Pendaftaran Universitas Andalas 2024/2025

Pendaftaran Unand 2024, Pendaftaran Universitas Andalas, Pendaftaran Online Unand, Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Andalas, Universitas Andalas.

Pada kesempatan yang sangat baik ini, admin akan memberikan informasi mengenai Pendaftaran Universitas Andalas 2024/2025, dengan adanya informasi yang admin berikan ini semoga saja dapat membantu anda dalam proses pendaftaran nantinya. Baiklah, langsunng saja admin akan membahasnya sebagai berikut.
Sekilas mengenai Universitas Andalas

Universitas Andalas (biasa disingkat dengan Unand) adalah salah satu perguruan tinggi negeri Indonesia yang terletak di Kota Padang, Sumatera Barat, Indonesia. Universitas ini merupakan universitas tertua di luar Pulau Jawa yang dibuka secara resmi pada tanggal 23 Desember 1955 oleh Wakil Presiden Mohammad Hatta. Pada saat itu, Unand adalah universitas keempat yang diresmikan oleh Pemerintah Indonesia

Sebelum anda melakukan pendaftaran di Universitas Andalas, ada baiknya anda harus mengetahui informasi mengenai Fakultas dan Program Studi yang akan anda pilih nantinya sesuai keinginan anda.

Langsung saja admin akan membahas mengenai jalur peneriamaan mahasiswa baru yang ada di Universitas Andalas yaitu sebagai berikut.

1. Pendaftaran Jalur SNMPTN UNAND

SNMPTN merupakan jalur seleksi nasional untuk menyeleksi calon mahasiswa baru yang ingin melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi Negeri yang seleksinya didasarkan pada hasil penelusuran prestasi akademik siswa.

Persyaratan Pendaftaran SNMPTN untuk Sekolah
  • SMA/SMK/MA/MAK negeri maupun swasta, termasuk sekolah RI di luar negeri yang mempunyai NPSN.
  • Telah mengisi PDSS dengan lengkap dan benar.

Persyaratan Pendaftaran SNMPTN untuk Siswa
  • Siswa SMA/MA/SMK yang akan lulus dari satuan pendidikan pada tahun ini
  • Siswa yang memiliki prestasi unggul yaitu: calon peserta masuk peringkat terbaik di sekolah pada semester tiga, semester empat dan semester lima, dengan ketentuan berdasarkan akreditasi sekolah sebagai berikut:
    • akreditasi A, 75% terbaik di sekolahnya
    • akreditasi B, 50% terbaik di sekolahnya
    • akreditasi C, 20% terbaik di sekolahnya
    • akreditasi lainnya, 10% terbaik di sekolahnya.
  • Siswa memiliki NISN dan terdaftar pada PDSS
  • Siswa memiliki nilai rapor mulai dari semester 1 sampai dengan semester 5 (bagi siswa SMA/MA, SMK tiga tahun) atau nilai rapor semester 1 sampai semester 7 (bagi SMK empat tahun) yang telah diisikan pada PDSS
  • Memenuhi persyaratan lain yang ditentukan oleh masing-masing PTN

Bagi anda yang belum jelas mengenai jalur SNMPTN ini, seperti persyaratan pendaftaran, tata cara pendaftaran, jadwal pendaftaran, kriteria pendaftaran dan lainnya. Anda dapat membacanya di Pendaftaran SNMPTN

2. Pendaftaran Jalur SBMPTN UNAND

SBMPTN atau dengan kepanjangan yaitu Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri adalah salah satu jalur penerimaan mahasiswa baru yang diadakan secara nasional untuk menjaring calon mahasiswa yang ingin masuk ke Perguruan Tinggi Negeri.

