Pendaftaran Universitas Malikussaleh (UNIMAL) 2024/2025

Pendaftaran UNIMAL Lhokseumawe 2024, PMB UNIMAL, Pendaftaran UNIMAL Online, Portal UNIMAL Lhokseumawe, Pendaftaran Mahasiswa Baru UNIMAL, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UNIMAL, Pendaftaran Diploma / Sarjana / Pascasarjana UNIMAL, Jalur SNMPTN, SBMPTN, Bidikmisi, SPMB UMB-PT, Universitas Malikussaleh, UNIMAL.

Pada kesempatan yang sangat baik ini, admin akan membahass tentang Pendaftaran UNIMAL 2024/2025, informasi yang admin berikan ini bertujuan untuk memberikan panduan kepada anda dalam proses pendaftaran nantinya. Langsung saja admin akan membahasnya sebagai berikut.

http://www.infopmb.web.id/

Sedikit mengenai Universitas Malikussaleh (UNIMAL) 

Universitas Malikussaleh (UNIMAL) adalah sebuah perguruan tinggi negeri yang kampus utamanya sekarang berada di Reuleuet, Kabupaten Aceh Utara, Aceh, Indonesia. Rektor Universitas Malikussaleh saat ini adalah Prof. Dr. Apridar, M.Si.

Kampus Unimal terdapat beberapa kampus yaitu kampus utama berlokasi di  Jl. Medan - Banda Aceh, Cot Tengku Nie, Reuleuet, Kab. Aceh Utara, dan kampus lain berada di 3 lokasi yaitu Bukit Indah, Cunda dan Lancang Garam.

Untuk memasuki bangku kuliah di Universitas Malikussaleh, sebaiknya mencari tahu fakultas dan jurusan apa yang anda akan pilih nantinya di Universitas Malikussaleh.
Setelah anda memilih Fakltas dan Program Studi sesuai keinginan anda, maka anda dapat melakukan pendaftaran dengan memilih jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru yang dibuka oleh panitia UNIMAL yaitu sebagai berikut

1. Pendaftaran Jalur UMB PT UNIMAL

UMB-PT atau Ujian Masuk Bersama Perguruan Tinggi adalah jalur tes tertulis penerimaan mahasiswa baru yang masuk ke Perguruan Tinggi Negeri

Jalun UMB-PT ini dapat sobat jadikan jalur alternatif, jika sobat telah mengikuti seleksi jalur SNMPTN atau SBMPTN tetapi dinyatakan tidak lulus, maka sobat dapat mengkuti seleksi jalur UMB-PT. Apa bila sobat berminat untuk masuk ke Perguruan Tinggi Negeri melalui jalur UMB-PT, maka sobat dapat mendaftarkan diri melalui situs resmi SPMB.

Untuk Pendaftaran dapat dilakukan secara online melalui situs alamat website yaitu penerimaan.spmb.or.id. Dan untuk informasi lebih lengkap mengenai Jalur UMB PT mulai dari Tata cara pendaftaran, Jadwal pendaftaran dan lain-lain dapat anda baca pada artikel yang berjudul Pendaftaran SPMB

2. Pendaftaran Jalur SNMPTN UNIMAL

SNMPTN merupakan jalur seleksi nasional untuk menyeleksi calon mahasiswa baru yang ingin melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi Negeri yang seleksinya didasarkan pada hasil penelusuran prestasi akademik siswa dengan menggunakan nilai rapor siswa mulai dari kelas X semester 1 sampai dengan kelas XII semester 1 bagi SMA/MA/SMKyang masa belajarnya 3 (tiga) tahun atau semester 1 (satu) sampai dengan semester 7 (tujuh) bagi SMK yang masa belajarnya 4 (empat) tahun, dan portofolio akademik lain yang menunjang.

