Pendaftaran Universitas Airlangga (UNAIR) 2024/2025

PMB UNAIR 2024, Pendaftaran UNAIR 2024, Pendaftaran Online UNAIR, Syarat Pendaftaran UNAIR, Cara melakukan Pendaftaran di UNAIR, Seleksi Penerimaan Mahsiswa Baru di UNAIR, Universitas Airlangga ( UNAIR).

Pada saat ini admin akan membahas mengenai Pendaftaran UNAIR 2024/2025, dengan adanya informasi yang admin berikan ini semoga dapat menjadi panduan pendaftaran untuk anda yang nantinya akan melakukan pendaftaran. Langsung saja kita simak pembahasan berikut ini.


Sekilas mengenai sejarah UNAIR

Universitas Airlangga (UNAIR) adalah sebuah perguruan tinggi negeri yang terletak di Surabaya, Jawa Timur. Universitas ini didirikan tanggal 10 November 1954 bertepatan dengan hari pahlawan yang ke-9. Berdasarkan data 30 September 2015, terdapat 38.047 mahasiswa yang terdaftar di Unair.

Bagi anda yang ingin melanjutkan kuliah di UANIR, ada baiknya anda harus mengetahui informasi mengenai Fakultas dan Program Studi yang akan anda pilih nantinya sesuai keinginan anda.


Langsung saja admin akan membahas mengenai jalur-jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru yang di buka di UNAIR yaitu sebagai berikut .

1. Pendaftaran Jalur SNMPTN UNAIR

SNMPTN merupakan pola seleksi nasional berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik dengan menggunakan rapor semester 1 (satu) sampai dengan semester 5 (lima) bagi SMA/SMK/MA atau sederajat dengan masa belajar 3 (tiga) tahun atau semester 1 (satu) sampai dengan semester 7 (tujuh) bagi SMK dengan masa belajar 4 (empat) tahun, serta portofolio akademik.

Persyaratan Sekolah : 
  • Sekolah yang siswanya berhak mengikuti SNMPTN adalah:
    • SMA/SMK/MA atau sederajat (termasuk SRI di luar negeri) yang mempunyai NPSN dan telah mengisi PDSS dengan lengkap dan benar.
Persyaratan Siswa  : 
  • Memiliki prestasi unggul yaitu calon peserta masuk peringkat terbaik di sekolah, dengan ketentuan berdasarkan akreditasi sekolah sebagai berikut:
    • Akreditasi A, 50% terbaik di sekolahnya
    • Akreditasi B, 30% terbaik di sekolahnya
    • Akreditasi C, 10% terbaik di sekolahnya
    • Belum terakreditasi, 5% terbaik di sekolahnya.
  • Memiliki NISN dan terdaftar pada PDSS,
  • Memiliki nilai rapor semester 1 sampai semester 5 (bagi siswa SMA/SMK/MA atau sederajat tiga tahun) atau nilai rapor semester 1 sampai semester 7 (bagi SMK empat tahun) yang telah diisikan pada PDSS.
  • Memenuhi persyaratan lain yang ditentukan oleh masing-masing PTN (dapat dilihat pada laman PTN bersangkutan
Penerimaan di PTN
  • Lulus satuan pendidikan
  • Lulus SNMPTN 
  • Lulus verifikasi data dan memenuhi persyaratan lain yang ditentukan oleh masing-masing PTN penerima
Bgi anda yang ingin mengetahui informasi mengenai jalur SNMPTN ini mulai dari persyaratan pendaftaran, tata cara pendaftaran, jadwal pelaksanaan dan sebagainya, dapat anda membacanya di Pendaftaran SNMPTN

2. Pendaftaran Jalur SBMPTN UNAIR

SBMPTN merupakan seleksi yang dilakukan oleh  PTN di lingkungan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti) dan Kementerian Agama secara bersama di bawah koordinasi Panitia Pusat dengan seleksi berdasarkan hasil ujian tertulis dalam bentuk cetak (Paper Based Testing) atau menggunakan komputer (Computer Based Testing), atau kombinasi hasil ujian tertulis dan ujian keterampilan calon mahasiswa