Tata Cara Pendaftaran SBMPTN
  • Anda dapat mengakses alamat pendaftaran.sbmptn.or.id
  • Kemudian lakukan pengisian data tahap awal pada alamat web tersebut.
  • Setelah selesai, cetak bukti pendaftaran tahap awal
  • Lakukan pembayaran biaya pendaftaran SBMPTN di Bank BNI atau Bank Mandiri
  • Setelah membayar akan mendapatkan KAP dan PIN
  • Gunakan KAP dan PIN tersebut untuk login kembali ke alamat pendaftaran.sbmptn.or.id
  • Isilah data diri anda secara lengkap dan benar seperti memilih PTN, program studi, dan lain-sebagainya seperti yang tertera pada formulir pendaftaran tersebut.
  • Jangan lupa untuk memeriksa kembali kebenaran data pendaftaran anda
  • Jika telah selesai dan yakin, akhiri pendaftaran dengan mencetaklah tanda bukti pendaftaran
  • Tanda bukti pendaftaran berupa kartu tanda peserta SBMPTN
  • Bawalah kartu tanda peserta SBMPTN pada saat ujian seleksi berlangsung.
  • Bawa juga perlengkapan lainnya seperti pensil 2B, penghapus, papan alas ujian, dan pena.
Untuk informasi lebih lengkapnya mengenai jalur SBMPTN, anda dapat membacanya di Pendaftaran SBMPTN

3. Pendaftaran Jalur Bidikmisi UNAND

Bidikmisi adalah bantuan biaya pendidikan yang mana memberikan fasilitas pada yang tidak mampu untuk dapat memutus mata rantai kemiskinan. Walaupun demikian, syarat prestasi pada bidikmisi ditujukan untuk menjamin bahwa penerima bidikmisi terseleksi dari yang benar benar mempunyai kemauan untuk menyelesaikan pendidikan tinggi

Tata Cara Pendaftaran Bidikmisi dilakukan oleh Sekolah
  • Sekolah mendaftarkan diri sebagai instansi pemberi rekomendasi kepada peserta bidikmisi melalui laman http://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id/
  • Pada halaman yang telah anda buka, muncul 2 pilihan, yaitu fitur untuk sekolah yang telah mendaftar dan mendapatkan akun dan juga fitur untuk sekolah yang belum pernah mendaftar Bidikmisi.
  • Jika sekolah anda pernah mendaftar dan mempunyai akun Bidikmisi, langsung saja login dengan memilih fitur "sudah terdaftar".
  • Jika Sekolah anda belum pernah mendaftar Bidikmisi sebelumnya, Pilih fitur"belum terdaftar".
  • Bagi sekolah yang belum memiliki akun Bidikmisi, maka terlebih dahulu melakukan pengisian data sekolah dengan melampirkan hasil scan beberapa berkas pendaftaran berupa identitas dan prestasi sekolah untuk mendapatkan nomor Kode Akses Sekolah.
  • Ditjen  Belmawa  akan memverifikasi  pendaftaran  dalam  kurun  waktu  1  x  24  jam.
  • Setelah diverifikasi, Sekolah bisa login ke alamat http://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id/ menggunakan NPSN dan Kode Akses Sekolah dengan memilih fitur "sudah terdaftar" untuk merekomendasikan  masing-masing  peserta Bidikmisi.
  • Setelah mendaftarkan peserta Bidikmisi, Sekolah akan mendapatkan nomor pendaftaran dan kode akses untuk masing masing siswa peserta Bidikmisi yang sudah direkomendasikan
  • Berikan nomor pendaftaran dan kode akses tersebut kepada peserta Bidikmisi
  • Selanjutnya siswa peserta Bidikmisi melakukan pendaftaran online Bidikmisi.
Informasi lebih lengkapnya mengenai Jalur Bidikmisi ini, anda dapat membacanya di Pendaftaran Bidikmisi


4. Persyaratan Seleksi Online Program DIII
  • Lulusan pendidikan SMU, SMK, dan MAN Semua jurusan, 
  • Pas foto warna ukuran 3x4, format foto : jpeg (ukuran file tidak lebih dari 100 kb).
  • Membayar biaya pendaftaran 
  • Membayar di Bank Nagari Lewat Teller dengan menyebutkan “Formulir DIII” 
  • Pendaftaran Online Melalui Situs http://pmb.unand.ac.id atau bisa langsung ke http://pmbfekon.unand.ac.id.
5. Pendaftaran Program Pascasarjana UNAND

