Pendaftaran Universitas Negeri Gorontalo (UNG) 2024/2025

PMB UNG 2024, Pendaftaran UNG, Pendaftaran Online UNG, Penerimaan Mahasiswa Baru UNG, Syarat Pendaftaran UNG, Syarat Masuk UNG, Cara Masuk UNG, Universitas Negeri Gorontalo (UNG), Cara Pendaftaran Online UNG.

Kali ini admin akan membahas mengenai Pendaftaran UNG 2024/2025, dengan adanya informasi yang admin berikan ini semoga dapat membantu anda dalam proses pendaftaran anda nantinya. Langsung saja kita simak pembahasan berikut ini.

http://www.infopmb.web.id/

Sedikit mengenai UNG

Universitas Negeri Gorontalo, disingkat UNG, adalah perguruan tinggi negeri di Gorontalo, Indonesia, yang berdiri pada 1 September 1963. Mulanya Universitas ini diberi nama Junior College, dan menjadi bagian dari FKIP UNSULUTENG. Tahun 1964 statusnya berubah menjadi Cabang FKIP IKIP Yogyakarta Cabang Manado, tahun 1965 bergabung dengan IKIP Manado Cabang Gorontalo.

Untuk anda yang ingin melanjutkan kuliah di Universitas Negeri Gorontalo (UNG), ada baiknya anda dapat mengetahui informasi mengenai Fakultas dan Program Studi yang akan anda pilih nantinya sesuai keinginan dan minat anda nantinya.

Setelah anda memilih Fakultas dan Program Studi sesuai keinginan anda, maka anda dapat melakukan Pendaftaran UNG dengan mengikuti jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru yang dibuka oleh panitia UNG yaitu sebagai berikut.

1. Pendaftaran Jalur SNMPTN UNG

SNMPTN ini adalah jalur seleksi untuk menjaring calon mahasiswa yang berprestasi akademik tinggi di sekolah dengan melihat nilai raport dan prestasi lainnya. Untuk anda yang ingin melakukan pendaftaran SNMPTN, anda dapat mengakses situs resmi SNMPTN yaitu web.snmptn.ac.id.

Tata Cara Pengisian data di PDSS oleh Kepala Sekolah
  • Kepala sekolah membuka situs pengisian data SNMPTN, yaitu pdss.snmptn.ac.id
  • Kepala sekolah melakukan pengisian biodata siswa peserta SNMPTN pada PDSS tersebut.
  • Kemudian kepala sekolah akan mendapatkan NISN dan Password untuk masing-masing siswa.
  • Masing-masing siswa peserta SNMPTN akan diberi NISN dan Password oleh kepala sekolah
  • Siswa peserta SNMPTN melakukan verifikasi terhadap data yang telah diisikan oleh kepala sekolah
  • Jika siswa peserta SNMPTN tidak melakukan verifikasi, maka data tersebut dianggap sudah benar
  • Selanjutnya siswa peserta SNMPTN melakukan pendaftaran SNMPTN.

Tata Cara Pendaftaran SNMPTN Oleh Peserta SNMPTN
  • Siswa peserta SNMPTN membuka situs resmi pendaftaran SNMPTN, yaitu web.snmptn.ac.id
  • Kemudian mengisi biodata dengan lengkap dan benar, memilih PTN dan pilihan program studi, serta mengunggah (upload) pas foto resmi terbaru dan dokumen prestasi pendukung (jika ada).
  • Siswa peserta SNMPTN yang memilih program studi keolahragaan dan seni diwajibkan mengunggah portofolio dan dokumen bukti keterampilan yang telah disahkan oleh Kepala Sekolah menggunakan pedoman yang dapat diunduh pada laman www.snmptn.ac.id.
  • Jika formulir pendaftaran SNMPTN telah diisi, cetaklah kartu bukti pendaftaran sebagai tanda bukti peserta SNMPTN.
Informasi lebih lengkap mengenai Jalur SNMPTN dapat anda membacanya di Pendaftaran SNMPTN

2. Pendaftaran Jalur SBMPTN UNG

SBMPTN adalah jalur seleksi nasional untuk menjaring calon mahasiswa baru yang seleksinya dilakukan melalui ujian tertulis yang diikuti oleh semua peserta dan untuk peserta yang memilih program studi seni atau olahraga harus mengikuti ujian tambahan berupa ujian keterampilan.

