Pendaftaran UIN Malang 2024/2025

PMB UIN Malang 2024, Pendaftaran Mahasiswa Baru UIN Malang , Pendaftaran UIN Malang Online, Pendaftaran Online UIN Malang, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UIN Malang, Panduan Pendaftaran UIN Malang Jalur SNMPTN, SBMPTN, SPAN-PTKIN, UM-PTKIN, Jalur Mandiri, PPs UIN Malang, Universitas Islam Negeri Malang. 

Pada kesempatan yang sangat baik ini, admin akan membagi informasi tentang Pendaftaran UIN Malang 2024/2025 Informasi yang admin berikan ini bertujuan untuk memberikan panduan dalam pendaftaran nantinya, berikut adalah pembahasannya.

http://www.infopmb.web.id/

Sedikit mengenai sejarah UIN Malang 

UIN Malang atau juga disebut Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang adalah Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri yang berada di kota Malang tepatnya di Jl. Gajayana No. 50, Malang 65144, Indonesia.

UIN Malang telah didirikan berdasarkan Surat Keputusan Presiden No. 50 tanggal 21 Juni 2004. Moto dari Universitas Islam Negeri Malang (UIN-Malang) adalah Bilingual University, Menciptakan Professional Yang Ulama' dan Ulama' yang Professional.

Untuk memasuki bangku kuliah di UIN Malang, sebaiknya harus mencari tahu fakultas dan jurusan apa yang anda akan pilih nantinya di UIN Malang. baiklah ini dia fakultas dan prodi di UIN Malang. 


Dari beberapa jurusan dan program studi yang ada di UIN Malang, mungkin bisa sedikit menginspirasi anda terutama yang memiliki niat untuk kuliah di UIN Malang.


Jalur-jalur penerimaan mahasiswa baru yang dibuka oleh UIN Malang tediri dari jalur seleksi nasional dan jalur seleksi mandiri. Berikut informasi selengkapnya.

A. Penerimaan Mahasiswa Baru UIN Malang Jalur Nasional



Jalur nasional adalah jalur seleksi yang diselenggarakan oleh Pemerintah untuk menyeleksi calon mahasiswa baru. Ada banyak jalur nasional yang diikuti oleh UIN Malang yaitu jalur SNMPTN, SBMPTN, SPAN-PTKIN, UM-PTKIN, dan Bidikmisi. Berikut informasinya.



1. Pendaftaran SNMPTN

SNMPTN disebut jalur undangan karena hanya siswa-siswi yang mendapat undangan yang bisa mendaftarkan diri untuk mengikuti SNMPTN. Tentunya yang mendapatkan undangan adalah siswa -siswi yang memiliki prestasi yang unggul di Sekolahnya dan secara konsisten menunjukkan pretasinya tersebut.

Persyaratan SNMPTN untuk Sekolah
  • SMA/SMK/MA/MAK Negeri ataupun Swasta, termasuk sekolah RI di luar negeri yang mempunyai NPSN.
  • Telah mengisi PDSS dengan lengkap dan benar. 
Persyaratan SNMPTN untuk Siswa