Bagi anda yang ingin melanjutkan kuliah ke jenjang pascasarjana di Universitas Andalas, ada baiknya anda harus mengetahui bagaimana cara melakukan pendaftarannya. Maka dari itu silahkan daftarkan diri anda dengan mengikuti tata cara pendaftaran sebagai berikut.
  • Calon mahasiswa datang ke Bank Syariah Mandiri (semua kantor cabang) untuk membeli PIN pendaftaran Program Pascasarjana Universitas Andalas. Pada slip bukti pembayaran akan diberikan Nama Pengguna (username) dan PIN. Biaya untuk point ini adalah Rp. 500.000,- dibayarkan langsung ke teller Bank Syariah Mandiri.
  • Pendaftar mengakses website Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru Pascasarjana Unand dengan alamat http://pmb.unand.ac.id .
  • Pilih tab menu “Pascasarjana” dan pilih menu “Formulir Pendaftaran Online”. Isi formulir yang ada dengan lengkap dan benar. Gunakan Nama Pengguna (username) dan PIN yang sudah diperoleh dari Bank Syariah Mandiri.
  • Calon mahasiswa wajib mengunggah (upload) hasil scan dokumen dalam format PDF yang diperlukan untuk proses seleksi yaitu:
    • Ijazah dan Transkrip Akademik S1 (untuk S2)
    • Ijazah dan Transkrip Akademik S1 dan S2 (untuk S3)
  • Setelah melengkapi formulir pada point 3, calon mahasiswa akan memperoleh Nomor Ujian dengan informasi lokasi dan jadwal seleksi.
  • Bukti pendaftaran pada point 5 dicetak sebanyak 3 (tiga) rangkap. Akan dipergunakan untuk : (1) Pengenal saat pelaksanaan ujian, (2) Dilampirkan pada formulir kelengkapan berkas pendaftaran Program Pascasarjana Universitas Andalas, (3) Arsip untuk yang bersangkutan.
  • Selain mengunggah (upload) dokumen saat pengisian formulir, calon mahasiswa wajib mengirimkan dokumen berikut ini melalui pos atau diantar langsung dalam satu amplop yang diberi kode Nomor Ujian di bagian pojok kanan atas amplop ke Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru Pascasarjana, Gedung Pascasarajana – Kampus Universitas Andalas Limau Manis – Padang 25163 (Pengiriman berkas paling lambat 5 hari setelah melakukan keseluruhan proses pendaftaran online):
    • Formulir A (hasil cetakan formulir online) bagi yang sudah melengkapi data (Asli dan Photo Copy)
    • Dokumen Formulir Permohonan BPPDN (Asli dan Photo Copy) – bagi calon penerima beasiswa BPPDN
    • Dokumen Formulir Permohonan NON-BPPDN (Asli dan Photo Copy) – bagi calon mahasiswa dengan biaya sendiri atau beasiswa institusi lainnnya selain BPPDN
    • Surat Rekomendasi dari 3 (tiga) nama pemberi rekomendasi (Asli dan Photo Copy)
    • Photo Copy Ijazah dan Transkrip yang sudah dilegalisir (Rangkap 2)
    • Proposal lengkap, Formulir By Research (rencana studi paripurna, surat kesediaan promotor), photo copy publikasi ilmiah (khusus pelamar program doktor jalur penelitian). (Asli dan Photo Copy)
  • Hasil seleksi akan diumumkan melalui e-mail dan juga dapat diihat di website http://pmb.unand.ac.id.
  • Jika data dan dokumen pendaftaran yang diberikan tidak lengkap dan tidak sesuai dengan dokumen asli pada saat proses registrasi, maka Pendaftar dianggap gugur, dan uang pendaftaran tidak dapat dikembalikan.
  • Bagi pelamar yang ingin mendaftar melalui jalur beasiswa dikti, silahkan mendaftar di http://beasiswa.dikti.go.id/bppdn
Demikian informasi yang dapat admin berikan mengenai Pendaftaran Universitas Andalas 2024/2025, semoga informasi ini dapat menjadi panduan pendaftaran bagi anda yang akan melakukan pendaftaran. Terimakasih sudah membaca artikel ini dan semoga anda diterima.