Persyaratan Pendaftaran : 
  • Bagi lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat dan Paket C tahun 2015 dan 2016  harus memiliki ijazah
  • Bagi lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat dan Paket C tahun 2017 telah memiliki Surat Keterangan Lulus Pendidikan Menengah atau Ijasah Paket C. Surat Keterangan Lulus sekurang-kurangnya memuat informasi jati diri dan foto terbaru yang bersangkutan serta dibubuhi cap yang sah.
  • Peserta seleksi memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di program studinya.
Penerimaan :
  • Peserta seleksi lulus pendidikan menengah, lulus SBMPTN sehat, dan memenuhi persyaratan lain yang ditentukan oleh masing-masing PTN penerima.
Untuk anda yang ingin mengetahui informasi mengenai SBMPTN seperti persyaratan pendaftran, tata cara pendaftaran, jadwal pelaksanaan dan lain-lain dapat anda membaca informasinya di Pendaftaran SBMPTN.

3. Pendaftaran Jalur Bidikmisi UNAIR

Bidikmisi merupakan bantuan biaya pendidikan untuk calon mahasiswa yang termasuk kedalam kategori keluarga kurang mampu dilihat dari segi ekonomi. Bagi anda yang  ingin melakukan pendaftaran bidikmisi, dapat anda mengakses bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id. Kemudian mendaftarakan diri untuk mengikuti SNMPTN, jika tidak lulus bisa mengikuti SBMPTN. Jika dinyatakan lulus melalui jalur SNMPTN atau SBMPTN, maka bidikmisi bisa didapatkan.

Nah, untuk anda yang ingin mengetahui lebih jelas mengenai Jalur Bidikmisi mulai dari tata cara pendaftaran, jadwal pelaksanaan, persyaratan, prosedur, Kriteria Pendaftaran dan lain-lain dapat anda membacanya di Pendaftaran Bidikmisi.

4. Pendaftaran Jalur Mandiri UNAIR

Jalur Mandiri ini merupakan jalur penerimaan mahasiswa baru yang diselenggarakan oleh panitia UNAIR. Untuk anda yang ingin mengikuti jalur mandiri ini, ada baiknya anda harus memenuhi persyaratan yang telah ditentukan oleh panitia UNAIR yaitu sebagai berikut.
  • Bagi siswa lulusan SMA/MA/SMK/MAK atau yang setara 2 tahun lalu  harus sudah memiliki ijazah.
  • Bagi siswa lulusan SMA/MA/SMK/MAK atau yang setara tahun ini telah memiliki sekurang-kurangnya Kartu UNAS/Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional (SKHUN)/Surat Keterangan Lulus (SKL) Pendidikan Menengah, sekurang-kurangnya memuat informasi jati diri dan foto terbaru yang bersangkutan serta dibubuhi cap yang sah.
  • Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di program studinya.
5. Pendaftaran Jalur Diploma UNAIR

Bagi anda yang ingin mendaftar jalur diploma di UNAIR, ada baiknya anda harus mempersiapkan persyaratan yang telah ditentukan oleh panitia UNAIR yaitu sebagai berikut.

