Pendaftaran IAIN Ternate 2024/2025

Pendaftaran IAIN Ternate 2024, Pendaftaran Online IAIN Ternate 2024, Penerimaan Mahasiswa Baru IAIN Ternate, Website IAIN Ternate, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Jalur SPAN-PTKIN, Jalur UM-PTKIN, Jalur Mandiri, PMB Pascasarja IAIN Ternate.

Pada saat ini admin akan membahas mengenai Pendaftaran IAIN Ternate 2024/2025, informasi yang admin berikan ini bertujuan untuk memberikan panduan pendaftaran bagi anda yang akan melakukan pendaftaran nantinya. Langsung saja kita simak pembahasan berikut ini.

http://www.infopmb.web.id/

Sekilas mengenai IAIN Ternate 

Institut Agama Islam Negeri Ternate (IAIN Ternate) merupakan Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri di Ternate provinsi Maluku Utara, Indonesia. IAIN Ternate didirikan berdasarkan pada Surat Keputusan Presiden Nomor 11 Tanggal 21 Maret 1997 bertepatan dengan Tanggal 12 Dzulqaidah 1417.

Bagi anda yang ingin melanjutkan kuliah di IAIN Ternate, terlebih dahul anda harus mengetahui Program Studi apa saja yang ada di IAIN Ternate yang nantinya akan anda pilih sesuai keinginan anda. 

Program Studi yang ada di Institut Agama Islam Negeri Ternate yaitu sebagai berikut :
  • Tadris Matematika
  • Tadris Biologi
  • Pendidikan Agama Islam
  • Pendidikan Bahasa Arab
  • Manajemen Pendidikan Islam
  • Ahwal Al-Syakhsiyyah (Hukum Keluarga Islam)
  • Muamalah (Hukum Ekonomi Islam)
  • Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
  • Sejarah dan Kebudayaan Islam
  • D3 Perbankan Syariah
  • Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
  • Komunikasi dan Penyiaran Islam
  • S1 Perbankan Syariah
  • Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
  • Bimbingan dan Konseling Islam
  • Ekonomi Syariah
  • Hukum Pidana Islam (Jinayah)
Dari beberapa Program Studi yang telah disebutkan diatas tadi, Mungkin saja ada salah satu dari Program Studi tersebut, ada salah satu yang akan anda pilih nantinya sesuai keinginan anda. Terlebih dahulu anda harus mendaftarkan diri anda untuk menjadi calon mahasiswa baru di IAIN Ternate dengan mengikuti beberapa jalur seleksi yaitu sebagai berikut

1. Pendaftaran Jalur SPAN-PTKIN IAIN Ternate

Baiklah disini admin akan membahas sedikit mengenai apa itu SPAN-PTKIN..?? SPAN-PTKIN itu adalah pola seleksi yang dilakukan secara nasional oleh seluruh UIN, IAIN, STAIN di Indonesia. 


Untuk Biaya pendaftaran SPAN-PTKIN ini ditanggung oleh pemerintah, maka dari itu peserta tidak dipungut biaya pendaftaran lagi. Bagi anda yang ingin mendaftar SPAN-PTKIN dapat anda mengakses website span-ptkin.ac.id

Untuk informasi lebih lengkap mengenai Jalur SPAN-PTKIN seperti jadwal pelaksanaan SPAN-PTKIN, cara pendaftaran, persyaratan pendaftaran dan lainnya, dapat di baca di Pendaftaran SPAN-PTKIN.

2. Pendaftaran Jalur UM-PTKIN IAIN Ternate 

UM-PTKIN itu adalah pola seleksi nasional yang didasarkan pada hasil ujian tertulis untuk caon peserta yang ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi seperti UIN, IAIN, STAIN di Indonesia. 

Untuk biaya pendaftaran Jalur UM-PTKIN ini ditanggung oleh calon peserta yang akan mendaftar nantinya dan pembayaran pendaftarannya melalui Bank Mandiri. Dan bagi anda yang ingin mendaftar Jalur UM-PTKIN dapat anda mengakses situs resmi UM-PTKIN yaitu www.um-ptkin.ac.id.

Bagi anda yang belum jelas mengenai informasi jalur UM-PTKIN mulai tata cara pendaftaran UM-PTKIN, kriteria penerimaan, jadwal pelaksanaan, persyaratan pendaftaran, biaya seleksi, dan lain-lain dapat di Pendaftaran UM-PTKIN.

3. Pendaftaran Jalur Mandiri IAIN Ternate

Jalur Mandiri ini adalalah jalur yang menyeleksi calon mahasiswa baru yang akan mendaftar di IAIN Ternate melauli jalur ujian tertulis. Dan bagi anda yang ingin mengikuti jalur mandiri ini anda harus mempersiapkan diri anda sperti belajar dan sebagainya, maka dengan adanya persiapan tersebut semoga anda dapat mengerjakan dengan benar dan diterima di IAIN Ternate.

Bagi anda yanng belum jelas mengenai jalur mandiri ini, anda dapat mengakses situs resmi IAIN Ternate di iain-ternate.ac.id

4. Pendaftran Jalur Bidikmisi IAIN Ternate

Bagi anda yang akan melanjutkan kuliah di IAIN Ternate, tetapi mempunyai masalah biaya pendaftaran. Jangan khawatir dengan masalah tersebut, karena sekarang ada yang namanya jalur bidikmisi.

Bidikmisi adalah bantuan biaya pendidikan untuk calon mahasiswa dari keluarga kurang mampu. Dan untuk anda yang ingin mendaftar jalur bidikmisi ini terlebih dahulu anda harus terdaftar seebagai peserta seperti SPAN-PTKIN , UM-PTKIN atau Mandiri di IAIN Ternate

Untuk informasi lebih lengkap mengenai Jalur Mandiri ini anda dapat mengakses alamat situs resmi IAIN Ternate yaitu iain-ternate.ac.id

Sekian informasi yang dapat admin berikan tentang Pendaftaran IAIN Ternate 2024/2025, semoga informasi yang admin berikan ini dapat membantu anda dalam proses pendaftaran nantunya. Terimakasih anda sudah membaca artikel ini dan semoga anda diterima.