Pendaftaran Universitas Muhammadiyah Surabaya 2024/2025

PMB UM-Surabaya 2024, Pendaftaran Mahasiswa Baru Universitas Muhammadiyah Surabaya 2024,  PMB Universitas Muhammadiyah Surabaya 2024, Pendaftaran UM-Surabaya 2024, Pendaftaran Universitas Muhammadiyah Surabaya, Pendaftaran Mahasiswa Baru Universitas Muhammadiyah Surabaya, Informasi PMB Universitas Muhammadiyah Surabaya 2024, Cara Mendaftar di Universitas Muhammadiyah Surabaya, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

Pada saat ini admin akan membahas mengenai Pendaftaran Universitas Muhammadiyah Surabaya 2024/2025 dengan adanya informasi yang admin berikan ini semoga dapat membantu anda dalam proses pendaftaran anda nantinya. Langsung saja kita simak pembahasan berikut ini.

http://www.infopmb.web.id/

Sekilas mengenai Universitas Muhammadiyah Surabaya

Universitas Muhammadiyah Surabaya pada awalnya adalah terdiri atas beberapa lembaga pendidikan tinggi yang sudah ada. Lembaga-lembaga tersebut adalah Fakultas Ilmu Agama Jurusan Da’wah (FIAD) yang berdiri sejak 15 September 1964, Fakultas Tarbiyah Surabaya berdiri tahun 1975, IKIP Muhammadiyah Surabaya berdiri tahun 1980, Fakultas Syari’ah Surabaya berdiri tahun 1982, dan Institut Teknologi Muhammadiyah Surabaya berdiri tahun 1983.

Alamat: Jl. Raya Sutorejo No.59, Dukuh Sutorejo, Mulyorejo, Kota SBY, Jawa Timur 60113

Bagi anda yang ingin melakukan Pendaftaran Universitas Muhammadiyah Surabaya, ada baiknya anda dapat mencari informasi mengenai Fakultas dan Program Studi yang akan anda pilih nantinya sesuai keinginan anda.


Bagi anda yang sudah memilih Fakultas dan Program Studi di Universitas Muhammadiyah Surabaya sesuai keinginan anda, maka anda dapat melakukan Pendaftaran Universitas Muhammadiyah Surabaya dengan mempersiapkan persyaratan pendaftaran yang telah ditentukan oleh panitia Universitas Muhammadiyah Surabaya yaitu sebagai berikut

Persyaratan Pendaftaran

Melanjutkan ke Program Sarjana (S1)
  • Lulusan SMA/SMU, SMK, MA, atau sederajat.
  • Lulusan D3, Politeknik, Akademi, atau sederajat dari berbagai jurusan.
  • Mahasiswa pindahan, atau lulusan D2, D1, atau lulusan S1 mengambil jurusan berbeda

Cara Melakukan Pendaftaran dan Perlengkapan Pendaftaran
  • Mengisi Formulir Pendaftaran
  • Mengisi "Form Jadwal Pembayaran Angsuran Kredit Biaya Pendidikan"
  • Membayar Biaya pendaftarannya 
  • Untuk Lulusan SMU/SMK/SLTA Sederajat:
    • Menyerahkan Foto Copy Ijazah/STTB yang dilegalisir Asli 2 lembar.
    • Menyerahkan Foto Copy Nilai/NEM/SKHU yang dilegalisir Asli 2 lembar.
    • Surat Keterangan Kerja (Khusus Bagi yang baru lulus sekolah).
  • Untuk Lulusan S1/D3/D2/D1 :
    • Menyerahkan Foto Copy Ijazah dan Transkrip Nilai yang dilegalisir Asli 2 lembar. Untuk Mahasiswa Pindahan:
    • Menyerahkan Foto Copy Ijazah/STTB SLTA yang dilegalisir Asli 2 lembar.
    • Menyerahkan Transkrip Nilai dari Kampus Asal yang dilegalisir Asli 2 lembar.
    • Surat Keterangan Pindah (Dari Kampus Asal).
  • Menyerahkan Pasfoto terakhir ukuran 2 x 3 (5 lembar) 3 x 4 (5 lembar) dan 4 x 6 (2 lembar) - dapat menyusul.
  • Membawa Materai Rp 6.000 (1 buah).
Catatan (Penjelasan) :
  • Untuk Ijazah/STTB/Transkrip Nilai, saat pendaftaran cukup foto copy-annya saja. Nanti setelah melakukan herregistrasi untuk menjadi mahasiswa, barulah melengkapinya dengan dokumen yang sudah dilegalisir.
  • Formulir Pendaftaran dan Form lainnya dapat diperoleh secara GRATIS di Sekretariat P2K / PKK UM Surabaya atau Sekretariat P2K / PKK PTS lain Penyelenggara Resmi P2K / PKK, atau dapat diminta secara GRATIS melalui layanan info 17 jam, atau dapat melalui pendaftaran online di situs/website ini, atau pada situs/website P2K / PKK UM Surabaya.
  • Pendaftaran dibuka SETIAP HARI (termasuk hari Sabtu dan Minggu) : Jam 09.00 - 17.00
  • Pendaftaran dapat langsung di Kampus UM Surabaya (Sekretariat P2K / PKK) atau diwakilkan atau dapat via (melalui) POS, Telp, Fax, atau melalui Internet 

