UNTUK PENDAFTARAN DAPAT ANDA KLIK DI SPAN-PTKIN · UM-PTKIN · SNMPTN · SBMPTN · PMDK-PN · BIDIKMISI · SPMB · UMPN ·

Pendaftaran ITB 2017/2018

PMB ITB 2017, Pendaftaran ITB 2017, Persyaratan Masuk ITB, Pendaftaran Online ITB, Syarat Pendaftaran ITB, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru di ITB, Jurusan yang ada di ITB Bandung, Institut Teknologi Bandung (ITB).

Untuk kesempatan yang sangat baik ini, admin akan memberikan informasi mengenai Pendaftaran ITB 2017/2018. Dengan adanya informasi yang admin berikan ini semoga saja dapat membantu anda dalam proses pendaftaran nantinya. Langsung saja kita simak pembahasan berikut ini.


Sekilas tentang Sejarah ITB

Institut Teknologi Bandung (ITB) adalah sebuah perguruan tinggi negeri yang berkedudukan di Kota Bandung. Nama ITB diresmikan pada tanggal 2 Maret 1959[3]. Sejak tanggal 14 Oktober 2013 ITB menjadi Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN BH) yang memiliki otonomi pengelolaan dalam akademik dan non-akademik.

Sebelum anda melakukan pendaftaran di ITB, ada baiknya anda harus mengetahui Fakultas dan Program Studi  yang akan anda pilih nantinya sesuai keinginan anda.


Langsung saja admin akan membahas mengenai jalur-jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru yang di buka di Institut Teknologi Bandung (ITB) yaitu sebagai berikut.

1. Pendaftaran Jalur SNMPTN ITB

SNMPTN merupakan jalur seleksi nasional untuk menyeleksi calon mahasiswa baru yang ingin melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi Negeri yang seleksinya didasarkan pada hasil prestasi akademik siswa dengan menggunakan nilai rapor. Pendaftaran dilakukan di alamat website web.snmptn.ac.id

Bagi sobat yang belum jelas mengenai Jalur SNMPTN mulai dari persyaratan pendaftaran, jadwal pelaksanaan, kriteria PMB, prosedur pelaksanaan, tata cara pendaftaran, tahapan seleksi, jumlah PTN pilihan, nama-nama PTN, dapat sobat membacanya pada artikel yang berjudul Pendaftaran SNMPTN 

2. Pendaftaran Jalur SBMPTN ITB

SBMPTN merupakan jalur seleksi nasional untuk calon mahasiswa baru yang diprediksikan akan mampu menyelesaikan pendidikannya di Perguruan Tinggi Negeri dengan tepat waktu. Pendaftaran dapat dilakukan di situs resmi di pendaftaran.sbmptn.or.id

Bagi sobat yang belum jelas mengenai Jalaur SBMPTN mulai dari Persyaratan pendaftaran, tata cara pendaftaran, tahapan seleksi, biaya pendaftaran, jadwal pendaftaran, sobat dapat membacanya pada artikel yang berjudul Pendaftaran SBMPTN 

3. Pendaftaran Jalur Bidikmisi ITB

Bidikmisi merupakan bantuan biaya pendidikan untuk calon mahasiswa yang termasuk kedalam kategori keluarga kurang mampu dilihat dari segi ekonomi. Sobat dapat melakukan pendaftaran Bidikmisi melalui alamat website bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id

Bagi sobat ingin mengetahui informasi lebih lengkap mengenai tata cara pendaftaran, jadwal, persyaratan pendaftaran, prosedur serta ketentuan lainnya dapat anda baca pada artikel yang berjudul Pendaftaran Bidikmisi.

4. Pendaftaran Mahasiswa Pertukaran (Student Exchange) ITB

ITB menawarkan program pertukaran mahasiswa (student exchange program) bagi para mahasiswa dari perguruan mitra ITB di luar negeri untuk melakukan studi di ITB sebagai mahasiswa pertukaran. Program ini ditawarkan baik bagi mahasiswa dari perguruan mitra ITB di luar negeri yang ingin mengambil kredit di ITB (Credit Earning Program) maupun bagi mahasiswa dari perguruan mitra ITB di luar negeri yang hanya ingin mengikuti proses pembelajaran di ITB tanpa melakukan pengambilan kredit.

5. Pendaftaran Pascasarjana ITB

Bagi anda yang ingin melanjutkan kuliah di ITB untuk jenjang pascasarjana, anda harus mempersiapkan persyaratan yang telah ditentukan oleh panitia ITB yaitu sebagai berikut.

Persyaratan Program Doktor

Calon mahasiswa program Doktor ITB merupakan lulusan program Magister (S2) dari Perguruan Tinggi yang terakreditasi atau yang disamakan dalam cakupan bidang keilmuan yang sesuai.