Persyaratan Pendaftaran Diploma-3
  • Warga Negara Indonesia atau Warga Negara Asing
  • Lulusan dari Satuan Pendidikan dan Ujian Nasional SMA/MA/SMK/MAK atau yang setara pada 3 Tahun terakhir
  • Lulusan 2 Tahun lalu telah memiliki Ijazah SMA/MA/SMK/MAK atau yang setara.
  • Lulusan Tahun ini sekurang-kurangnya telah memiliki Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional (SKHUN) dari Kepala Sekolah Yang dilengkapi dengan pas foto terbaru yang bersangkutan dan dibubuhi cap sekolah.
  • Mempunyai tinggi badan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran khusus untuk Program Studi :
    • Fisioterapi
    • Pengobat Tradisional
    • Higiene Perusahaan, Kesehatan dan Keselamatan Kerja.
Persyaratan Penerimaan Diploma-3
  • Lulus Tes tulis.
  • Lulus tes keterampilan (khusus untuk program studi Bahasa Inggris).
  • Memiliki kesehatan fisik dan jiwa yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran dan pekerjaan sesuai kompetensi program studi yang dipilih.
  • Warga Negara Asing yang telah mendapatkan ijin belajar dari Pemerintah Republik Indonesia sesuai dengan kewenangan
  • Bagi Warga Negara Asing wajib memiliki sertifikat Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) dari Pusat Bahasa Universitas Airlangga.
Softcopy / Berkas / Dokumen Online yang harus diupload (Hasil Scan berupa file gambar/Jpeg):
  • Ijazah SMA/MA/SMK/MAK Bagi Lulusan 3 tahun terakhir
  • SKHUN / SKL / Kartu UNAS Bagi Lulusan SMA/MA/SMK/MAK Tahun ini
  • Surat Pernyataan UKA / UKS yang telah diisi dan bermaterai.
  • Kartu Identitas Yang Masih Berlaku (KTP/SIM/PASSPORT).
  • Surat Pernyataan Kebenaran Pengisian Biodata .
  • File pas foto background warna (terbaru)
  • Surat Pernyataan Kesanggupan menyerahkan Ijazah bagi lulusan tahun ini
Persyaratan Pendaftaran Diploma-4
  • Warga Negara Indonesia atau Warga Negara Asing
  • Lulusan dari Satuan Pendidikan dan Ujian Nasional SMA/MA/SMK/MAK atau yang setara pada 3 Tahun terakhir 
  • Lulusan 2 Tahun laku  telah memiliki Ijazah SMA/MA/SMK/MAK atau yang setara.
  • Lulusan Tahun ini sekurang - kurangnya telah memiliki Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional (SKHUN) dari Kepala Sekolah yang dilengkapi dengan pasfoto terbaru yang bersangkutan dan dibubuhi cap sekolah.
  • Mempunyai tinggi badan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran khusus untuk Program Studi :
    • Radiologi.
    • Fisioterapi.
    • Pengobat Tradisional
Persyaratan Penerimaan
  • Lulus tes tulis.
  • Memiliki kesehatan fisik dan jiwa yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran dan pekerjaan sesuai kompetensi program studi yang dipilih.
  • Warga Negara Asing yang telah mendapatkan ijin belajar dari Pemerintah Republik Indonesia sesuai dengan kewenangan
  • Bagi Warga Negara Asing wajib memiliki sertifikat Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) dari Pusat Bahasa Universitas Airlangga
Softcopy / Berkas / Dokumen Online yang harus dipersiapkan (Hasil Scan berupa file gambar/Jpeg):
  • Bagi Lulusan 2 tahun lalu harus mempunyai Ijazah SMA/MA/SMK/MAK .
  • Bagi Lulusan SMA/MA/SMK/MAK tahun ini mempunyai SKHUN / SKL / Kartu UNAS  
  • Surat Pernyataan UKA / UKS Bermaterai.
  • Kartu Identitas Yang Masih Berlaku (KTP/SIM/PASSPORT).
  • Surat Pernyataan Kebenaran Pengisian Biodata .
  • File pas foto background warna (terbaru)
  • Surat Pernyataan Kesanggupan Menyerahkan Ijazah bagi lulusan tahun ini
6. Pendaftaran Program Alih Jenis UNAIR

Seleksi penerimaan mahasiswa baru Program Alih Jenis UNAIR diperuntukkan bagi lulusan Diploma 3 (D3) yang sesuai (Linier) dengan program studi yang ditawarkan.