Sistem Seleksi di UM Surabaya

Program Perkuliahan Wiraswasta / Kelas Karyawan / P2K
  • Seleksi/wawancara dan pendaftaran dapat langsung di Kampus UM Surabaya (Sekretariat P2K / PKK), atau dapat melalui (via) telepon, fax, surat (POS), atau internet.
  • Jadwal Seleksi/Wawancara ditentukan sendiri oleh Calon Mahasiswa, atau dapat langsung dilakukan bersamaan pada saat pendaftaran.
  • Tidak diperlukan persiapan khusus untuk mengikuti seleksi/wawancara, justru lebih baik jika apa adanya saja.
  • Hasil wawancara langsung diberitahukan ke calon mahasiswa, saat selesai wawancara.
  • Seleksi calon mahasiswa berupa wawancara yang dilakukan sekaligus, yaitu Wawancara Akademik, Wawancara Finansial/Keuangan, serta Wawancara Adminsitrasi dan Marketing.
    • Wawancara Akademik, untuk mengetahui perlu/tidaknya diberikan tambahan pengetahuan dasar, sehingga nantinya mampu menyelesaikan studi tepat pada waktunya. Jadi calon mahasiswa tidak perlu mempersiapkan diri secara khusus untuk wawancara akademik tersebut (justru lebih baik apa adanya saja).
    • Wawancara Finansial, untuk mengetahui kemampuan finansial calon mahasiswa, apakah nantinya dalam membayar biaya pendidikan perlu diberikan kredit tanpa bunga sehingga dapat mengangsur sesuai kemampuannya atau harus langsung membayar lunas.
    • Wawancara Administrasi & Marketing, untuk mengetahui kemampuan melengkapi dokumen lainnya, kegiatannya selama ini serta rencana yang akan datang, waktu luangnya, minat melanjutkan studi di UM Surabaya, kemampuannya menjaga citra UM Surabaya, dan sebagainya.
Beasiswa Pendidikan


Beasiswa ini hanya diperuntukkan bagi masyarakat yang kemampuan finansialnya benar-benar terbatas dan tidak mencukupi untuk membayar/mengangsur biaya pendidikan, sedangkan yang bersangkutan sangat ingin (memiliki motivasi tinggi) untuk melanjutkan/meningkatkan pendidikannya.

Pemilihan Program Studi dam PTS yang dituju, ditentukan oleh KPT dengan mempertimbangkan :
  • Ketersediaan jumlah beasiswa pada program studi maupun pada PTS terkait
  • Urutan prioritas program studi yang dipilih calon mahasiswa penerima beasiswa terkait
  • Urutan prioritas PTS yang diinginkan atau diminati oleh calon terkait (bila terdapat lebih dari satu PTS di daerah tsb.)
  • Lokasi tempat tinggal calon terkait (jauh/dekatnya dengan lokasi kampus).

Tata Cara Pengajuan Beasiswa
  • Mengisi Formulir Permohonan Beasiswa 
  • Membuat (menulis) Form Data Tambahan Pengajuan/Permintaan Beasiswa dengan JUJUR (Form tersebut ada di bawah ini).
  • Menyerahkan :

    • Foto copy KTP (atau kartu identitas lain)
    • Foto copy Kartu Keluarga atau dokumen sejenis
    • Untuk Lulusan SMU/SMK/sederajat : 1 lembar copy ijazah
    • Untuk Lulusan D3, S1, dsb :1 lembar copy Transkrip Nilai dan 1 lembar copy Ijazah
    • Daftar Riwayat Hidup (CV)
  • Menyerahkan berkas/dokumen 1, 2, 3 tersebut ke Sekretariat P2K di salah satu PTS terkait, dengan salah satu cara berikut ini
    • diserahkan langsung ke Sekretariat P2K PTS tersebut, atau
    • di Fax ke layanan info 17 Jam, atau
    • dikirimkan via email ke humas@pts-ptn.net, atau
    • dikirimkan via POS, ditujukan kepada :

Kabag. Penertiban Pembayaran
(a.n. Panitia Perekomendasi Beasiswa)
Sekretariat P2K (Program Perkuliahan Karyawan)
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . (Nama PTS-nya)
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . (Alamat PTS-nya)

Bagi anda yang kurang jelas mengenai Pendaftaran Universitas Muhammadiyah Surabaya, anda dapat mencari informasi lebih jelasnya dengan mengakses alamat website resmi http://p2k.um-surabaya.ac.id/

Sekian informasi yang dapat admin berikan mengenai Pendaftaran Universitas Muhammadiyah Surabaya 2024/2025, semoga saja informasi yang admin berikan ini semoga dapat membantu anda dalam proses pendftaran anda nantinya. Terimakasih banyak sudah membaca artikel ini dan semoga anda diterima,