Pendaftaran POLNEP 2024/2025

Pendaftaran Politeknik Negeri Pontianak (POLNEP) 2024, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Politeknik Negeri Pontianak (POLNEP), SPMB Politeknik Negeri Pontianak (POLNEP), Informasi Pendaftaran Online Politeknik Negeri Pontianak (POLNEP), Jalur Masuk Politeknik Negeri Pontianak (POLNEP), Jalur PMDK Akademik, Jalur SMB / Jalur Ujian Tertulis, Jalur PMDK Bidikmisi, 

Pada kesempatan ini admin akan memberikan informasi untuk anda mengenai Pendaftaran Politeknik Negeri Pontianak (POLNEP) 2024/2025. Informasi yang admin birikan dengan harapan bisa memberikan panduan kepada anda dalam melakukan proses pendaftaran. Simak informasi berikut ini.

http://www.infopmb.web.id/

Sedikit Mengenai POLNEP

Politeknik Negeri Pontianak adalah sebuah perguruan tinggi negeri yang terdapat di Kota Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia. Politeknik Negeri Pontianak (POLNEP) merupakan sistem Pendidikan tinggi jalur profesional yang menekankan penguasaan dan pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi untuk mendukung era industrialisasi

Politeknik Negeri Pontianak berlokasi di Jl. Jenderal Ahmad Yani, Pontianak Tenggara, Kota Pontianak, Kalimantan Barat 78124.

Visi :
  • Pada tahun 2020, Polnep merupakan lembaga pendidikan tinggi vokasi terbaik dan terpercaya pada tingkat nasional dan internasional 
Misi :
  • Menyelenggarakan pendidikan vokasi dan penelitian terapan bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat guna menunjang upaya pembangunan nasional, sesuai dan sepadan dengan kebutuhan masyarakat ;
  • Membina dan mengembangkan profesionalisme yang sehat dan dinamis
  • Mengembangkan dan mendayagunakan ilmu pengetahuan teknologi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan memberdayakan sumber daya Politeknik Negeri Pontianak secara maksimal.
Sebelum anda melakukan pendaftaran di Politeknik Negeri Pontianak (POLNEP), ada baiknya anda dapat mencari informasi mengenai Jurusan dan Program Studi yang akan anda pilih nantinya di Politeknik Negeri Pontianak (POLNEP).

Baca : Jurusan dan Program Studi di POLNEP 
Setelah anda memilih jurusan dan program studi yang ada di Politeknik Negeri Pontianak (POLNEP), mungkin ada salah satu yang anda inginkan. Untuk itu, silahkan daftarkan diri anda menjadi calon mahasiswa baru Politeknik Negeri Pontianak (POLNEP)

Untuk bisa menjadi mahasiswa baru di Politeknik Negeri Pontianak (POLNEP) , tentu anda terlebih dahulu mendaftar menjadi calon mahasiswa dengan mengikuti beberapa jalur seleksi yang dibuka.

Jalur-jalur penerimaan mahasiswa baru yang dibuka di Politeknik Negeri Pontianak (POLNEP) diantaranya adalah  jalur PMDK, jalur UMPN, jalur Bidikmisi, dan jalur Undangan Khusus / Kerja sama

Untuk mengetahui informasi jalur yang ada di Politeknik Negeri Pontianak (POLNEP). Ayo simak informasi berikut ini :

A. Pendaftaran UMPN POLNEP 

UMPN di Politeknik Negeri Pontianak terbagi menjadi UMPN Nasional dan UMPN Mandiri. UMPN Nasional atau yang sering disebut UMPN atau dengan kepanjangan Ujian Masuk Politeknik Negeri merupakan jalur penerimaan mahasiswa baru yang dilakukan secara nasional atau secara bersamaan oleh Politeknik Se-Indonesia.