Persyaratan Pendaftaran Program Alih Jenis
  • Warga Negara Indonesia.
  • Bagi WNA mendapat rekomendasi dari KBRI dari negara asal mahasiswa
  • Lulusan Prodi Diploma 3 yang terakreditasi oleh BAN-PT 
  • Lulusan dari Perguruan Tinggi / Institusi PTN/PTS di Indonesia yang terakreditasi BAN-PT 
  • Menunjukkan bukti kelulusan berupa Ijazah / Surat Keterangan Lulus (SKL) dan Transkip Akademik atas nama yang bersangkutan.
  • Pendaftar yang berstatus PNS atau masih aktif bekerja, harus memperoleh ijin, dengan bukti berupa Surat Persetujuan / ijin Belajar dari Atasan Langsung (pada saat registrasi harus menunjukkan surat ijin tersebut).
Softcopy / Berkas / Dokumen Online yang harus dipersiapkan (Hasil Scan berupa file gambar/Jpeg):
  • Ijazah Asli / SKL Bagi lulusan ini
  • Transkrip Akademik Asli / Transkrip Sementara bagi lulusan ini
  • Fotokopi Sertifikat Akreditasi BAN-PT 
  • Fotokopi Sertifikat Akreditasi BAN-PT Perguruan Tinggi / Institusi PTN/PTS di Indonesia yang terakreditasi BAN-PT 
  • Surat Ijin Belajar dari Atasan/Pimpinan bagi PNS/Masih Bekerja
  • Surat Pernyataan SP3 Bermaterai
  • Surat Pernyataan Kebenaran Pengisian Biodata Pendaftaran Online dan File yang diupload
  • Bagi Yang hanya melampirkan SKL WAJIB Mendownload dan melengkapi Surat Pernyataan Kelengkapan Berkas
  • file pas foto background warna (terbaru)
7.  Pendaftaran Kelas Internasional UNAIR

Kelas Internasional ini merupakan salah satu jalur penerimaan mahasiswa baru jenjang sarjana yang ada di UNAIR. Bagi anda yang ingin melakukan pendaftaran jalur Kelas Internasional, ada baiknya anda harus mempersiapkan persyaratan pendaftaran yang telah ditentukan oleh panitia UNAIR yaitu sebagai berikut.
  • Lulusan  pendidikan SMA / MA / SMK / MAK pada 2 tahun terakhir harus memiliki ijazah.
  • Lulusan  pendidikan SMA / MA / SMK / MAK pada tahun ini memiliki setidaknya UNAS kartu / Surat menggambarkan Ujian Nasional Hasil-Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional (SKHUN) / Surat yang menyatakan bahwa pemohon telah lulus dari sekolah tinggi ( Surat Keterangan Lulus (SKL)) dari kepala sekolah, dilengkapi dengan foto terbaru dan cap sekolah.
  • Lulus dari sekolah setara dengan SMA / MA / SMK / MAK sesuai dengan peraturan yang berlaku oleh Direktorat Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Dikdasmen Kemendikbud RI) pada 3 tahun  terakhir
  • Tidak memiliki masalah kesehatan yang mungkin mengganggu / nya studinya.
8. Pendaftaran Program Gelar Ganda Program Sarjana (S1) PSIKOLOGI UNAIR DAN QUT

Program Gelar Ganda Program Sarjana (S1) Antara Fakultas Psikologi UNAIR dengan School of Psychology And Counseling Faculty of Health Queensland University of Technology (QUT)