Calon peserta SNMPTN adalah Siswa SMA/MA/MAK yang akan lulus dari satuan pendidikan yang diikutinya pada tahun ini yang :
  • Memiliki prestasi unggul yaitu: calon peserta masuk peringkat terbaik di sekolah pada semester tiga, semester empat dan semester lima, dengan ketentuan berdasarkan akreditasi sekolah sebagai berikut:
    • akreditasi A, 75% terbaik di sekolahnya;
    • akreditasi B, 50% terbaik di sekolahnya;
    • akreditasi C, 20% terbaik di sekolahnya;
    • akreditasi lainnya, 10% terbaik di sekolahnya
  • Memiliki NISN dan terdaftar pada PDSS
  • Memiliki nilai rapor semester 1 sampai semester 5 (untuk siswa SMA/MA, SMK tiga tahun) atau nilai rapor semester 1 sampai semester 7 (untuk SMK empat tahun) yang telah diisikan pada PDSS.
  • Memenuhi persyaratan lain yang ditentukan oleh masing-masing PTN
Cara Pengisian PDSS oleh Kepala Sekolah pada SNMPTN 
  • Buka website resmi pengisian data PDSS, yaitu pdss.snmptn.ac.id
  • Kepala sekolah atau yang mewakilinya melakukan pengisian data diri siswa pada PDSS.
  • Kemudian akan mendapatkan NISN dan Password untuk masing-masing siswa.
  • Kepala sekolah memberikan NISN dan Password kepada masing-masing siswa.
  • Kemudian siswa login ke website SNMPTN menggunakan NISN dan Password tersebut untuk melakukan verifikasi data pendaftaran yang telah diisi sebelumnya oleh kepala sekolah.
  • Jika siswa tidak melakukan verifikasi, maka data tersebut dianggap sudah benar.
  • Selanjutnya siswa melakukan pendaftaran online SNMPTN secara mandiri
Cara Pendaftaran Online SNMPTN Oleh Siswa
  • Buka website resmi pendaftaran online SNMPTN, yaitu web.snmptn.ac.id
  • Siswa pendaftar bisa login ke alamat website tersebut untuk melakukan pendaftaran dengan menggunakan NISN dan Password yang telah diberikan oleh kepala sekolah.
  • Ketika sudah login, siswa pendaftar akan diminta untuk mengisi biodata lengkap, memilih PTN yang diinginkan, dan memilih program studi yang diminati, serta mengunggah pas foto yang sesuai dengan ketentuan.
  • Khusus untuk siswa yang mendaftar pada program studi olahraga dan seni diwajibkan untuk mengupload portofolio dan dokumen bukti keterampilan yang dimiliki yang telah disyahkan oleh kepala sekolah sesuai dengan pedoman yang ada di www.snmptn.ac.id.
  • Setelah semua data terisi lengkap, periksalah kembali data-data anda dan pastikan semuanya benar.
  • Kemudian cetaklah kartu tanda pendaftaran online sebagai tanda bukti peserta SNMPTN 
Untuk informasi lebih jelasnya mengenai Pendaftaran SNPTN anda dapat membacanya di Pendaftaran SNMPTN

2. Pendaftaran SBMPTN

SBMPTN merupakan jalur seleksi ujian tulis (CBT/PBT) yang diperuntukkan bagi calon peserta yang telah lulusan jenjang SMA / sederajat untuk lulusan 3 tahun terakhir termasuk lulusan tahun ini. Untuk pendaftaran dilakukan secara online melalui alamat pendaftaran.sbmptn.ac.id.

Dan untuk pendaftaran SBMPTN mulai dari persyaratan pendaftaran, tata cara pendaftaran, kriteria penerimaan, jadwal pelaksanaan, alur pendaftaran dapat sobat baca di artikel yang berjudul Pendaftaran SBMPTN

3. Pendaftaran SPAN-PTKIN

SPAN-PTKIN merupakan jalur seleksi undangan nasional untuk siswa-siswi berprestasi yang akan lulus sekolah pada tahun ini yang ingin melanjutkan pendidikan ke UIN, IAIN, atau STAIN yang ada di Indonesia.

Calon peserta yang ingin mendaftar terlebih dahulu harus direkomendasikan oleh Kepala Sekolah. Setelah mendapatkan rekomendasi, selanutnya dapat melakukan pendaftaran ke alamat www.span-ptkin.ac.id

Untuk lebih jelas mengenai pendaftaran SPAN-PTKIN mulai dari jadwal pelaksanaan, persyaratan pendaftaran, kriteria penerimaan dan lain sebagainya dapat anda baca pada artikel Pendaftaran SPAN-PTKIN 

4. Pendaftaran UM-PTKIN

UM-PTKIN merupakan jalur seleksi ujian tertulis yang diperuntukkan bagi peserta yang telah lulus SMA / sederajat maksimal lulusan 3 tahun terakhir termasuk lulusan tahun ini yang ingin melanjutkan pendidikan ke UIN, IAIN, atau STAIN di Indonesia. Calon peserta yang ingin mendaftar jalur ini dapat melakukannya sendiri dengan mengakses alamat www.um-ptkin.ac.id.