Pelamar program Doktor ITB harus dapat memenuhi persyaratan-persyaratan berikut :

  • Memenuhi persyaratan Nilai Kemampuan Bahasa Inggris dengan rincian standar nilai yang diakui ITB sebagai berikut :
    • TOEFL iBT minimum sebesar 56, atau
    • TOEFL CBT minimum sebesar 151, atau
    • TOEFL ITP minimum sebesar 475, atau
    • IELTS minimum sebesar 5, atau
    • ELPT ITB minimum sebesar 77, atau
  • Memenuhi persyaratan TPA BAPPENAS minimum sebesar 475.
  • Memiliki Indeks Prestasi (IP) program Magister minimum 3,00.
  • Lulus seleksi persyaratan dan kemampuan akademik yang dilaksanakan oleh Program Studi tujuan.
  • Melunasi biaya pelaksanaan Seleksi Mahasiswa Pascasarjana ITB.

Persyaratan Program Magister

Calon mahasiswa program Magister ITB merupakan lulusan program Sarjana (S1) dari Perguruan Tinggi yang terakreditasi atau yang disamakan dalam cakupan bidang keilmuan yang sesuai. Bagi pelamar yang menggunakan Ijazah/Sertifikat Setara Ijazah jenjang D4, calon yang bersangkutan diharuskan untuk mengikuti Program Matrikulasi, bila dinyatakan lulus seleksi di ITB.

Pelamar program magister ITB harus dapat memenuhi persyaratan-persyaratan berikut :

  • Memenuhi persyaratan Nilai Kemampuan Bahasa Inggris dengan rincian standar nilai yang diakui ITB sebagai berikut :
    • TOEFL iBT (Internet Based Test) minimum sebesar 56, atau
    • TOEFL CBT (Computer Based Test) minimum sebesar 151, atau
    • TOEFL ITP minimum sebesar 475, atau
    • IELTS minimum sebesar 5, atau
    • ELPT ITB minimum sebesar 77
  • Memenuhi persyaratan TPA BAPPENAS minimum sebesar 475.
  • Lulus seleksi persyaratan dan kemampuan akademik yang dilaksanakan oleh Program Studi tujuan.
  • Melunasi biaya pelaksanaan Seleksi Mahasiswa Pascasarjana ITB.

6. Pendaftaran Penerimaan Mahasiswa Baru WNI Luar Negeri (PMBLN-ITB)

Penerimaan Mahasiswa Baru WNI Luar Negeri (PMBLN-ITB) adalah sistem seleksi masuk program Sarjana ITB yang diperuntukkan bagi Warga Negara Indonesia (WNI) yang menempuh Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) di sekolah luar negeri (bukan merupakan Sekolah Republik Indonesia (SRI) yang diselenggarakan oleh Perwakilan Republik Indonesia di luar negeri). 

Persyaratan Dokumen

  • Akta kelahiran atau surat keterangan lahir dari Kedutaan Besar RI/Konsulat Jenderal RI yang dilegalisasi oleh instansi yang berwenang.
  • Transkrip Nilai SMA, mulai semester 1 s.d. semester terakhir.
  • Pasfoto berwarna terbaru dengan berpakaian sopan dan rapih.
  • Surat Keterangan Tidak Buta Warna asli dari dokter spesialis mata (bagi siswa yang memilih fakultas/sekolah yang mensyaratkan tidak buta warna). Surat Keterangan Tidak Buta Warna dari dokter umum/non spesialis mata, tidak dapat dipergunakan. Ketentuan tidak buta warna adalah sebagai berikut:
    • SITH (tidak boleh buta warna total maupun buta warna parsial)
    • FITB (tidak boleh buta warna total)
    • FTTM (tidak boleh buta warna total maupun buta warna parsial)
    • SF (tidak boleh buta warna total maupun buta warna parsial)
    • FSRD (tidak boleh buta warna total maupun buta warna parsial)
  • Untuk Program Studi Teknik Kimia, Teknik Lingkungan, Teknik Geologi, Rekayasa Infrastruktur Lingkungan, dan Kimia, surat keterangan tidak buta warna total maupun buta warna parsial akan dibutuhkan pada saat mahasiswa masuk program studi (pada tahun ke-2).
  • Bukti transfer pelunasan biaya Pendaftaran PMBLN-ITB. Nama calon peserta harus dicantumkan pada bukti transfer tersebut.
Untuk informasi lebih jelasnya mengenai jalur-jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru di ITB, ada baiknya anda dapat membacanya di alamat website resmi yaitu https://www.itb.ac.id/

Sekian informasi yang admin berikan mengenai Pendaftaran ITB 2017/2018, dengan adanya informasi yang admin berikan ini semoga saja dapat menjadi panduan pendaftaran untuk anda yang akan melakukan pendaftaran nantinya. Terimakasih sudah membaca artikel ini dan semoga anda diterima.