Pendaftaran POLNES 2024/2025

Pendaftaran Politeknik Negeri Samarinda (POLNES) 2024, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Politeknik Negeri Samarinda (POLNES), SPMB Politeknik Negeri Samarinda (POLNES), Informasi Pendaftaran Online Politeknik Negeri Samarinda (POLNES), Jalur Masuk Politeknik Negeri Samarinda (POLNES), Jalur PMDK Akademik, Jalur SMB / Jalur Ujian Tertulis, Jalur PMDK Bidikmisi, 

Pada kesempatan yang samgat baik ini, admin akan membahas mengenai pendafataran Politeknik Negeri Samarinda (POLNES) 2024/2025. Untuk lebih jelas mengenai pendaftaran tersebut, mari simak pembahasan berikut ini.

http://www.infopmb.web.id/
Sekilas mengenai POLNES

Politeknik Negeri Samarinda atau disingkat Polnes adalah sebuah perguruan tinggi negeri yang terletak di Kota Samarinda, Kalimantan Timur, Indonesia. Sebelumnya bernama Politeknik Universitas Mulawarman, yang resmi berdiri berdasarkan surat keputusan Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi No.080/Dikti/Kep/85 tertanggal 3 Desember 1985.

Jurusan dan Program Studi yang ada di Politeknik Negeri Samarinda yaitu :
  • Diploma IV (D-IV) / Sarjana Sains Terapan (S.ST) :
    • Rekayasa Jalan dan Jembatan (Teknik Sipil)
    • Teknik Mesin Produksi dan Perawatan
    • Teknik Informatika Multimedia, Teknik Elektro
    • Akuntansi Manajerial (Akuntansi)
    • Keuangan Perbankan, Manajemen Pemasaran (Administrasi Bisnis)
    • Petro dan Oleo Kimia / Kimia Analis (Kimia).
  • Diploma IV (D-IV) / Ahli Masya (A.Md) :
    • Teknik Sipil
    • Teknik Elektro / Listrik
    • Teknik Mesin Produksi dan Perawatan
    • Teknik Mesin Alat Berat
    • Teknik Komputer
    • Teknik Informatika
    • Desain Produk, Arsitektur
    • Akuntansi, Administrasi Bisnis
    • Teknik Kimia, Pariwisata
    • Teknika (Kemaritiman), Nautika (Kemaritiman)
    • KPNK (Kemaritiman).
Dari jurusan dan dan program studi yang ada di Politeknik Negeri Samarinda, mungkin ada salah satu yang anda inginkan. Untuk itu, daftarkan diri anda menjadi calon mahasiswa baru dengan mengikuti beberapa jalur yang dibuka.

Politeknik Negeri Samarinda (POLNES) membuka jalur PMDK-PN, jalur UMPN, jalur Mandiri Non Reguler, dan program Bidikmisi. Untuk lebih jelas mengenai jalur-jalur tersebut mari simak pembahasan berikut ini.

A. Pendaftaran Jalur PMDK-PN POLNES 

PMDK-PN atau Penelusuran Minat Dan Kemampuan Politeknik Negeri adalah jalur seleksi undangan masuk ke Politeknik Negeri se-Indonesia yang diperuntukkan bagi siswa-siswi berprestasi di Sekolah. Pendaftaran dimulai oleh Kepala sekolah yang mendaftarkan siswanya. Kemudian akan mendapatkan Username dan Password yang diberikan kepada siswa. Selanjutnya siswa melakukan sendiri pendaftaran ke website resmi PMDK-PN yaitu pmdk.politeknik.or.id.

Untuk informasi lebih lengkap mengenai tata cara pendaftaran, persyaratan pendaftaran, jadwal pelaksanaan, biaya seleksi, daftar Politeknik Negeri se-Indonesia, dapat anda baca pada artikel yang berjudul Pendaftaran PMDK-PN

B. Pendaftaran Online UMPN POLNES 

UMPN atau yang memiliki kepanjangan Ujian Masuk Politeknik Negeri merupakan salah satu jalur penerimaan mahasiswa baru yang diadakan secara bersamaan oleh Politeknik Negeri se-Indonesia. Seleksi jalur ini dilakukan berdarkan hasil ujian tertulis. Untuk mengetahui persyaratan, jadwal dan lainnya dapat anda buka pada alamat website resmi Politeknik Negeri Samarinda (POLNES) yaitu http://polnes.ac.id/. 

C. Pendaftaran Jalur Mandiri Kelas Non-Reguler POLNES

Jalur mandiri adalah jalur penerimaan mahasiswa baru yang diadakan secara mandiri oleh Poloteknik Negeri Samarinda. Pendaftaran dilakukan secara online melalui alamat website resmi PMB Polnes yaitu pmb.polnes.ac.id. 

D. Pendaftaran Jalur Alih Jenjang POLNES 

Program Alih jenjang merupakan program pengalihan dari jenjang D-3 ke jenjang S-1 Terapan. Program ini diperuntukkan bagi alumni D-3 Politeknik atau lulusan Perguruan Tinggi lain. Pendaftaran dapat dilakukan secara online melalui halaman http://paj.polnes.ac.id/

E. Pendaftaran Jalur Bidikmisi POLNES

BIDIKMISI adalah biaya bantuan pendidikan yang diberikan kepada calon mahasiswa yang berasal dari keluarga tidak mampu yang memiliki keinginan untuk melanjutkan ke Pergurunan Tinggi. Calon mahasiswa yang demikian mendapat kesempatan untuk mengikuti Program Bidikmisi.

Pendaftaran dimulai dari sekolah yang merekomendasikan siswanya. Kemudian siswa dapat melakukan pendaftaran melalui alamat website resmi bidikmisi.dikti.go.id.

Untuk informasi selengkapnya mengenai jadwal, persyaratan, tata cara, dan lainnya dapat anda baca di artikel yang berjudul Pendaftaran Bidikmisi 

Sekin informasi dari admin mengenai pendaftaran Politeknik Negeri Samarind (POLNES) 2024/2025. Semoga informasi ini dapat membantu anda dalam prosees pendaftaran. Terimakasih telah membaca artikel ini dan semoga anda sukses.