Pendaftaran Universitas Negeri Jakarta (UNJ) 2024/2025

Pendaftaran UNJ 2024, PMB UNJ, Pendaftaran Online UNJ, Syarat Pendaftaran UNJ, Penerimaan Mahasiswa Baru di UNJ, Cara Pendaftaran Online UNJ, Universitas Negeri Jakarta (UNJ).

Kali ini admin akan membahas tentang Pendaftaran UNJ 2024/2025, dengan adanya informsi yang admin berikan ini semoga saja dapat membantu anda dalam proses pendaftaran anda nantinya. Langsung saja kita simak pembahasan berikut ini.


Sekilas mengenai sejarah UNJ

Universitas Negeri Jakarta adalah perguruan tinggi negeri yang terdapat di kota Jakarta, Indonesia yang didirikan pada tahun 1964.

Sebelum anda melakukan pendaftaran di UNJ, ada baiknya anda harus mengetahui informasi mengenai Fakultas dan Program studi yang akan anda pilih nantinya sesuai keinginan anda.


Langsung saja admin akan pembahasan mengenai jalur-jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru yang diselenggarakan oleh panitia UNJ yaitu sebagai berikut.

1. Pendaftaran Jalur SNMPTN UNJ

SNMPTN merupakan jalur seleksi nasional untuk menyeleksi calon mahasiswa baru yang ingin melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi Negeri yang seleksinya didasarkan pada hasil prestasi akademik siswa dengan menggunakan nilai rapor. Pendaftaran dilakukan di alamat website web.snmptn.ac.id

Bagi anda yang belum jelas mengenai Jalur SNMPTN mulai dari persyaratan pendaftaran, jadwal pelaksanaan, kriteria PMB, prosedur pelaksanaan, tata cara pendaftaran, dapat anda membacanya pada artikel yang berjudul Pendaftaran SNMPTN 

2. Pendaftaran Jalur SBMPTN UNJ

SBMPTN merupakan jalur seleksi nasional untuk calon mahasiswa baru yang diprediksikan akan mampu menyelesaikan pendidikannya di Perguruan Tinggi Negeri dengan tepat waktu. Pendaftaran dapat dilakukan di situs resmi di pendaftaran.sbmptn.or.id

Bagi anda yang ingin mengetahui informasi tantang SBMPTN mulai dari Persyaratan pendaftaran, tata cara pendaftaran, jadwal pendaftaran, dapat anda membacanya di Pendaftaran SBMPTN 

3. Pendaftaran Jalur Bidikmisi UNJ

Bidikmisi merupakan bantuan biaya pendidikan untuk calon mahasiswa yang termasuk kedalam kategori keluarga kurang mampu dilihat dari segi ekonomi. Sobat dapat melakukan pendaftaran Bidikmisi melalui alamat website bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id

Bagi sobat ingin mengetahui informasi lebih lengkap mengenai tata cara pendaftaran, jadwal, persyaratan pendaftaran, prosedur serta ketentuan lainnya dapat anda baca pada artikel yang berjudul Pendaftaran Bidikmisi

4. Pendatfaran Jalur Mandiri UNJ

Jalur Mandiri merupakan seleksi masuk Universitas Negeri Jakarta yang diselenggarakan secara mandiri oleh Universitas Negeri Jakarta melalui ujian tertulis.

Bagi anda yang ingin menlakukan pendaftaran jalur mandiri di UNJ, ada baiknya anda harus mempersiapkan persyaratan pendaftaran yang diselenggarakan oleh panitia UNJ yaitu sebagai berikut 
  • Membuat akun di situs penmaba.unj.ac.id dengan mengisi form isian Buat Akun Saya. Gunakan alamat e-mail dan no.hp aktif karena akan digunakan.
  • Masuk ke dalam sistem dengan cara login di situs yang sama menggunakan username dan password yang telah di daftarkan sebelumnya.
  • Memilih Jenis Kelompok Ujian dan Program Studi. Anda dapat memilih Kelompok : IPA, IPS, IPC, dan AP. Kemudian Anda memilih program studi sesuai dengan yang anda inginkan. terdapat keterangan berapa total biaya tagihan yang harus Anda bayar. Anda dapat merubah pilihan-pilihan tersebut sampai anda yakin dengan pilihan Anda. Jika anda sudah yakin tekan tombol simpan. Setelah Anda menekan tombol simpan, Anda tidak dapat merubah pilihan, dan masuk ke tahapan selanjutnya.
  • Cetak tagihan. Anda akan diberikan slip tagihan dalam bentuk dokumen pdf. Pada dokumen tersebut, terdapat id tagihan yang dapat anda gunakan untuk melakukan pembayaran melalui Teller BNI, ATM BNI atau Internet Banking BNI di tempat Anda (cara pembayaran harap di lihat pada "Jadwal dan Cara Pembayaran"). Harap diperhatikan, setelah Anda mencetak tagihan, Anda diberi waktu paling lambat 3 hari untuk melakukan pembayaran. Jika Anda tidak melakukan pembayaran, Anda diharuskan melakukan kembali proses pemilihan kelompok ujian.
  • Download dan cetak Slip Pembayaran yang berisi Nomor Pembayaran dan Nominal yang harus dibayarkan untuk digunakan pada saat pembayaran.
  • Keluar dari sistem dengan klik tombol Logout (kanan atas).
  • Membayar biaya pendaftaran sesuai dengan Nominal yang tertera pada Slip Pembayaran di Teller BNI, ATM BNI atau Internet Banking BNI di tempat Anda.
  • Masuk ke dalam sistem, login di situs penmaba.unj.ac.id menggunakan username dan password yang telah didaftarkan sebelumnya.
  • Upload foto untuk dicetak di kartu ujian. Gunakan foto formal berwarna dengan latar belakang warna merah atau biru dengan format .jpg
  • Mencetak kartu Ujian Peserta PENMABA UNJ 
  • Disarankan untuk melakukan survei lokasi dua atau tiga hari sebelum ujian dilaksanakan.
  • Mengikuti seluruh ujian PENMABA UNJ pada tanggal yang telah di tentukan

