Pendaftaran Universitas Brawijaya (UB) 2024/2025

Pendaftaran UB 2024, PMB UB 2024, Pendaftaran Online UB, Cara Pendaftaran Online UB, Pendaftaran UNIBRAW/UB, Penerimaan Mahasiswa Baru di UB, Syarat Masuk Universitas Brawijaya, Universitas Brawijaya (UB)

Pada kesempatan yang sangat baik ini admin akan memberikan informasi mengenai Pendaftaran UB 2024/2025 dengan adanya informasi yang admin berikan ini semoga saja dapat membantu anda dalam proses pendaftaran anda nantinya. Langsung saja kita simak pembahasan berikut ini.

Sekilas mengenai UB

Universitas Brawijaya (UB) merupakan lembaga pendidikan tinggi negeri di Indonesia yang berdiri pada tahun 1963 di Kota Malang melalui Ketetapan Menteri Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan No. 1 tanggal 5 Januari 1963, kemudian disahkan oleh Keputusan Presiden no. 196 tahun 1963 yang kemudian tanggal 5 Januari ditetapkan sebagai hari lahir Universitas Brawijaya.

Sebelum anda melakukan pendaftaran di UB, ada baiknya anda harus mengetahui informasi mengenai Fakultas dan Program Studi yang akan anda pilih nantinya sesuai keinginan anda.


Langsung saja admin akan membahas mengenai jalur-jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru yang diselenggarakan oleh panitia UB yaitu sebagai berikut

1. Pendaftaran Jalur SNMPTN UB

SNMPTN merupakan jalur seleksi nasional untuk menyeleksi calon mahasiswa baru yang ingin melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi Negeri yang seleksinya didasarkan pada hasil penelusuran prestasi akademik siswa dengan menggunakan nilai rapor siswa

Persyaratan Pendaftaran SNMPTN untuk Sekolah

  • SMA/SMK/MA/MAK negeri maupun swasta, termasuk sekolah RI di luar negeri yang mempunyai NPSN.
  • Telah mengisi PDSS dengan lengkap dan benar.

Persyaratan Pendaftaran SNMPTN untuk Siswa

  • Siswa SMA/MA/SMK yang akan lulus dari satuan pendidikan pada tahun ini
  • Siswa yang memiliki prestasi unggul yaitu: calon peserta masuk peringkat terbaik di sekolah pada semester tiga, semester empat dan semester lima, dengan ketentuan berdasarkan akreditasi sekolah sebagai berikut:
    • akreditasi A, 75% terbaik di sekolahnya
    • akreditasi B, 50% terbaik di sekolahnya
    • akreditasi C, 20% terbaik di sekolahnya
    • akreditasi lainnya, 10% terbaik di sekolahnya.
  • Siswa memiliki NISN dan terdaftar pada PDSS
  • Siswa memiliki nilai rapor mulai dari semester 1 sampai dengan semester 5 (bagi siswa SMA/MA, SMK tiga tahun) atau nilai rapor semester 1 sampai semester 7 (bagi SMK empat tahun) yang telah diisikan pada PDSS
  • Memenuhi persyaratan lain yang ditentukan oleh masing-masing PTN
Untuk anda yang ingin mengetahui informasi mengenai jalur SNMPTN seperti persyaratan pendaftaran, tata cara pelaksanaan, jadwal pelaksanaan, dapat anda membacanya di Pendaftaran SNMPTN

2. Pendaftaran Jalur SBMPTN UB

SBMPTN atau dengan kepanjangan yaitu Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri adalah salah satu jalur penerimaan mahasiswa baru yang diadakan secara nasional untuk menjaring calon mahasiswa yang ingin masuk ke Perguruan Tinggi Negeri.

Persyaratan Pendaftaran SBMPTN

  • Lulusan SMA/MA/SMK/MAK untuk lulusan 3 tahun terakhir.
  • Bagi peserta lulusan sekolah  tahun 2015 dan 2016  harus sudah memiliki ijazah.
  • Bagi peserta lulusan sekolah tahun 2017 telah memiliki Surat Keterangan Lulus Pendidikan Menengah, sekurang-kurangnya memuat informasi jati diri dan foto terbaru yang bersangkutan serta dibubuhi cap yang sah.
  • Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di program studinya.

Untuk anda yang ingin mengetahui informasi lebih jelas tentang jalur SBMPTN mulai dari persyaratan pendataran, tata cara pelaksanaan, jadwal pelaksanaan dapat anda membacanya di Pendaftaran SBMPTN

3. Pendaftaran Jalur Seleksi Mandiri UB

Seleksi Mandiri merupakan seleksi masuk Universitas Brawijaya yang diselenggarakan secara mandiri oleh Universitas Brawijaya melalui ujian tertulis. Informasi lebih lanjut mengenai seleksi mandiri Universitas Brawijaya, anda dapat membaca informasinya di website resmi UB.


4. Pendaftaran Pascasarjana UB

Program Pascasarjana UB terdiri dari Program Magister dan Doktor untuk berbagai bidang ilmu, baik ilmu eksakta maupun non-eksakta. Khususnya untuk bidang ilmu non-eksakta diantaranya terdiri dari Program Magister dan Program Doktor: Ilmu Hukum, Ilmu Ekonomi, dan Ilmu Administrasi. 

Universitas Brawijaya sebagai penanggungjawab pengelolaan program-program studi tersebut merupakan institusi pendidikan tinggi yang telah terakreditasi oleh BAN PT dengan Peringkat Akreditasi A (Sangat Baik).