Syarat pendaftaran  Calon Mahasiswa Reguler :
  • Fotocopy Ijazah & NEM  atau Surat Keterangan Lulus (SKL)  dilegalisir, 1 (satu) lembar.
  • Softcopy / file foto (latar belakang biru/laki-laki, latar belakang merah/perempuan)
  • Berumur maksimal 24 th 
Syarat pendaftaran Calon Mahasiswa non Reguler (Khusus):
  • Surat Rekomendasi dari Pimpinan Instansi atau Perusahaan tempat bekerja.
  • Fotocopy Ijazah & NEM (dilegalisir), 1 (satu) lembar.
  • Softcopy / file foto (latar belakang biru/laki-laki, latar belakang merah/perempuan)
  • Berumur maksimal 45 th 
Kelengkapan berkas setelah lulus:
  • Surat Keterangan Sehat  jasmani dan rohani dari  Dokter (asli).
  • Surat Keterangan Tidak buta warna dari Dokter (asli),  khusus Program Studi Rekayasa.
  • Surat keterangan Bebas Narkoba (asli).
  • Surat Keterangan Catatan Kepolisian /SKCK (asli).
  • Fotocopy Kartu Keluarga, 1 (satu) lembar.
  • Kwitansi Pembayaran Daftar Ulang (Registrasi).
Informai lain yang anda perlukan bisa dibaca pada website resmi Penerimaan Mahasiswa Baru POLNEP yaitu pmb.polnep.ac.id

B. Pendaftaran Jalur Undangan (Kerjasama) POLNEP 

Jalur undangan merupakan jalur penerimaan mahasiswa baru yang diselenggarakan secara mandiri oleh Politeknik Negeri Pontianak (POLNEP).

Syarat pendaftaran:
Dapat dilihat pada undangan yang diberikan.

Kelengkapan berkas setelah lulus:
Dapat dilihat pada undangan yang diberikan.

Jadwal Pelaksanaan
  • Penyampaian Undangan pada 5 Januari s.d 1 Mei
  • Pendaftaran/Penyerahan Berkas pada 5 Januari  s.d 1 Mei
  • Seleksi Berkas dilaksanakan pada 4 s.d 15 Mei
  • Pengumuman Hasil dilaksanakan pada 1 Juni
  • Registrasi ulang pada 8 s.d 12 Juni
C. Pendaftaran Jalur PMDK-PN  POLNEP

PMDK-PN merupakan pola seleksi nasional berdasarkan penjaringan prestasi akademik dengan menggunakan Nilai rapor dan prestasi-prestasi lainnya. Sekolah yang berhak mengikutsertakan siswanya dalam PMDK-PN adalah sekolah yang mempunyai Nomor Pokok Sekolah (NPSN). Siswa pelamar wajib membaca ketentuan yang berlaku pada masing-masing PTN di laman PTN yang dipilih.

Pendaftaran PMDK-PN dapat dilakukan secara on-line melalui alamat website resmi pmdk.politeknik.or.id. Silahkan anda mengakses alamat tersebut dan setelah anda masuk di halaman tersebut, pilih pendaftaran untuk melakukan pengisian data pendaftaran secara lengkap hingga mencatak kartu tanda peserta PMDK-PN  POLIMEDIA.

Dan untuk informasi lebih lengkap seperti tata cara pendaftaran, persyaratan pendaftaran, jadwal pelaksanaan, biaya seleksi, daftar Politeknik Negeri se-Indonesia, dapat anda baca pada artikel yang berjudul Pendaftaran PMDK-PN 

D. Pendaftaran Jalur Bidikmisi POLNEP

BIDIKMISI adalah bantuan biaya pendidikan, berbeda dari beasiswa yang berfokus pada memberikan penghargaan terhadap yang berprestasi, bidikmisi adalah bantuan biaya pendidikan yang mana memberikan fasilitas pada yang tidak mampu untuk dapat memutus mata rantai kemiskinan.

Pendaftaran dimulai dari sekolah yang merekomendasikan siswanya. Selanjutnya siswa melakukan pendaftaran melalui alamat website bidikmisi.dikti.go.id.

Untuk informasi lebih lengkap mengenai jadwal, persyaratan, tata cara, dan lainnya bisa anda baca pada artikel yang berjudul Pendaftaran Bidikmisi
Demikianlah informasi yang bisa admin sampaikan tentang beberapa jalur pendaftaran penerimaan mahasiswa baru di Politeknik Negeri Pontianak (POLNEP) 2024/2025. Semoga informasi yang admin berikan dapat bermanfaat bagi anda. Semoga anda lulus ujian seleksi.