Pendaftaran Universitas Lampung (UNILA) 2024/2025

Pendaftaran UNILA 2024, PMB UNILA, Pendaftaran Online UNILA, Syarat Masuk UNILA, Cara Pendaftaran UNILA, Info Pendaftaran Mahasiswa Baru (UNILA), Pendaftaran Mahasiswa Baru (UNILA ) Syarat Pendaftaran Universitas Lampung. Universitas Lampung (UNILA)

Pada kesempatan yang sangat baik ini admin akan membahas mengenai Pendaftaran UNILA 2024/2025, dengan adanya informasi yang admin berikan ini semoga saja dapat membantu anda dalam proses pendaftaran anda nantinya. Langsung saja kita simak pembahasan berikut ini.


Sekilas mengenai UNILA

Universitas Lampung (UNILA) merupakan universitas negeri pertama dan tertua di Provinsi Lampung, Indonesia. Hari jadi Unila ditetapkan pada tanggal 23 September 1965, berdasarkan pada keluarnya Surat Keputusan Menteri PTIP yang menetapkan berdirinya Unila.

Sebelum anda melakukan pendaftaran di UNILA, ada baiknya anda harus mengetahui informasi mengenai Fakultas dan Program Studi yang akan anda pilih nantinya sesuai keinginan anda.


Langsung saja admin akan membahas mengenai jalur-jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru yang dibuka oleh panitia UNILA yaitu sebagai berikut.

1. Pendaftaran Jalur SNMPTN UNILA

SNMPTN merupakan jalur seleksi nasional untuk menyeleksi calon mahasiswa baru yang ingin melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi Negeri yang seleksinya didasarkan pada hasil prestasi akademik siswa dengan menggunakan nilai rapor. Pendaftaran dilakukan di alamat website web.snmptn.ac.id

Tata Cara Pendaftaran SNMPTN dilakukan dengan 2 tahap yaitu,
  • Tata Cara Pengisian data di PDSS oleh Kepala Sekolah
    • Kepala sekolah dapat mengakses alamat website yaitu pdss.snmptn.ac.id 
    • Kemudian Kepala sekolah melakukan pengisian biodata siswa yang ingin mendaftar SNMPTN pada PDSS tersebut.
    • Kemudian kepala sekolah akan mendapatkan NISN dan Password untuk masing-masing siswa yang sudah mendaftar.
    • Selanjutnya kepala sekolah memberikan NISN dan Password  kepada masing-masing siswa yang mendaftar SNMPTN.
    • Kemudian siswa melakukan verifikasi terhadap data yang telah diisik oleh kepala sekolah
    • Jika siswa peserta SNMPTN tidak melakukan verifikasi atau pengecekan data, maka data tersebut dianggap sudah benar
    • Selanjutnya siswa melakukan pendaftaran SNMPTN.
    • Tata Cara Pendaftaran SNMPTN Oleh Peserta SNMPTN
      • Pertama siswa membuka situs resmi SNMPTN, yaitu web.snmptn.ac.id
      • Kedua siswa diharapkan mengisi biodata dengan secara lengkap dan benar, memilih PTN dan pilihan program studi sesuai keinginan/minat anda, serta mengunggah (upload) pas foto resmi terbaru dan dokumen prestasi pendukung (jika ada).
      • Ketiga siswa peserta SNMPTN yang memilih program studi keolahragaan dan seni diwajibkan mengunggah portofolio dan dokumen bukti kemampuan yang dimiliki peserta yang telah disahkan oleh Kepala Sekolah menggunakan pedoman yang dapat diunduh pada laman www.snmptn.ac.id.
      • Keempat Jika formulir pendaftaran SNMPTN telah diisi secara benar, siswa wajib mencetak kartu bukti pendaftaran sebagai tanda bukti peserta SNMPTN.
    Bagi anda yang ingin mengetahui informasi lebih lengkap mengenai SNMPTN mulai dari persyaratan pendaftaran, jadwal pelaksanaan, anda dapat membaca artikel Pendaftaran SNMPTN

    2. Pendaftaran Jalur SBMPTN UNILA

    SBMPTN merupakan jalur seleksi nasional untuk calon mahasiswa baru yang diprediksikan akan mampu menyelesaikan pendidikannya di Perguruan Tinggi Negeri dengan tepat waktu. Pendaftaran dapat dilakukan di situs resmi di pendaftaran.sbmptn.or.id

    Persyaratan Pendaftaran SBMPTN
    • Lulusan SMA/MA/SMK/MAK yang telah lulus 3 tahun terakhir
    • Bagi lulusan tahun 2015 dan 2016  harus sudah memiliki ijazah.
    • Bagi lulusan tahun 2017 telah memiliki Surat Keterangan Lulus Pendidikan Menengah, sekurang-kurangnya memuat informasi jati diri dan foto terbaru yang bersangkutan serta dibubuhi cap yang sah.
    • Memiliki kesehatan sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di program studinya.
    Bagi anda yang belum jelas mengenai Jalur SBMPTN mulai dari Persyaratan pendaftaran, tata cara pendaftaran, tahapan seleksi, dapat membacanya pada artikel yang berjudul Pendaftaran SBMPTN 

    3. Pendaftaran Jalur Mandiri UNILA 

    Bagi calon mahasiswa baru yang telah mengikuti seleksi seperti SNMPTN, SBMPTN tetapi dinyatakan tidah lulus. Jangan khawatir, anda dapat mengikuti jalur seleksi mandiri yang tujuan untuk memberikan kesempatan kepada calon mahasiswa baru yang ingin kuliah di UMRAH melalui tes tertulis.

    Untuk anda yang belum jelas mengenai jalur mandiri ini, anda dapat membaca informasinya di alamat website yaitu http://simanila.unila.ac.id/

    4. Pendaftaran Jalur Bidikmisi UNILA

    Bidikmisi merupakan bantuan biaya pendidikan untuk calon mahasiswa baru yang termasuk keluarga kurang mampu dilihat dari segi ekonomi. Anda dapat melakukan pendaftaran Bidikmisi melalui alamat website bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id

    Untuk mengetahui informasi lebih lengkap mengenai Jalur Bidikmisi mulai dari tata cara pendaftaran, jadwal, persyaratan pendaftaran, dan lainnya dapat anda baca di Pendaftaran Bidikmisi.

    5. Pendaftaran Pascasarjana UNILA

    Bagi anda yang ingin melanjutkan kuliah ke jenjang pascasarja di UNILA, ada baiknya anda harus mengetahui persyaratan yang telah ditentukan oleh panitia UNILA. Dan untuk anda yang ingin melakukan pendaftaran pascasarja, anda dapat mengetahui informasinya di alamat website yaitu http://pasca.unila.ac.id/

    Sekian informasi yang dapat admin berikan mengenai Pendaftaran UNILA 2024/2025, dengan adanya informasi yang admin berikan ini semoga dapat menjadi panduan pendaftaran untuk anda yang akan melakukan pendaftaran nantinya. Terimakasih sudah membaca artikel ini dan semoga anda diterima.