Pendaftaran Universitas Khairun (UNKHAIR) 2024/2025

PMB UNKHAIR 2024, Pendaftaran UNKHAIR 2024, Pendaftaran Online UNKHAIR, Cara Pendaftaran Online UNKHAIR , Pendaftaran Mahasiswa Baru ( UNKHAIR ), Pendaftaran UNKHAIR Online, Info Pendaftaran Mahasiswa Baru Universitas Khairun, Seleksi penerimaan Mahasiswa Baru UNKHAIR. 

Kali ini admin akan memberikan informasi mengenai Pendaftaran UNKHAIR 2024/2025, dengan adanya informasi yang admin berikan ini semoga dapat menjadi pandaun pendaftaran untuk ada pada saat melakukan pendaftara. Mari kita smak pembahasan berikut.

http://www.infopmb.web.id/

Sekilas mengenai UNKHAIR

Universitas Khairun (UNKHAIR) merupakan Perguruan Tinggi Negeri di Provinsi Maluku Utara, yang didirikan pada 15 Agustus 1964 dan memperoleh pengakuan dengan dikeluarkannya Surat Keputusan Menteri Pendidikan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan No. 100/B/SWT/1965 tertanggal 15 Februari 1965 tentang status dan kedudukan Unkhair dan kemudian diubah statusnya menjadi Perguruan Tinggi Negeri berdasarkan Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia No. 18 Tahun 2004 tertanggal 17 Maret 2004.

Sebelum anda melekukan Pendaftaran Universitas Khairun (UNKHAIR), ada baiknya anda dapat mengetahui informasi mengenai Fakultas dan Program Studi yang akan anda pilih nantinya sesuai keinginan anda.


Setelah anda memilih Fakultas dan Program Studi sesuai keinginan anda, maka anda dapat melakukan pendaftara dengan mengikuti beberpa jalur seleksi yang dibuka oleh panitia  Universitas Khairun (UNKHAIR) yaitu sebagai berikut.

1. Pendaftaran Jalur SNMPTN  UNKHAIR

SNMPTN merupakan jalur seleksi untuk menjaring calon mahasiswa yang berprestasi akademik tinggi di sekolah dengan melihat nilai raport dan prestasi lainnya. Untuk Pendaftaran SNMPTN ini anda dapat mengakses situs resmi SNMPTN yaitu web.snmptn.ac.id.

Persyaratan Pendaftaran SNMPTN untuk Sekolah
  • Lulusan SMA/SMK/MA/MAK negeri maupun swasta, termasuk sekolah RI di luar negeri yang mempunyai NPSN.
  • Telah mengisi PDSS dengan lengkap dan benar.
Persyaratan Pendaftaran SNMPTN untuk Siswa
  • Siswa SMA/MA/SMK yang akan lulus dari satuan pendidikan pada tahun ini
  • Siswa yang memiliki prestasi unggul yaitu : calon peserta masuk peringkat terbaik di sekolah pada semester tiga, semester empat dan semester lima, dengan ketentuan berdasarkan akreditasi sekolah sebagai berikut:
    • akreditasi A, 75% terbaik di sekolahnya
    • akreditasi B, 50% terbaik di sekolahnya
    • akreditasi C, 20% terbaik di sekolahnya
    • akreditasi lainnya, 10% terbaik di sekolahnya.
  • Siswa memiliki NISN dan terdaftar pada PDSS
  • Siswa memiliki nilai rapor mulai dari semester 1 sampai dengan semester 5 (bagi siswa SMA/MA, SMK tiga tahun) atau nilai rapor semester 1 sampai semester 7 (bagi SMK empat tahun) yang telah diisikan pada PDSS
  • Memenuhi persyaratan lain yang ditentukan oleh masing-masing PTN
Untuk informasi lengkapnya dapat anda baca di Pendaftaran SNMPTN

2. Pendaftaran Jalur SBMPTN UNKHAIR

SBMPTN merupakan jalur seleksi nasional untuk menjaring calon mahasiswa baru yang seleksinya dilakukan melalui ujian tertulis yang diikuti oleh semua peserta dan untuk peserta yang memilih program studi seni atau olahraga harus mengikuti ujian tambahan berupa ujian keterampilan.

Cara Pendaftaran SBMPTN
  • Silahkan buka alamat pendaftaran SBMPTN tahap awal di alamat pendaftaran.sbmptn.or.id
  • Lakukan pengisian data tahap awal pada alamat web tersebut.
  • Setelah selesai, cetak bukti pendaftaran tahap awal
  • Lakukan pembayaran biaya pendaftaran SBMPTN di Bank BNI atau Bank Mandiri
  • Setelah membayar akan mendapatkan KAP dan PIN
  • Gunakan KAP dan PIN tersebut untuk login kembali ke alamat pendaftaran.sbmptn.or.id
  • Isilah data diri anda secara lengkap dan benar seperti memilih PTN, program studi, dan lain-sebagainya seperti yang tertera pada formulir pendaftaran tersebut.
  • Jangan lupa untuk memeriksa kembali kebenaran data pendaftaran anda
  • Jika telah selesai dan yakin, akhiri pendaftaran dengan mencetaklah tanda bukti pendaftaran
  • Tanda bukti pendaftaran berupa kartu tanda peserta SBMPTN
  • Bawalah kartu tanda peserta SBMPTN pada saat ujian seleksi berlangsung.
  • Bawa juga perlengkapan lainnya seperti pensil 2B, penghapus, papan alas ujian, dan pena.
Untuk informasi lebih lengkap mengenai SBMPTN seperti persyaratan pendaftaran, tata cara paendaftaran, kriteria pendaftaran, jadwal pelaksanaan dan sebagainya, dapat anda baca di Pendaftaran SBMPTN.

3. Pendaftaran Jalur Bidikmisi UNKHAIR

Bidikmisi merupakan bantuan pendidikan yang diberikan kepada siswa yang kurang mampu secara ekonomi dan mempunyai prestasi yang unggul selama menempuh pendidikan di sekolah. 

Terlebih dahulu anda harus mendapatkan rekomendasi dari sekolah untuk bisa mendaftar Bidikmisi serta memenuhi semua persyaratan.

Pendaftaran dilakukan secara online melalui alamat resmi bidikmisi.bellmawa.ristekdikti.go.id. Informasi lengkap mengenai pendaftaran bidikmisi dapat anda baca pada artikel yang berjudul Pendaftaran Bidikmisi.

4. Pendaftaran Jalur Mandiri UNKHAIR

Bagi calon mahasiswa baru yang telah mengikuti seleksi seperti SNMPTN, SBMPTN tetapi dinyatakan tidah lulus. Jangan khawatir, anda dapat mengikuti jalur seleksi mandiri yang tujuan untuk memberikan kesempatan kepada calon mahasiswa baru yang ingin kuliah di Universitas Khairun (UNKHAIR) melalui tes tertulis.

Untuk informasi lebih lengkap mulai dari Jadwal pelaksanaan, tata cara pendaftaran, persyaratan serta ketentuan lain dapat anda baca di http://unkhair.ac.id/

Sekian informasi yang dapat admin berikan ini mengenai Pendaftaran Universitas Khairun (UNKHAIR) 2024/2025, semoga saja informasi yang admin berikan ini dapat membantu anda dalam proses pendaftaran anda nantinya. Terimakasih banyak sedah membaca artikel ini dan semoga anda diterima.