Pendaftaran UPN Veteran Yogyakarta (UPNYK) 2024/2025

Pendaftaran UPNYK 2024, PMB UPNYK, Pendaftaran Online UPNYK, Pendaftaran Online UPN Veteran Yogyakarta, Pendaftaran Mahasiswa Baru UPN Veteran Yogyakarta, Penmaru UPNVJ, Pendaftaran UPN Yogyakarta, UPN Veteran Yogyakarta

Pada kesempatan yang sangat baik ini admin akan membahas mengenai Pendaftaran UPNYK 2024/2025, dengan adanya informasi yang admin berikan ini semoga saja dapat membantu anda dalam proses pendaftaran anda nantinya. Langsung saja kita simak pembahasan berikut ini.


Sekilas tentang UPNVK

UPN Veteran Yogyakarta atau Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta atau yang disingat dengan UPNVY atau UPNYK adalah salah satu Universitas Negeri yang terletak di Yogyakarta, Indonesia. Moto yang dimiliki oleh UPN Veteran Yogyakarta adalah Widya Mwat Yasa.

UPN Veteran Yogyakarta telah didirikan sebagai PTS pada 2 Oktober 1958. Pada tanggal 6 Oktober 2014, UPN Veteran Yogyakarta telah resmi berubah statusnya menjadi Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

Untuk anda yang ingin melakukan pendaftaran di UPN Veteran Yogyakarta, ada baiknya anda harus mengetahui informasi mengenai fakultas dan program studi yang akan anda pilih nantinya sesuai keinginan anda.


Langsung saja admin akan membahas mengenai jalur-jalur seleksi yang diselenggarakan oleh panitia 
UPN Veteran Yogyakarta yaitu sebagai berikut.

1. Pendaftaran Jalur SNMPTN UPNYK

SNMPTN merupakan pola seleksi nasional berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik dengan menggunakan rapor semester 1 (satu) sampai dengan semester 5 (lima) bagi SMA/SMK/MA atau sederajat dengan masa belajar 3 (tiga) tahun atau semester 1 (satu) sampai dengan semester 7 (tujuh) bagi SMK dengan masa belajar 4 (empat) tahun, serta portofolio akademik.

Persyaratan Sekolah :
  • Sekolah yang siswanya berhak mengikuti SNMPTN adalah:
  • SMA/SMK/MA atau sederajat (termasuk SRI di luar negeri) yang mempunyai NPSN dan telah mengisi PDSS dengan lengkap dan benar.
Persyaratan Siswa  :
  • Memiliki prestasi unggul yaitu calon peserta masuk peringkat terbaik di sekolah, dengan ketentuan berdasarkan akreditasi sekolah sebagai berikut:
    • Akreditasi A, 50% terbaik di sekolahnya
    • Akreditasi B, 30% terbaik di sekolahnya
    • Akreditasi C, 10% terbaik di sekolahnya
    • Belum terakreditasi, 5% terbaik di sekolahnya.
  • Memiliki NISN dan terdaftar pada PDSS,
  • Memiliki nilai rapor semester 1 sampai semester 5 (bagi siswa SMA/SMK/MA atau sederajat tiga tahun) atau nilai rapor semester 1 sampai semester 7 (bagi SMK empat tahun) yang telah diisikan pada PDSS.
  • Memenuhi persyaratan lain yang ditentukan oleh masing-masing PTN (dapat dilihat pada laman PTN bersangkutan
  • Penerimaan di PTN
  • Lulus satuan pendidikan
  • Lulus SNMPTN
  • Lulus verifikasi data dan memenuhi persyaratan lain yang ditentukan oleh masing-masing PTN penerima
Bagi anda yang ingin mengetahui informasi mengenai jalur SNMPTN ini mulai dari persyaratan pendaftaran, tata cara pendaftaran, jadwal pelaksanaan, dapat anda membacanya di Pendaftaran SNMPTN

2. Pendaftaran Jalur SBMPTN UPNYK

SBMPTN merupakan seleksi yang dilakukan oleh  PTN di lingkungan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti) dan Kementerian Agama secara bersama di bawah koordinasi Panitia Pusat dengan seleksi berdasarkan hasil ujian tertulis dalam bentuk cetak (Paper Based Testing) atau menggunakan komputer (Computer Based Testing), atau kombinasi hasil ujian tertulis dan ujian keterampilan calon mahasiswa

Persyaratan Pendaftaran :
  • Bagi lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat dan Paket C tahun 2015 dan 2016  harus memiliki ijazah
  • Bagi lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat dan Paket C tahun 2017 telah memiliki Surat Keterangan Lulus Pendidikan Menengah atau Ijasah Paket C. Surat Keterangan Lulus sekurang-kurangnya memuat informasi jati diri dan foto terbaru yang bersangkutan serta dibubuhi cap yang sah.
  • Peserta seleksi memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di program studinya.
  • Penerimaan :
  • Peserta seleksi lulus pendidikan menengah, lulus SBMPTN sehat, dan memenuhi persyaratan lain yang ditentukan oleh masing-masing PTN penerima.
Untuk anda yang ingin mengetahui informasi mengenai SBMPTN seperti persyaratan pendaftran, tata cara pendaftaran, jadwal pelaksanaan dan lain-lain dapat anda membaca informasinya di Pendaftaran SBMPTN.

3. Pendaftaran Jalur Bidikmisi UPNYK

Bidikmisi merupakan bantuan biaya pendidikan untuk calon mahasiswa yang termasuk kedalam kategori keluarga kurang mampu dilihat dari segi ekonomi. Bagi anda yang  ingin melakukan pendaftaran bidikmisi, dapat anda mengakses bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id. Kemudian mendaftarakan diri untuk mengikuti SNMPTN, jika tidak lulus bisa mengikuti SBMPTN. Jika dinyatakan lulus melalui jalur SNMPTN atau SBMPTN, maka bidikmisi bisa didapatkan.

Untuk informasi lebih jelas mengenai Jalur Bidikmisi mulai dari tata cara pendaftaran, jadwal pelaksanaan, persyaratan, prosedur, dapat anda membacanya di Pendaftaran Bidikmisi.

4. Pendaftaran Jalur Mandiri UPNYK

Seleksi Mandiri UPN Veteran Yogyakarta adalah seleksi penerimaan mahasiswa baru jenjang D3, S1, S2, S3, dan Profesi yang diselenggarakan secara mandiri oleh Universitas Negeri Semarang dalam bentuk ujian tertulis dan/atau ujian keterampilan seni/olahraga. Pendaftaran dilaksanakan secara bertahap sesuai dengan jalur penerimaan.

5. Pendaftaran Pascasarjana UPNYK

Bagi anda yang ingin melanjutkan kuliah di UPNYK untuk jenjang pascasarjana, ada baiknya anda harus mengetahui inforamsi mengenai persyaratan pendaftaran yang harus anda persiapkan pada saat melakukan pendaftaran. Untuk informasi lebih jelasnya dapat anda membacanya di alamat website resmi UPNYK

Bagi anda yang belum jelas mengenai jalur-jalur seleksi yang di buka oleh panitia UPN Veteran Yogyakarta, anda dapat membaca informasinya di alamat website resmi yaitu http://www.upnyk.ac.id/

Sekian inforamasi yang dapat admin berikan mengenai Pendaftaran UPNYK 2024/2025, dengan adanya inforamsi yang admin berikan ini semoga dapat membantu anda dalam proses pendaftaran anda nantinya. Terimakasih sudah membaca artikel ini dan semoga anda diterima.