5. Pendaftaran Pascasarjana UNJ

Untuk anda yang ingin melalanjutkan kuliah ke jenjang pascasarjana, ada baiknya anda harus mengetahui persyaratan yang telah ditentukan oleh panitia UNJ. Maka dari itu, daftarkan diri anda untuk menjadi mahasiswa di UNJ dengan mempersiapkan persyaratan sebagai berikut.

Pendaftaran Calon Mahasiswa S2
  • Memiliki ijazah S1 di bidang pendidikan maupun non-kependidikan dari Perguruan Tinggi Terakreditasi atau Perguruan Tinggi Luar Negeri yang ijazahnya telah diakreditasi oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Depdiknas RI
  • Memiliki Indeks Prestasi minimum 2,75 (2,25 ≤  IPK < 2,75 dapat mengikuti seleksi dengan persyaratan telah bekerja minimal tiga tahun atau mendapatkan rekomendasi dari guru besar yang bidang keahliannya relevan dengan program studi yang dipilih)
  • Lulus seleksi yang ditetapkan oleh Panitia Seleksi Calon Mahasiswa.
  • Lulusan program S1 dari Perguruan Tinggi Negeri yang terakreditasi dengan yudisium cum laude (IPK > 3,50) dapat diterima sebagai mahasiswa S2 tanpa seleksi.


Pendaftaran Calon Mahasiswa S3
  • Memilki ijazah S2 atau setara di bidang pendidikan maupun non-kependidikan dari Perguruan Tinggi Terakreditasi atau Perguruan Tinggi Luar Negeri yang ijazahnya telah diakreditasi oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Depdiknas RI
  • Memiliki Indek Prestasi minimum 3.25 (3,00 ≤  IPK < 3,25 dapat mengikuti seleksi dengan persyaratan telah bekerja minimal tiga tahun atau mendapatkan rekomendasi dari guru besar yang bidang keahliannya relevan dengan program studi yang dipilih)
  • Lulus seleksi yang ditetapkan oleh Panitia Seleksi Calon Mahasiswa.
  • Lulusan program S2 dari Perguruan Tinggi Negeri yang terakreditasi dengan yudisium cum laude (IPK > 3,75) dapat diterima sebagai mahasiswa S3 tanpa seleksi.


Cara Pendaftaran
  • Calon mahasiswa yang berminat dapat mengisi Formulir Pendaftaran (unduh disini) di Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta dan mengirimkan kembali ke TU PPs UNJ atau via email: tu.pps@unj.ac.id
  • Menyerahkan Berkas Persyaratan yang berisi:
    • Formulir Pendaftaran (unduh disini) yang telah diisi lengkap;
    • Pas Photo ukuran 3 x 4 sebanyak 3 lembar,
    • Foto kopi ijazah dan transkrip yang telah dilegalisir oleh Perguruan Tinggi yang mengeluarkan;
    • Bagi lulusan luar negeri foto kopi ijazah yang telah dilegalisir melalui Surat Keputusan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi; dan
    • Bagi yang mendaftar lewat email harap Berkas Persyaratan diserahkan paling lambat tiga hari sebelum ujian seleksi dilaksanakan.

Sekian informasi yang dapat admin berikan mengenai Pendaftaran UNJ 2024/2025, semoga informasi yang admin berikan ini dapat bermanfaat untuk anda yang akan melakukan pendaftaran anda nantinya. Terimakasih sudah membaca artikel ini dan semoga anda diterima.