Tata Cara Pendaftaran SNMPTN 
  • Siswa peserta SNMPTN membuka situs resmi pendaftaran SNMPTN, yaitu web.snmptn.ac.id
  • Kemudian mengisi biodata dengan lengkap dan benar, memilih PTN dan pilihan program studi, serta mengunggah (upload) pas foto resmi terbaru dan dokumen prestasi pendukung (jika ada).
  • Siswa peserta SNMPTN yang memilih program studi keolahragaan dan seni diwajibkan mengunggah portofolio dan dokumen bukti keterampilan yang telah disahkan oleh Kepala Sekolah menggunakan pedoman yang dapat diunduh pada laman www.snmptn.ac.id.
  • Jika formulir pendaftaran SNMPTN telah diisi, cetaklah kartu bukti pendaftaran sebagai tanda bukti peserta SNMPTN.
Untuk lebih jelas mengenai Jalur SNMPTN mulai dari persyaratan pendaftaran, jadwal pelaksanaan, kriteria PMB, prosedur pelaksanaan, tahapan seleksi, jumlah PTN pilihan, nama-nama PTN, dapat anda baca artikel yang berjudul Pendaftaran SNMPTN 


3. Pendaftaran Jalur Bidikmisi UNIMAL


Bidikmisi merupakan bantuan biaya pendidikan untuk calon mahasiswa yang termasuk kedalam kategori keluarga kurang mampu dilihat dari segi ekonomi.

Calon peserta melakukan pendaftaran ke alamat bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id kemudian mendaftarakan diri untuk mengikuti SNMPTN, jika tidak lulus bisa mengikuti SBMPTN. Jika dinyatakan lulus melalui jalur SNMPTN atau SBMPTN, maka bidikmisi bisa didapatkan.

Informasi mengenai tata cara pendaftaran, jadwal, persyaratan, prosedur serta ketentuan lainnya bisa dibaca pada artikel sebelumnya yang berjudul Pendaftaran Bidikmisi.

4. Pendaftaran Jalur SBMPTN UNIMAL

SBMPTN atau dengan kepanjangan yaitu Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Neger jalur seleksi nasional untuk menjaring calon mahasiswa yang mempunyai kualitas yang baik. Calon mahasiswa yang tidak lulus SNMPTN dapat mengikuti jalur SBMPTN ini.

Tata Cara Pendaftaran SBMPTN
  • Calon mahasiswa baru dapat mengakses pendaftaran SBMPTN melalui alamat website pendaftaran.sbmptn.or.id
  • Kemudian melakukan pengisian data tahap awal pada alamat web tersebut.
  • Setelah selesai, cetak bukti pendaftaran tahap awal
  • Kemudian calon mahasiswa baru melakukan pembayaran biaya pendaftaran SBMPTN di Bank BNI atau Bank Mandiri
  • Setelah membayar akan mendapatkan KAP dan PIN
  • Gunakan KAP dan PIN tersebut untuk login kembali ke alamat pendaftaran.sbmptn.or.id
  • Selanjutnya calom mahasiswa baru mengisi data diri anda secara lengkap dan benar seperti memilih PTN, program studi, dan lain-sebagainya seperti yang tertera pada formulir pendaftaran yang ada di halaman tersebut.
  • Jangan lupa untuk memeriksa kembali kebenaran data pendaftaran anda dengan teliti.
  • Jika sudah selesai dan benar, akhiri pendaftaran dengan mencetaklah tanda bukti pendaftaran
  • Tanda bukti pendaftaran berupa kartu tanda peserta SBMPTN
  • Bawalah kartu tanda peserta SBMPTN pada saat ujian seleksi berlangsung.
  • Bawa juga perlengkapan lainnya seperti pensil 2B, penghapus, papan alas ujian, dan pena.
Untuk informasi lebih lengkap mengenai Jalur SBMPTN mulai dari persyaratan pendaftaran, tata cara pendaftaran, biaya pendaftaran, dan jadwal pendaftaran dan lain-lain, anda dapat membacanya padda artikel yang berjudul Pendaftaran SBMPTN

5. Pendaftaran Pascasarjana UNIMAL

Bagi yang ingin melanjutkan pendidikan untuk jenjang Pascasarjana, maka anda dapat melakukan pendaftaran mengikuti jalur seleksi yang dibuka di UNIMAL. Dan untuk informasi lebih jelasnya dapat dilihat di http://pmb.unimal.ac.id/

Sekian informasi yang dapat admin berikan mengenai pendaftaran UNIMAL 2024/2025, semoga informasi yang admin berikan ini dapat memberikan panduan kepada anda dalam proses pendaftaran nantinya. Terimakasih sudah membaca artikel ini dan semoga anda lulus.