Pendaftaran Universitas Trunojoyo Madura (UTM) 2024/2025

PMB UTM 2024, Pendaftaran UTM 2024, Pendaftaran Online UTM, Pendaftaran UTM, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UTM, Cara Masuk UTM, Pendaftaran Mahasiswa Baru (UTRUNOJOYO), Jurusan di Universitas Trunojoyo Madura Universitas Trunojoyo Madura.

Pada saat ini admin akan membahas mengenai Pendaftaran UTM 2024/2025, dengan adanya informasi yang admin berikan ini semoga dapat menjadi panduan pendaftaran untuk anda nantinya. Langsung saja kita simak pembahasan berikut ini.

Sekilas menganai sejarah UTM

Universitas Trunojoyo Madura adalah Perguruan Tinggi Negeri yang terletak di Kabupaten Bangkalan (Madura), Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Universitas Trunojoyo Madura (Unijoyo) menjadi Perguruan Tinggi Negeri berdasarkan Keputusan Presiden tanggal 5 Juli 2001.

Perguruan tinggi ini diresmikan pada tanggal 23 Juli 2001 oleh Presiden Abdurrahman Wahid. Universitas Trunojoyo merupakan Perguruan Tinggi Negeri ke-7 di Jawa Timur. Universitas Trunojoyo Madura juga dikenal dengan sebutan UTM.

Sebelum adna melakukan pendaftaran di Universitas Trunojoyo Madura, ada baiknya anda harus mengetahui informasi mengenai Fakultas dan Program Studi yang akan anda pilih nantinya sesuai keinginan anda.


Setelah anda memilih Fakultas sesuai keinginan anda, Maka dari itu, anda dapat melakukan pendaftaran di UTM dengan mengikuti jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru yamh diselenggarakan oleh panitian UTM yaitu sebagai berikut.

1. Pendaftaran Jalur SNMPTN UTM

SNMPTN merupakan pola seleksi nasional berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik dengan menggunakan rapor semester 1 (satu) sampai dengan semester 5 (lima) bagi SMA/SMK/MA atau sederajat dengan masa belajar 3 (tiga) tahun atau semester 1 (satu) sampai dengan semester 7 (tujuh) bagi SMK dengan masa belajar 4 (empat) tahun, serta portofolio akademik.

Persyaratan Sekolah : 

  • Sekolah yang siswanya berhak mengikuti SNMPTN adalah:
  • SMA/SMK/MA atau sederajat (termasuk SRI di luar negeri) yang mempunyai NPSN dan telah mengisi PDSS dengan lengkap dan benar.
Persyaratan Siswa  : 
  • Memiliki prestasi unggul yaitu calon peserta masuk peringkat terbaik di sekolah, dengan ketentuan berdasarkan akreditasi sekolah sebagai berikut:
    • Akreditasi A, 50% terbaik di sekolahnya
    • Akreditasi B, 30% terbaik di sekolahnya
    • Akreditasi C, 10% terbaik di sekolahnya
    • Belum terakreditasi, 5% terbaik di sekolahnya.
  • Memiliki NISN dan terdaftar pada PDSS,
  • Memiliki nilai rapor semester 1 sampai semester 5 (bagi siswa SMA/SMK/MA atau sederajat tiga tahun) atau nilai rapor semester 1 sampai semester 7 (bagi SMK empat tahun) yang telah diisikan pada PDSS.
  • Memenuhi persyaratan lain yang ditentukan oleh masing-masing PTN (dapat dilihat pada laman PTN bersangkutan
Penerimaan di PTN
  • Lulus satuan pendidikan
  • Lulus SNMPTN 
  • Lulus verifikasi data dan memenuhi persyaratan lain yang ditentukan oleh masing-masing PTN penerima

Bgi anda yang ingin mengetahui informasi mengenai jalur SNMPTN ini mulai dari persyaratan pendaftaran, tata cara pendaftaran, jadwal pelaksanaan dan sebagainya, dapat anda membacanya di Pendaftaran SNMPTN

2. Pendaftaran Jalur SBMPTN UTM

SBMPTN merupakan seleksi yang dilakukan oleh  PTN di lingkungan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti) dan Kementerian Agama secara bersama di bawah koordinasi Panitia Pusat dengan seleksi berdasarkan hasil ujian tertulis dalam bentuk cetak (Paper Based Testing) atau menggunakan komputer (Computer Based Testing), atau kombinasi hasil ujian tertulis dan ujian keterampilan calon mahasiswa

Persyaratan Pendaftaran : 

  • Bagi lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat dan Paket C tahun 2015 dan 2016  harus memiliki ijazah
  • Bagi lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat dan Paket C tahun 2017 telah memiliki Surat Keterangan Lulus Pendidikan Menengah atau Ijasah Paket C. Surat Keterangan Lulus sekurang-kurangnya memuat informasi jati diri dan foto terbaru yang bersangkutan serta dibubuhi cap yang sah.
  • Peserta seleksi memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di program studinya.


Penerimaan :

  • Peserta seleksi lulus pendidikan menengah, lulus SBMPTN sehat, dan memenuhi persyaratan lain yang ditentukan oleh masing-masing PTN penerima.
Untuk anda yang ingin mengetahui informasi mengenai SBMPTN seperti persyaratan pendaftran, tata cara pendaftaran, jadwal pelaksanaan dan lain-lain dapat anda membaca informasinya di Pendaftaran SBMPTN.


3. Pendaftaran Jalur Bidikmisi UTM

Bidikmisi merupakan bantuan biaya pendidikan untuk calon mahasiswa yang termasuk kedalam kategori keluarga kurang mampu dilihat dari segi ekonomi. Bagi anda yang  ingin melakukan pendaftaran bidikmisi, dapat anda mengakses bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id

Bagi anda yang ingin mengetahui lebih jelas mengenai Jalur Bidikmisi mulai dari tata cara pendaftaran, jadwal pelaksanaan, persyaratan, prosedur, Kriteria Pendaftaran dan lain-lain dapat anda membacanya di Pendaftaran Bidikmisi.

4. Pendaftaran Jalur Mandiri UTM

Jalur Mandiri ini merupakan jalur penerimaan mahasiswa baru yang diselenggarakan oleh panitia Universitas Trunojoyo Madura. Untuk anda yang ingin mengikuti jalur mandiri ini, ada baiknya anda harus memenuhi persyaratan yang telah ditentukan oleh panitia Universitas Trunojoyo Madura. Untuk informasi lebih jelas dapat anda membaca di alamat website resmi yaitu http://www.trunojoyo.ac.id/

5. Pendaftaran Pascasarjana UTM

Bagi anda yang ingin melanjutkan kuliah di UTM untuk jenjang pascasarajana, ada baiknya anda harus mengetahui informasi persyaratan pendaftaran yang harus anda persiapkan pada saat melakukan pendaftaran nantinya. Informasi lebih lanjut dapat adna baca di alamat website resmi UTM yaitu http://www.trunojoyo.ac.id/

Sekian informasi yang dapat admin berikan mengenai Pendaftaran UTM 2024/2025, semoga informasi yang admin berikan ini dapat menjadi oanduan pendaftaran untuk anda nantinya. Terimakassih sudah membaca artikel ini dan semoga anda diterima.