Cara Pendaftaran SBMPTN
  • Anda dapat melakukan pendaftaran SBMPTN tahap awal di alamat pendaftaran.sbmptn.or.id
  • Lakukan pengisian data tahap awal pada alamat web tersebut.
  • Setelah selesai, cetak bukti pendaftaran tahap awal
  • Lakukan pembayaran biaya pendaftaran SBMPTN di Bank BNI atau Bank Mandiri
  • Setelah membayar akan mendapatkan KAP dan PIN
  • Gunakan KAP dan PIN tersebut untuk login kembali ke alamat pendaftaran.sbmptn.or.id
  • Isilah data diri anda secara lengkap dan benar seperti memilih PTN, program studi, dan lain-sebagainya seperti yang tertera pada formulir pendaftaran tersebut.
  • Jangan lupa untuk memeriksa kembali kebenaran data pendaftaran anda
  • Jika telah selesai dan yakin, akhiri pendaftaran dengan mencetaklah tanda bukti pendaftaran
  • Tanda bukti pendaftaran berupa kartu tanda peserta SBMPTN
  • Bawalah kartu tanda peserta SBMPTN pada saat ujian seleksi berlangsung.
  • Bawa juga perlengkapan lainnya seperti pensil 2B, penghapus, papan alas ujian, dan pena.
Untuk informasi lebih lengkap mengenai SBMPTN seperti persyaratan pendaftaran, tata cara paendaftaran, dapat anda membacanya di Pendaftaran SBMPTN.

3. Pendaftaran Jalur Mandiri UNG

Untuk anda yang sebelumnya mengikuti jalur SNMPTN atau SBMPTN tetapi telah dinyatakan tidak lulus, maka dapat kembali mendaftarkan diri mengikuti jalur mandiri ini. Seleksi jalur mandiri biasanya dibuka setelah jalur nasional berakhir dan untuk seleksinya dilakukan melalui ujian tertulis.

Dan bagi anda yang ingin mengikuti jalur mandiri ini, adna dapat mempersiapkan persyaratan pendaftaran terlebih dahulu. Untuk informasi lebih lanjut dapat anda baca melalui alamat www.ung.ac.id

4. Pendaftaran Pascasarjana UNG

Untuk anda yang ingin melanjutkan kuliah ke jenjang Pascasarjana UNG, baik jenjang Magister ataupun jenjang Doktor. Anda yang ingin melakukan mendaftarkan diri menjadi calon mahasiswa baru jenjang Magister atau Doktor di UNG, maka daftarkan diri anda untuk menjadi calon mahasiswa baru dengan mempersiapkan persyaratan pendaftaran yang telah di tentukan. Informasi lebih jelas dapat adna mengakses alamat website resmi yaitu pps.ung.ac.id

5. Pendaftaran Jalur Bidikmisi di UNG

Bidikmisi merupakan bantuan biaya pendidikan untuk calon mahasiswa yang termasuk kedalam kategori keluarga kurang mampu dilihat dari segi ekonomi.  Bagi anda yang  ingin melakukan pendaftaran bidikmisi, dapat anda mengakses bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id.

Bagi anda yang ingin mengetahui lebih jelas mengenai Jalur Bidikmisi mulai dari tata cara pendaftaran, jadwal pelaksanaan, persyaratan, prosedur, Kriteria Pendaftaran dan lain-lain dapat anda membacanya di Pendaftaran Bidikmisi

Untuk anda yang kurang jelas mengenai Pendaftaran UNG, anda dapat mencari informasi lebih lengkapnya dengan mengakses alamat website resmi yaitu http://www.ung.ac.id/

Sekian informasi yang dapat admin berikan mengenai Pendaftaran UNG 2024/2025 dengan adanya informasi yang admin berikan ini semoga dapat membantu anda dalam proses pendaftaran anda nantinya. Terimakasih sudah membaca artikel ini dan semoga anda diterima.