Pendaftaran Universitas Negeri Malang (UM) 2024/2025

PMB UM 2024, Pendaftaran UM 2024, Pendaftaran Online UM, Pendaftaran UM, Cara Masuk UM, Syarat Pendaftaran UM, Pendaftaran Universitas Negeri Malang 2024, Universitas Negeri Malang (UM).

Kali ini admin akan membahas mengenai Pendaftaran UM 2024/2025, dengan adanya informasi yang admin berikan ini semoga saja dapat menjadi panduan pendatfaran untuk anda yang nantinya akan melakukan pendaftaran. Langsung saja kita simak pembahasan berikut ini.


Sekilas mengenai sejarah UM

Universitas Negeri Malang (UM) merupakan perguruan tinggi negeri yang terletak di Malang dan Blitar, Jawa Timur, Indonesia. Universitas yang didirikan pada tanggal 18 Oktober 1954 ini sebelumnya bernama PTPG Malang, lalu IKIP Malang yang membuatnya menjadi salah satu IKIP tertua di Indonesia. Rektor UM saat ini dijabat oleh Prof. Dr. H. Ah. Rofiuddin, M.Pd.

Sebelum anda melakukan pendaftaran di UM, ada baiknya anda mencari tahu mengenai Fakultas dan Program Studi yang akan anda pilih nantinya sesuai keinginan anda.


Setelah anda memilih fakultas dan program studi yang sesuai keinginan anda, ada baiknya anda melakukan pendaftaran melalui jalur-jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru yang diselenggarakan oleh kampus UM yaitu sebagai berikut.

1. Pendaftaran Jalur SNMPTN UM

SNMPTN ini adalah jalur seleksi untuk menjaring calon mahasiswa yang berprestasi akademik tinggi di sekolah dengan melihat nilai raport dan prestasi lainnya. Untuk anda yang ingin melakukan pendaftaran SNMPTN, anda dapat mengakses situs resmi SNMPTN yaitu web.snmptn.ac.id.

Tata Cara Pengisian data di PDSS oleh Kepala Sekolah
  • Kepala sekolah membuka situs pengisian data SNMPTN, yaitu pdss.snmptn.ac.id
  • Kepala sekolah melakukan pengisian biodata siswa peserta SNMPTN pada PDSS tersebut.
  • Kemudian kepala sekolah akan mendapatkan NISN dan Password untuk masing-masing siswa.
  • Masing-masing siswa peserta SNMPTN akan diberi NISN dan Password oleh kepala sekolah
  • Siswa peserta SNMPTN melakukan verifikasi terhadap data yang telah diisikan oleh kepala sekolah
  • Jika siswa peserta SNMPTN tidak melakukan verifikasi, maka data tersebut dianggap sudah benar
  • Selanjutnya siswa peserta SNMPTN melakukan pendaftaran SNMPTN.

Tata Cara Pendaftaran SNMPTN Oleh Peserta SNMPTN
  • Siswa peserta SNMPTN dapat mengakses alamat website yaitu web.snmptn.ac.id
  • Kemudian mengisi biodata dengan lengkap dan benar, memilih PTN dan pilihan program studi, serta mengunggah (upload) pas foto resmi terbaru dan dokumen prestasi pendukung (jika ada).
  • Siswa peserta SNMPTN yang memilih program studi keolahragaan dan seni diwajibkan mengunggah portofolio dan dokumen bukti keterampilan yang telah disahkan oleh Kepala Sekolah menggunakan pedoman yang dapat diunduh pada laman www.snmptn.ac.id.
  • Jika formulir pendaftaran SNMPTN telah diisi, cetaklah kartu bukti pendaftaran sebagai tanda bukti peserta SNMPTN.
Bagi anda yang ingin mengetahui informasi lebih jelas mengenai Jalur SNMPTN mulai dari persyaratan pendaftaran, tata cara pelaksanaan, jadwal pelaksanaan, dapat anda membacanya di Pendaftaran SNMPTN

2. Pendaftaran Jalur SBMPTN UM

SBMPTN adalah jalur seleksi nasional untuk menjaring calon mahasiswa baru yang seleksinya dilakukan melalui ujian tertulis yang diikuti oleh semua peserta dan untuk peserta yang memilih program studi seni atau olahraga harus mengikuti ujian tambahan berupa ujian keterampilan.

Cara Pendaftaran SBMPTN
  • Silahkan buka alamat pendaftaran SBMPTN tahap awal di alamat pendaftaran.sbmptn.or.id
  • Lakukan pengisian data tahap awal pada alamat web tersebut.
  • Setelah selesai, cetak bukti pendaftaran tahap awal
  • Lakukan pembayaran biaya pendaftaran SBMPTN di Bank BNI atau Bank Mandiri
  • Setelah membayar akan mendapatkan KAP dan PIN
  • Gunakan KAP dan PIN tersebut untuk login kembali ke alamat pendaftaran.sbmptn.or.id
  • Isilah data diri anda secara lengkap dan benar seperti memilih PTN, program studi, dan lain-sebagainya seperti yang tertera pada formulir pendaftaran tersebut.
  • Jangan lupa untuk memeriksa kembali kebenaran data pendaftaran anda
  • Jika telah selesai dan yakin, akhiri pendaftaran dengan mencetaklah tanda bukti pendaftaran
  • Tanda bukti pendaftaran berupa kartu tanda peserta SBMPTN
  • Bawalah kartu tanda peserta SBMPTN pada saat ujian seleksi berlangsung.
  • Bawa juga perlengkapan lainnya seperti pensil 2B, penghapus, papan alas ujian, dan pena.
Untuk informasi lebih lengkap mengenai SBMPTN seperti persyaratan pendaftaran, tata cara paendaftaran, dapat anda membacanya di Pendaftaran SBMPTN.

3. Pendaftaran Jalur Bidikmisi di UM

Bidikmisi merupakan bantuan biaya pendidikan untuk calon mahasiswa yang termasuk kedalam kategori keluarga kurang mampu dilihat dari segi ekonomi. Bagi anda yang  ingin melakukan pendaftaran bidikmisi, dapat anda mengakses bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id.

Bagi anda yang ingin mengetahui lebih jelas mengenai Jalur Bidikmisi mulai dari tata cara pendaftaran, jadwal pelaksanaan, persyaratan, prosedur, Kriteria Pendaftaran dan lain-lain dapat anda membacanya di Pendaftaran Bidikmisi

4. Pendatfaran Pascasarjana UM

Bagi anda yang ingin melanjutkan kuliah di UM untuk jenjang Pascasarjana, terlebih dahulu anda harus mengetahui informasi mengenai persyaratan pendaftaran yang dapat anda persiapkan pada saat melakukan pendaftaran nantinya. Untuk informasi lebih jelas dapat anda membacanya di alamat website resmi yaitu http://www.um.ac.id//

5. Pendaftaran Jalur Mandiri UM

Bagi anda yang telah mengikuti jalur seleksi sperti SNMPTN atau SBMPTN, tetapi dinyatakan tidak lulus pada saat pengumuman. Maka dari itu, anda dapat mengikuti jalur mandiri ini. Untuk informasi lebih jelas mnegenai jalur mandiri ini, anda dapat membaca informasinya di alamat website resmi UM.

Demiakian informasi yang dapat admin berikan mengenai Pendaftaran UM 2024/2025 semoga informasi yang admin berikan ini semoga saja dapat menjadi panduan pendaftaran untuk anda yang mau melakukan pendatfaran nantinya. Terimakasih sudah membaca artikel ini dan semoga anda diterima.