Tahapan

  • Membayar biaya pendaftaran sesuai program studi melalui Bank yang bekerjasama dengan UB (Mandiri, BNI, BRI, BTN (Teller)). Kemudian mendapatkan bukti pembayaran pendaftaran yang didalamnya terdapat PIN dan nomor pendaftaran.
  • Melakukan pendaftaran secara online dengan melengkapi data-data yang diperlukan melalui link pendaftaran online pada detail pengumuman seleksi program pascasarjana, dengan memasukkan PIN dan nomor pendaftaran.
  • Mengikuti proses seleksi (TOEFL, TPA, wawancara sesuai pengumuman dari fakultas/prodi terkait).
  • Pengumuman peserta yang lolos seleksi dapat dilihat di website SELMA sesuai jadwal.
  • Calon yang lolos seleksi melakukan proses daftar ulang sesuai pengumuman pada website SELMA.
5. Pendaftaran Jalur Pendidikan Profesi UB

Pendidikan Profesi adalah pendidikan yang ditempuh setelah menyelesaikan program akademik sarjana untuk menyiapkan peserta didik dengan kemampuan untuk profesi khusus sesuai dengan bidang akademik terkait. 

Universitas Brawijaya memiliki beberapa Program Pendidikan Profesi yang tersebar di beberapa fakultas dengan standar kompetensi agar peserta didik dapat lebih menguasai landasan keilmuan dan keterampilan keahlian profesional yang relevan dengan bidang ilmu yang diperoleh pada program sarjana.

6. Pendaftaran Jalur International Student Admissions UB

International Student Admissions merupakan seleksi penerimaan mahasiswa baru untuk calon mahasiswa dari luar negeri yang ingin kuliah di UB.

Bagi anda yang ingin mengikuti jalur ini, anda harus mempersiapkan persyaratan yang yang telah ditentukan oleh panitia UB yaitu sebagai berikut 

Under-graduate Program Admission :

  • Admission to under-graduate program requires a good academic performance in high school or college.
  • For international under-graduate program applicant should demonstrate English language proficiency  minimum International TOEFL score of 500 / IELTS overall score of 5.5


Post-graduate Program Admission :

  • Admission to Master program requires a good Honour at Bachelor’s degree or equivalent and in the subject or related discipline.
  • For Doctoral program, candidate must display an excellent record and capability in conducting academic research. UB is fully committed to the scientific advancement. Applicant for Doctoral program holding international publication are preferred.
  • Documents that should be Prepared for the Online Registration:

Please prepare the following documents before performing online registration.

  • Current color photograph, close up, with red background.
  • Copy of English proficiency test certificate (TOEF/others).
  • Copy of passport
  • Proof of Application fee payment (see table below)
7. Pendaftaran Jalur SPKPD UB

SPKPD adalah seleksi penerimaan mahasiswa baru Universitas Brawijaya (UB) yang diperuntukkan bagi penyandang disabilitas. Panitia SPKPD akan melakukan rangkaian seleksi terhadap calon mahasiswa penyandang disabilitas yang memiliki kapabilitas sesuai dengan Jurusan yang dipilih.

Prosedur Pendaftaran :

  • Mengunduh (download) formulir pendaftaran di di website psld.ub.ac.id.
  • Mengisi formulir pendaftaran dan mengirimkan formulir pendaftaran ke email: penerimaan.psldub@gmail.com atau psldbrawijaya@ub.ac.id
  • Peserta yang lolos seleksi administrasi, membayar biaya pendaftaran 
  • Keputusan yang dibuat oleh panitian SPKPD tidak dapat diganggu gugat.

Persyaratan Umum :

  • Peserta SPKPD adalah Warga Negara Indonesia (WNI) dan penyandang disabilitas
  • Calon mahasiswa mampu melakukan imbulasi atau mobilitas dengan atau tanpa alat bantu
  • Lulus dari Satuan Pendidikan dan Ujian Nasional SMA/MA/SMK/SMALB pada 3 tahun terakhir
8. Pendaftaran Jalur Program Vokasi UB

Penerimaan mahasiswa Program Vokasi adalah seleksi bagi calon mahasiswa untuk Program Vokasi (Diploma). Informasi lebih lanjut mengenai Penerimaan Mahasiswa Melalui Seleksi Mandiri Pendidikan Vokasi UB dapat anda membacanya di website resmi UB.

9. Pendaftaran Jalur Seleksi Alih Program (SAP) UB

Seleksi Alih Program (SAP) adalah seleksi penerimaan mahasiswa baru Universitas Brawijaya dari Program Diploma 3 (D-3) / Politeknik atau yang sederajat ke Program   S-1 melalui ujian tulis yang dilakukan secara khusus oleh Universitas Brawijaya.

10. Pendaftaran Jalur Bidikmisi UB

BIDIKMISI adalah bantuan biaya pendidikan bagi calon mahasiswa tidak mampu secara ekonomi dan memiliki potensi akademik baik untuk menempuh pendidikan di perguruan tinggi pada program studi unggulan sampai lulus tepat waktu.

Bagi anda yang ingin mengetahui informasi mengenai jalur Bidikmisi ini mulai dari persyaratan pendaftaran, tata cara pelaksanaan, jadwal pelaksanaan, dapat anda membacanya di Pendaftaran Bidikmisi

Sekian informasi yang dapat admin berikan mengenai Pendaftaran UB 2024/2025, semoga inforamasi yang admin berikan ini dapat bermanfaat untuk anda yang akan melakukan pendaftaran nantinya. Terimakasih sudah membaca artikel ini dan semoga anda diterima.