksanaan, nama-nama PTKIN lain,  dapat anda baca pada artikel yang berjudul Pendaftaran SPAN-PTKIN 

2. Pendaftaran UM-PTKIN UIN Sumatera Utara

UM-PTKIN merupakan jalur seleksi nasional yang dilaksanakan melalui ujian tertulis untuk calon peserta yang ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi keagamaan islam seperti UIN, IAIN, STAIN di Indonesia.

Persyaratan Pendaftaran UM-PTKIN
  • Lulusan dari SMA/MA/SMK/MAK/Pesantren Mu`adalah atau yang setara
  • Lulusan 3 tahun terakhir, yaitu lulus pada tahun 2017, 2018, dan 2019.
  • Lulusan tahun 2017 dan 2018 wajib memiliki ijazah
  • Lulusan tahun 2019 wajib memiliki Surat Keterangan Lulus dari Kepala Sekolah/Madrasah yang dilengkapi dengan pasfoto terbaru yang bersangkutan dan cap Sekolah / Madrasah.
  • Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu proses pembelajaran
Bagi yang ingin mengetahui informasi lebih lengkap tentang UM-PTKIN mulai dari tata cara pendaftaran lengkap, persyaratan, jadwal pelaksanaan nama-nama PTKIN lain, dapat anda baca di Pendaftaran UM-PTKIN.

3. Pendaftaran Jalur Bidikmisi UIN Sumatera Utara 

Bidikmisi merupakan bantuan biaya pendidikan untuk calon mahasiswa baru yang kurang mampu dilihat dari segi ekonomi. Anda dapat melakukan pendaftaran Bidikmisi melalui alamat website bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id

Bagi anda yang ingin mengetahui informasi lebih lengkap mengenai Jalur Bidikmisi mulai dari tata cara pendaftaran, jadwal, persyaratan pendaftaran, prosedur serta ketentuan lainnya dapat anda baca di Pendaftaran Bidikmisi.

4. Pendaftaran Jalur Mandiri UIN Sumatera Utara 

Jalur Mandiri merupakan jalur yang secara khusus dibuka oleh panitia penyelenggara, dalam hal ini adalah Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU). Untuk pendaftaran dapat dilakukan secara online melalui website resmi Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU) yaitu https://siakad.iainsu.ac.id/pmb. 

Tata cara pendaftaran dilakukan sebagai berikut :
  • Peserta pendaftar dapat melakukan pembayaran biaya pendaftaran ke Bank Syariah Mandiri (BSM).
  • Pendaftar membayar biaya pendaftaran dengan besaran sebagai berikut : 
    • Pendaftar dari Dalam Negeri membayar sebesar Rp. 250.000,00
    • Pendaftar dari Luar Negeri (Internasional) membayar sebesar Rp.300.000,00.
  • Kemudian pendaftar akan mendapatkan PIN dan pasword untuk melakuakan pendaftaran melalui website https://siakad.iainsu.ac.id/pmb/
  • Selanjutnya peserta mengisi data yang diperlukan pada menu Isian Data Calon Mahasiswa serta Wajib mengunggah/upload Pas Photo dengan format JPG ukuran file tidak lebih dari 200KB.
  • Kemudian peserta wajib mencetak Kartu Ujian dan Data Calon Mahasiswa dengan mengklik icon print/pdf di sudut kanan atas pada menu Cetak Kartu Ujian dan Data Calon Mahasiswa. 
  • Peserta dapat mengikuti Ujian sesuai yang tertera pada Kartu Ujian.
  • Peserta dapat melihat hasil ujian melalui website http://www.iainsu.ac.id atau pada website https://siakad.iainsu.ac.id/pmb dan login sesuai Username (PIN atau Email) dan Password yang telah diberikan
Untuk informasi lebih jelas mengenai Pendaftaran UIN Sumatera Utara, anda dapat membacanaya di alamat website resmi yaitu http://www.iainsu.ac.id

Sekin informasi yang dapat admin sampaikan mengenai Pendaftaran UIN Sumatera Utara 2024/2025 semoga informasi yang admin berikan in dapat membantu anda dalam proses pendaftaran nantinya. Terimakasih sudah membaca artikel ini dan semoga anda diterima di UIN Sumatera Utara.