Persyaratan Pendaftaran

WARGA NEGARA INDONESIA (WNI) :
  • Bagi siswa lulusan SMA/MA/SMK/MAK atau yang setara 2 tahun terakhir harus sudah memiliki ijazah.
  • Bagi siswa lulusan SMA/MA/SMK/MAK atau yang setara tahun ini telah memiliki sekurang-kurangnya Kartu UNAS/Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional (SKHUN)/Surat Keterangan Lulus (SKL) Pendidikan Menengah, sekurang-kurangnya memuat informasi jati diri dan foto terbaru yang bersangkutan serta dibubuhi cap yang sah.
  • Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di program studinya.
WARGA NEGARA INDONESIA (WNI) LULUSAN LUAR NEGERI :
  • Lulus dari Satuan Pendidikan  yang setara  dengan SMA/MA/SMK/MAK (sesuai dengan peraturan Dikdasmen Kemendikbud RI ) pada 3 Tahun terakhir 
  • Lulusan tahun 2016 sekurang-kurangnya  telah memiliki Surat Keterangan Lulus (SKL) dari Kepala Sekolah yang dilengkapi dengan pasfoto terbaru yang bersangkutan dan dibubuhi cap sekolah.
WARGA NEGARA ASING (WNA) :
  • Mendapat rekomendasi dari KBRI negara asal calon mahasiswa.
  • Lulusan dari SMA yang sederajat pada 3 tahun terakhir
  • Lulusan tahun ini sekurang - kurangnya telah memiliki Surat Keterangan Lulus (SKL) dari Kepala Sekolah.
Softcopy / Berkas / Dokumen Online yang harus dipersiapkan (Hasil Scan berupa file gambar/Jpeg Berwarna):
  • Bagi Lulusan 2 tahun Wajib melampirkan Ijazah, Sedangkan bagi lulusan ini bisa melampirkan SKHUN / Kartu UNAS / SKL
  • Surat Pernyataan Kebenaran Pengisian Biodata Pendaftaran Online .
  • Surat Pernyataan Kelengkapan Berkas bagi lulusan tahun ini.
  • Surat Pernyataan Kesanggupan Pembayaran UKT.
  • Kartu Identitas (KTP/SIM/Passport/Kartu Pelajar)
  • File pas foto background warna (terbaru)
9.  Pendaftaran Kelas Mahasiswa Asing UNAIR

GENERAL REQUIREMENT 
A. Indonesian Applicants :

  • SMA/MA/SMK/MAK or equivalent school graduates graduating in 2015 and 2016 must have a diploma.
  • SMA/MA/SMK/MAK or equivalent school graduates graduating in 2017 have at least an UNAS card/A letter describing the National Exam Results-Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional (SKHUN)/A letter stating that the applicant has graduated from high school (Surat Keterangan Lulus (SKL)) from the principal, completed with latest photo and a school stamp.
  • Graduating from schools equivalent to SMA/MA/SMK/MAK in accordance with the applicable regulations by Directorate of Primary and Secondary Education Ministry of Education and Culture Republic of Indonesia (Dikdasmen Kemendikbud RI)  in 2015, 2016 and 2017.
  • Having no health issues that might disrupt his/her study.

B. INDONESIAN APPLICANTS (WNI) GRADUATING FROM OVERSEAS SCHOOL

  • Graduating from schools equivalent to SMA/MA/SMK/MAK (in accordance with the applicable regulations by Primary and Secondary Education, Ministry of Education and Culture Republic of Indonesia – Dikdasmen Kemendikbud RI) in 2015, 2016, and 2017.
  • For 2016 graduates, at least holding a letter stating that the applicant has graduated from high school (Surat Keterangan Lulus (SKL)) from the principal, completed with latest photo and a school stamp.

C. International Applicants :

  • Holding a recommendation letter from Indonesian Embassy in the student's country of residence.
  • Graduating from schools equivalent to SMA  in 2015, 2016, and 2017
  • For 2016 graduates, at least holding a letter stating that the applicant has graduated from high school (Surat Keterangan Lulus (SKL)) from the principal, completed with latest photo and a school stamp.For Malaysian graduates holding one of this requirement:
    • STPM qualification.
    • Pre-Medical qualification.
    • Foundation Program / A-Level or equalivalent qualification.

10. Pendaftaran Program Pascasarjana UNAIR

Bagi anda yang ingin melanjutkan kuliah di UNAIR untuk jenjang Pascasarjana, ada baiknya anda harus mempersiapkan persyaratan yang telah ditentukan oleh panitia UNAIR yaitu sebagai berikut.

