Pendaftaran Universitas 19 November (UNS) 2024/2025

PMB USN 2024, Pendaftaran USN 2024, Pendaftaran USN, Pendaftaran Online USN, Pendaftaran USN Online , Pendaftaran Mahasiswa Baru USN, Info Pendaftaran Mahasiswa Baru (USN), Cara Pendaftaran Online USN, Pendaftaran Mahasiswa Baru ( USN ), Universitas Sembilan Belas November (USN) Kolaka.

Pada saat ini admin akan membahas mengenai Pendaftaran USN 2024/2025, dengan adanya informasi yang admin berikan ini semoga saja dapat menjadi panduan pendaftaran untuk anda yang nantinya. Langsung saja kita simak pembahasan berikut ini.


Sekilas mengenai sejarah USN

Universitas 19 November Kolaka, adalah perguruan tinggi negeri di Kabupaten Kolaka yang berdiri pada tahun 1984. Rektor pada tahun 2010 adalah Dr. Azhari, S. STP, M.Si. H. Buhari Matta mengaku tidak salah memilih Dr. Azhari sebagai rektor Universitas Sembilan Belas November (USN) Kolaka.

Sebelum anda melakukan pendaftaran di Universitas 19 November Kolaka, terlebih dahulu anda harus mengetahui informasi mengenai Fakultas dan Program Studi yang nantinya akan anda pilih sesuai keinginan dan minat anda.


Setelah anda memilih Fakultas dan Program Studi yang anda inginkan, ada baiknya anda harus mengetahui jalur-jalur seleksi penerimaan mahasisiwa baru yang diselenggarakan oleh panitian UNS yaitu sebagai berikut,

1. Pendaftaran Jalur SNMPTN USN

SNMPTN merupakan jalur seleksi untuk menjaring calon mahasiswa yang berprestasi akademik tinggi di sekolah dengan melihat nilai raport dan prestasi lainnya. Untuk anda yang ingin melakukan pendaftaran SNMPTN. Bagi anda yang ingin melakukan pendaftaran Jalur SNMPTN, anda dapat mengakses situs resmi SNMPTN yaitu web.snmptn.ac.id.

Untuk anda yang ingin mengetahui informasi lebih jelas mengenai Jalur SNMPTN mulai dari persyaratan pendaftaran, tata cara pelaksanaan, jadwal pelaksanaan, dapat anda membacanya di Pendaftaran SNMPTN

2. Pendaftaran Jalur SBMPTN USN

SBMPTN merupakan jalur seleksi nasional untuk menjaring calon mahasiswa baru yang seleksinya dilakukan melalui ujian tertulis yang diikuti oleh semua peserta dan untuk peserta yang memilih program studi seni atau olahraga harus mengikuti ujian tambahan berupa ujian keterampilan.

Cara Pendaftaran SBMPTN
  • Calon peserta dapat mengakses alamat website yaitu pendaftaran.sbmptn.or.id
  • Lakukan pengisian data tahap awal pada alamat web tersebut.
  • Setelah selesai, cetak bukti pendaftaran tahap awal
  • Lakukan pembayaran biaya pendaftaran SBMPTN di Bank BNI atau Bank Mandiri
  • Setelah membayar akan mendapatkan KAP dan PIN
  • Gunakan KAP dan PIN tersebut untuk login kembali ke alamat pendaftaran.sbmptn.or.id
  • Isilah data diri anda secara lengkap dan benar seperti memilih PTN, program studi, dan lain-sebagainya seperti yang tertera pada formulir pendaftaran tersebut.
  • Jangan lupa untuk memeriksa kembali kebenaran data pendaftaran anda
  • Jika telah selesai dan yakin, akhiri pendaftaran dengan mencetaklah tanda bukti pendaftaran
  • Tanda bukti pendaftaran berupa kartu tanda peserta SBMPTN
  • Bawalah kartu tanda peserta SBMPTN pada saat ujian seleksi berlangsung.
  • Bawa juga perlengkapan lainnya seperti pensil 2B, penghapus, papan alas ujian, dan pena.
Untuk anda yang belum jalas mengenai Jalur SBMPTN ini, seperti persyaratan pendaftaran, tata cara paendaftaran, dapat anda membacanya di Pendaftaran SBMPTN.

3. Pendaftaran Jalur Bidikmisi di USN

Bidikmisi merupakan bantuan biaya pendidikan untuk calon mahasiswa baru yang ingin melanjutkan kuliah, tetapi tidak mempunyai biaya. Maka dari itu, anda dapat mengikuti jalur bidikkmisi ini. Bagi anda yang  ingin melakukan pendaftaran bidikmisi, anda dapat mengakses alamat website resminya yaitu bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id.

Untuk anda yang ingin lebih jelas mengenai Jalur Bidikmisi mulai dari tata cara pendaftaran, jadwal pelaksanaan, persyaratan, prosedur, Kriteria Pendaftaran dan lain-lain dapat anda membacanya di Pendaftaran Bidikmisi

4. Pendaftaran Jalur Mandiri USN

Pada saat ini USN membuka penerimaan mahasiswa baru melalui jalur mandiri. Bagi Calon Mahasiswa Baru yang tidak dinyatakan lulus dengan mengikuti seleksi sebelumnya, maka jalur mandiri ini lah yang harus anda manfaatkan. Untuk informasi lebih lengkap dapat anda akses website resmi http://www.usn.ac.id/

Bagi anda yang ingin mengetahui informasi mengenai jalur-jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru, anda dapat membaca informasinya di alamat situs resmi UNS yaitu http://www.usn.ac.id/

Sekian informasi yang dapat admin berikan mengenai Pendaftaran USN 2024/2025, dengan adanya informasi yang admin berikan ini semoga dapat menjadi panduan pendaftaran untuk anda yang akan melakukan pendaftaran nantinya. Terimakasih sudah membaca artikel ini dan semoga anda diterima.