Baca : Pendaftaran UM-PTKIN

5. Pendaftaran Bidikmisi

Bidikmisi adalah bantuan biaya pendidikan yang diberikan kepada calon mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu dari segi ekonomi.

Proses pendaftaran di awali oleh Kepala Sekolah yang mendaftarkan siswa-siswinya yang memenuhi persyaratan ke alamat Bidikmisi dan memilih fitur sekolah. Setelah didaftarkan peserta akan mendapatkan kode akses pendaftaran untuk mendaftar Bidikmisi dengan memilih fitur siswa. Alamat Pendaftaran Bidikmisi yaitu bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id

Baca : Pendaftaran Bidikmisi

B.  Penerimaan Mahasiswa Baru UIN Malang Jalur Mandiri

Jalur mandiri adalah jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru yang diselenggarakan secara langsung oleh UIN Malang. Jalur ini dibuka untuk menerima mahasiswa jenjang Diploma 3 dan Sarjana.

Jalur ini dapat juga dikatakan sebagai jalur alternatif bagi anda yang mungkin sebelumnya telah mengikuti jalur seleksi nasional namun pada saat pengumuman tidak lulus, maka dapat kembali mendaftarkan diri mengikuti seleksi jalur mandiri ini. Berikut penjelasannya.

1. Pendaftaran Jalur Mandiri Ujian Tertulis UIN Malang

Jalur mandiri ujian tertulis merupakan jalur seleksi masuk ke UIN Malang yang seleksinya dilakukan melalui ujian tertulis. Setiap calon peserta wajib membayar biaya pendaftaran melalui bank yang ditunjuk dan selanjutnya mendaftar secara online.

2. Pendaftaran Jalur Mandiri Prestasi UIN Malang

Jalur mandiri prestasi merupakan jalur seleksi mandiri masuk ke UIN Malang yang seleksinya didasarkan pada prestasi akademik dan/atau non-akademik siswa yang berasal dari SMA / MA / SMK / MAK / Diniyah Ulya (Mu’adalah). Termasuk dalam seleksi melalui jalur ini adalah siswa yang hafal al Quran minimal 10 juz.

Setiap calon peserta wajib membayar biaya pendaftaran melalui bank yang telah ditunjuk dan selanjutnya mendaftar secara online ke alamat pendaftaran.

3. Pendaftaran Jalur Mandiri Mahasiswa Luar Negeri UIN Malang

Jalur ini diperuntukan bagi calon mahasiswa berkewarganegaraan asing yang ingin kuliah di UIN Malang melalui program kerjasama bilateral antara pemerintah Indonesia dan pemerintah negara lain atau melalui program non kerjasama bilateral/

4. Pendaftaran Program Beasiswa Santri Berprestasi UIN Malang

Program Beasiswa Santri Berprestasi merupakan program pemberian bantuan pembiayaan kepada santri berprestasi yang telah lulus dari sekolah jenjang MA, SMA, SMK, Diniyah Ulya (Mu’adalah) atau Pendidikan Kesetaraan C yang diselenggarakan oleh Pondok Pesantren untuk mengikuti program Pendidikan Tinggi di UIN Malang. Seleksi dilaksanakan di Kantor Wilayah Kementerian Agama RI.

5. Pendaftaran Pascasarjana UIN Malang

Selain menerima mahasiswa baru jenjang Diploma atau Sarjana, UIN Malang juga melakukan penerimaan mahasiswa baru jenjang Pascasarjana.

Sekin informasi yang dapat admin sampaikan mengenai Pendaftaran UIN Malang 2024/2025. Semoga informasi yang admin berikan ini bertujuan untuk memberikan panduan kepada anda dalam proses pendaftaran nantinya. terimakasih banyak sudah membaca artikel ini dan semoga sukses.