Pendaftaran Universitas Samudera 2024/2025

Pendaftaran Universitas Samudera 2024, Pendaftaran Online Universitas Samudra, Penerimaan Mahasiswa Baru UNSAM, Pendaftaran UNSAM, Universitas Samudra atau UNSAM

Kali ini admin akan membahas mengenai Pendaftaran Universitas Samudera 2024/2025 informasi yang admin berikan ini semoga saja dapat membantu anda dalam proses pendaftaran anda nantinya. Langsung saja kita simak pembahasan berikut ini.

Sedikit mengenai sejarah UNSAM

Universitas Samudera atau UNSAM (sering disebut juga Universitas Samudra Langsa) adalah sebuah perguruan tinggi negeri yang terdapat di Kota Langsa, Aceh, Indonesia. Universitas ini memiliki 5 fakultas dan 25 program studi.

Sebelum anda melakukan pendaftaran di Universitas Samudra, ada baiknya anda harus mengetahui Fakultas dan Program Studi yang akan anda pilih nantinya sesuai keinginan anda.

Kali ini admin akan membahas mengenai jalur-jalur penerimaan calon mahasiswa baru yang akan mendaftar di Universitas Samudra yaitu sebagai berikut.

1. Pendaftaran Jalur SNMPTN UNSAM

SNMPTN merupakan jalur seleksi nasional untuk menyeleksi calon mahasiswa baru yang ingin melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi Negeri. Dan bagi anda yang ingin melakukan pendaftaran jalur SNMPTN ini, anda dapat mengakses alamat website resmi yaitu web.snmptn.ac.id

Tata Cara Pendaftaran SNMPTN
  • Siswa peserta SNMPTN membuka situs resmi pendaftaran SNMPTN, yaitu web.snmptn.ac.id
  • Kemudian mengisi biodata dengan lengkap dan benar, memilih PTN dan pilihan program studi, serta mengunggah (upload) pas foto resmi terbaru dan dokumen prestasi pendukung (jika ada).
  • Siswa peserta SNMPTN yang memilih program studi keolahragaan dan seni diwajibkan mengunggah portofolio dan dokumen bukti keterampilan yang telah disahkan oleh Kepala Sekolah menggunakan pedoman yang dapat diunduh pada laman www.snmptn.ac.id.
  • Jika formulir pendaftaran SNMPTN telah diisi, cetaklah kartu bukti pendaftaran sebagai tanda bukti peserta SNMPTN.
Bagi anda yang ingin mengetahui informasi mengenai Jalur SNMPTN mulai dari persyaratan pendaftaran, jadwal pelaksanaan, kriteria PMB, prosedur pelaksanaan, tahapan seleksi, jumlah PTN pilihan, nama-nama PTN, dapat anda baca artikel yang berjudul Pendaftaran SNMPTN

2. Pendaftaran Jalur Bidikmisi UNSAM

Bidikmisi merupakan bantuan biaya pendidikan untuk calon mahasiswa batu yang ingin melanjutkan kuliah, tetapi mempunyai masalah mengenai biaya pendaftarannya. Maka dari itu daftarkan diri anda untuk menjadi calon mahasiswa baru di Universitas Samudra.

Untuk pendaftaran jalur Bidikmisi ini, anda dapat melakukan pendaftaran dialamat website resmi bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id ,kemudian mendaftarakan diri untuk mengikuti SNMPTN, jika tidak lulus bisa mengikuti SBMPTN. Jika dinyatakan lulus melalui jalur SNMPTN atau SBMPTN, maka bidikmisi bisa didapatkan.

Bagi anda yang ingin mengetahui informasi mengenai jalur Bidikmisi ini mulai dari tata cara pendaftaran, jadwal, persyaratan, prosedur serta ketentuan lainnya bisa anda baca pada artikel sebelumnya yang berjudul Pendaftaran Bidikmisi.

3. Pendaftaran Jalur SBMPTN UNSAM

SBMPTN atau dengan kepanjangan yaitu Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Neger jalur seleksi nasional untuk menjaring calon mahasiswa yang mempunyai kualitas yang baik. Calon mahasiswa yang tidak lulus SNMPTN dapat mengikuti jalur SBMPTN ini. Berikut ini adalah tata cara pendaftaran SBMPTN yang harus anda ketahui.

Tata Cara Pendaftaran SBMPTN

  • Calon peserta baru dapat mengakses pendaftaran SBMPTN melalui alamat website pendaftaran.sbmptn.or.id
  • Kemudian melakukan pengisian data tahap awal pada alamat web tersebut.
  • Setelah selesai, cetak bukti pendaftaran tahap awal
  • Kemudian calon mahasiswa baru melakukan pembayaran biaya pendaftaran SBMPTN di Bank BNI atau Bank Mandiri
  • Setelah membayar akan mendapatkan KAP dan PIN
  • Gunakan KAP dan PIN tersebut untuk login kembali ke alamat pendaftaran.sbmptn.or.id
  • Selanjutnya calom mahasiswa baru mengisi data diri anda secara lengkap dan benar seperti memilih PTN, program studi, dan lain-sebagainya seperti yang tertera pada formulir pendaftaran yang ada di halaman tersebut.
  • Jangan lupa untuk memeriksa kembali kebenaran data pendaftaran anda dengan teliti.
  • Jika sudah selesai dan benar, akhiri pendaftaran dengan mencetaklah tanda bukti pendaftaran
  • Tanda bukti pendaftaran berupa kartu tanda peserta SBMPTN
  • Bawalah kartu tanda peserta SBMPTN pada saat ujian seleksi berlangsung.
  • Bawa juga perlengkapan lainnya seperti pensil 2B, penghapus, papan alas ujian, dan pena.

Untuk informasi lebih lengkap mengenai Jalur SBMPTN mulai dari persyaratan pendaftaran, tata cara pendaftaran, biaya pendaftaran, dan jadwal pendaftaran dan lain-lain, anda dapat membacanya padda artikel yang berjudul Pendaftaran SBMPTN

4. Pendaftaran Jalur Mandiri UNSAM

Jalur Mandiri ini merupakn jalur yang diselenggarakan secara langsung oleh Panitia UNSAM untuk calon mahasiswa baru. Dan bagi anda yang ingin mengikuti pendaftaran jalur mandiri ini, anda dapat melakukan pendaftarannya secara langsung di alamat website resmi pmb.unsam.ac.id

Sekian informasi yang dapat admin berikan mengenai Pendaftaran Universitas Samudra 2024/2025, dengan adanya informasi yang admin berikan ini semoga saja dapat membantu anda dalam proses pendaftaran nantinya. Terimakasih sudah membaca artikel ini dan semoga anda diterima.