Pendaftaran Program Magister 

Warga Negara Indonesia (WNI)

  • Lulusan Program Studi S1/Diploma 4 yang terakreditasi oleh BAN PT (bisa pada saat lulus atau sertifikat akreditasi yang terbaru dari program studi) atau
  • Lulusan Program Studi S1/Diploma 4 yang terakreditasi oleh Kemenkes RI (untuk lulusan dari bidang kesehatan di bawah pengelolaan Kemenkes RI) untuk tahun lulusan 2012 dan sebelumnya
  • Lulusan dari institusi PTN/PTS yang terakreditasi oleh BAN PT (bagi lulusan tahun 2015 dan sesudahnya) dengan menyertakan copy sertifikat akreditasi institusi PT atau copy surat permohonan akreditasi institusi perguruan tinggi (AIPT) ke BAN PT.
  • Bagi WNI Lulusan jenjang Sarjana atau yang setara  dari luar negeri maka penyetaraannya mengikuti peraturan Kemenristekdikti RI
  • Pendaftar yang berstatus masih aktif bekerja, harus memperoleh ijin, dengan bukti berupa Surat Persetujuan/Ijin Belajar dari Atasan Langsung (pada saat registrasi harus menunjukkan surat ijin tersebut)
  • Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di program studinya. (dibuktikan dengan surat keterangan kesehatan dari dokter yang masih berlaku)
  • Memiliki sertifikat ELPT/TOEFL atau yang setara

 Warga Negara Asing (WNA)

  • Mendapat rekomendasi dari KBRI dari negara asal calon mahasiswa
  • Lulusan S1 dari program studi yang terakreditasi (sertifikat dari accreditation board).
  • Memiliki copy ijazah dan transkrip akademik untuk jenjang Sarjana atau yang setara (dalam bahasa Inggris)
Pendaftaran Program Doktor

Warga Negara Indonesia (WNI)

  • Lulusan Program Studi S1/Diploma 4 dan Prodi S-2/Magister Sains Terapan/Spesialis yang terakreditasi oleh BAN PT (bisa sertifikat akreditasi yang diperoleh pada saat kelulusan atau sertifikat akreditasi yang terbaru dari program studi) 
  • Lulusan dari institusi PTN/PTS yang terakreditasi oleh BAN PT 
  • Bagi WNI Lulusan jenjang Sarjana dan atau jenjang Master atau yang setara dari luar negeri maka penyetaraannya mengikuti peraturan Kemenristekdikti RI
  • Pendaftar yang berstatus masih aktif bekerja, harus memperoleh ijin, dengan bukti berupa Surat Persetujuan/Ijin Belajar dari Atasan Langsung (pada saat registrasi harus menunjukkan surat ijin tersebut)
  • Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di program studinya. (dibuktikan dengan surat keterangan kesehatan dari dokter yang masih berlaku)
  • Memiliki rekomendasi dari atasan/pakar dibidang keilmuannya.
  • Memiliki karya ilmiah. 
  • Melampirkan rencana proposal penelitian (pra proposal)

 Warga Negara Asing (WNA)

  • Mendapat rekomendasi dari KBRI dari negara asal calon mahasiswa
  • Lulusan Program Studi S1/Diploma 4 dan Prodi S-2/Magister Sains Terapan/Spesialis yang terakreditasi (sertifikat dari accreditation board)
  • Memiliki copy ijazah dan transkrip baik untuk jenjang sarjana dan master (dalam bahasa Inggris)


11. Pendaftaran Program Spesialis UNAIR

Program Spesialis ini merupakan program keahliah khusus yang berkaitan dengan dunia kesehatan, untuk anda yang ingin mengikuti jalur ini. Anda dapat mempersiapkan persyaratan yang telah ditentukan oleh panitia UNAIR.

Untuk informasi lebih lengkapnya mengenai jalur-jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru di UNAIR, dapat anda membacanya di alamat situs resmi yaitu http://ppmb.unair.ac.id/web/

Demikian informasi yang dapat adminberikan mengenai Pendaftaran UNAIR 2024/2025, semoga saja informasi yang admin berikan ini semoga saja dapat menjadi panduan pendaftaran untuk anda. Terimakasih sudah membaca artikel ini dan semoga saja anda diterima