Pendaftaran Universitas Diponegoro (UNDIP) 2024/2025

PMB UNDIP 2024, Pendaftaran UNDIP, Pendaftaran Online UNDIP, Syarat Pendaftaran UNDIP, Cara Pendaftaran UNDIP, Penerimaan Mahasiswa Baru UNDIP, Universitas Diponegoro (Undip).

Kali ini admin akan membahas mengenai Pendaftaran UNDIP 2024/2025, dengan adanya informasi yang admin berikan ini semoga saja dapat memjadi panduan pendaftaran untuk anda yang akan melakukan pendaftaran nantinya. Langsung saja kita simak pembahasan berikut ini.

Sekilas mengenai sejarah UNDIP

Universitas Diponegoro (Undip) adalah sebuah Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia yang berlokasi di Semarang, Jawa Tengah, Indonesia. Undip didirikan pada tahun 1956 sebagai Perguruan Tinggi Swasta dan baru mendapat status sebagai Perguruan Tinggi Negeri pada tahun 1961.

Sebelum anda melakukan pendaftaran di UNDIP, ada baiknya anda harus mengetahui informasi mengenai Fakultas dan Program Studi yang akan anda pilih nantinya sesuai keinginan dan minat anda.

Baca : Fakultas dan Program Studi di UNDIP

Setelah anda memilih Fakultas dan Program Studi yang anda inginkan. Oleh karena itu, anda dapat melakukan pendaftaran dengan mengikuti jalur seleksi yang ada di UNDIP yaitu sebagai berikut.

1. Pendaftaran Jalur SNMPTN UNDIP

SNMPTN merupakan jalur seleksi nasional untuk menyeleksi calon mahasiswa baru yang ingin melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi Negeri yang seleksinya didasarkan pada hasil penelusuran prestasi akademik siswa dengan menggunakan nilai rapor siswa mulai dari kelas X semester 1 sampai dengan kelas XII semester 1 bagi SMA/MA/SMKyang masa belajarnya 3 (tiga) tahun atau semester 1 (satu) sampai dengan semester 7 (tujuh) bagi SMK yang masa belajarnya 4 (empat) tahun, dan portofolio akademik lain yang menunjang.

Persyaratan Pendaftaran SNMPTN untuk Sekolah
  • SMA/SMK/MA/MAK negeri maupun swasta, termasuk sekolah RI di luar negeri yang mempunyai NPSN.
  • Telah mengisi PDSS dengan lengkap dan benar.
Persyaratan Pendaftaran SNMPTN untuk Siswa
  • Siswa SMA/MA/SMK yang akan lulus dari satuan pendidikan pada tahun ini
  • Siswa yang memiliki prestasi unggul yaitu: calon peserta masuk peringkat terbaik di sekolah pada semester tiga, semester empat dan semester lima, dengan ketentuan berdasarkan akreditasi sekolah sebagai berikut:
    • akreditasi A, 75% terbaik di sekolahnya
    • akreditasi B, 50% terbaik di sekolahnya
    • akreditasi C, 20% terbaik di sekolahnya
    • akreditasi lainnya, 10% terbaik di sekolahnya.
  • Siswa memiliki NISN dan terdaftar pada PDSS
  • Siswa memiliki nilai rapor mulai dari semester 1 sampai dengan semester 5 (bagi siswa SMA/MA, SMK tiga tahun) atau nilai rapor semester 1 sampai semester 7 (bagi SMK empat tahun) yang telah diisikan pada PDSS
  • Memenuhi persyaratan lain yang ditentukan oleh masing-masing PTN
Bagi anda yang belum jelas mengenai Jalur SNMPTN ini mulai dari Persyaratan Pendaftaran, Tata Cara Pendaftaran, Kriteria Peneriamaan, Jadwal Pelaksanaan dan sebagainya dapat anda membacanya di Pendaftaran SNMPTN

2. Pendaftaran Jalur SBMPTN UNDIP

SBMPTN atau dengan kepanjangan yaitu Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri adalah salah satu jalur penerimaan mahasiswa baru yang diadakan secara nasional untuk menjaring calon mahasiswa yang ingin masuk ke Perguruan Tinggi Negeri.

Persyaratan Pendaftaran SBMPTN
  • Peserta lulusan SMA/MA/SMK/MAK untuk lulusan 3 tahun terakhir. 
  • Bagi peserta lulusan sekolah  tahun 2015 dan 2016  harus sudah memiliki ijazah.
  • Bagi peserta lulusan sekolah tahun 2017 telah memiliki Surat Keterangan Lulus Pendidikan Menengah, sekurang-kurangnya memuat informasi jati diri dan foto terbaru yang bersangkutan serta dibubuhi cap yang sah.
  • Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di program studinya.
Untuk informasi lebih jelas tentang Jalur SBMPTN seperti Persyaratan Pendaftaran, Tata Cara Pendaftaran, Jadwal Pelaksanaan, dan lain-lain dapat anda membacanya di Pendaftaran SBMPTN.

3. Pendaftaran Jalur Bidikmisi UNDIP

Bidikmisi merupakan bantuan biaya pendidikan untuk calon mahasiswa yang termasuk kedalam kategori keluarga kurang mampu dilihat dari segi ekonomi. Bagi anda yang  ingin melakukan pendaftaran bidikmisi, dapat anda mengakses bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id. Kemudian mendaftarakan diri untuk mengikuti SNMPTN, jika tidak lulus bisa mengikuti SBMPTN. Jika dinyatakan lulus melalui jalur SNMPTN atau SBMPTN, maka bidikmisi bisa didapatkan.

Untuk informasi lebih jelasnya mengenai Jalur Bidikmisi mulai dari tata cara pendaftaran, jadwal pelaksanaan, persyaratan, prosedur, Kriteria Pendaftaran dan lain-lain dapat anda membacanya di Pendaftaran Bidikmisi.

4. Pendaftaran Ujian Mandiri (UM) UNDIP

Seleksi Ujian Mandiri ini adalah seleksi mahasiswa strata I (S1) di Universitas Diponegoro selain melalui jalur SNMPTN dan SBMPTN. Secara umum persyaratan Ujian Mandiri adalah sebagai berikut:
  • Siswa lulusan SMA/SMK/MA atau yang sederajat, lulus ujian persamaan, atau yang setara lainnya (paket C)
  • Memenuhi persyaratan kesehatan fisik dan tidak buta warna yang ditetapkan oleh program studi.
Untuk anda yang belum jelas mengenai jalur-jalur seleksi di UNDIP, anda dapat membacanya di alamat website resmi yaitu http://www.undip.ac.id/

Sekian infomasi yang admin berikan ini mengenai Pendaftaran UNDIP 2024/2025, dengan adanya informasi yang admin berikan ini semoga saja dapat menjadi panduan pendaftaran untuk anda yang akan melakukan pendaftaran nantinya. Terimakasih sudah membaca artikel ini dan semoga anda di terima.