Pendaftaran POLTEKBA 2024/2025

Pendaftaran Politeknik Negeri Balikpapan (POLTEKBA) 2024, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Politeknik Negeri Balikpapan (POLTEKBA), SPMB Politeknik Negeri Balikpapan (POLTEKBA), Informasi Pendaftaran Online Politeknik Negeri Balikpapan (POLTEKBA), Jalur Masuk Politeknik Negeri Balikpapan (POLTEKBA), Jalur PMDK Akademik, Jalur SMB / Jalur Ujian Tertulis, Jalur PMDK Bidikmisi, 

Pada kesempatan yang baik ini, admin akan membahas mengenai Pendaftaran mahasiswa baru Politeknik Negeri Balikpapan (POLTEKBA) 2024/2025. Untuk lebih jelas mengenai pendaftaran tersebut. Mari simak pembahasannya berikut ini.

http://www.infopmb.web.id/

Sedikit Mengenai POLTEKBA

Politeknik Negeri Balikpapan (POLTEKBA) adalah sebuah perguruan tinggi berbasis politeknik negeri yang berlokasi di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur. Sebelumnya, Poltekba berstatus PTS (swasta). Setelah keluarnya SK Permendiknas No 41 Tahun 2011, pada 9 September 2011, yang ditandatangani Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) Muhammad Nuh, maka status Poltekba berubah menjadi negeri

Politeknik Negeri Balikpapan (POLTEKBA) berlokasi di Jl. Soekarno Hatta Km. 8, Kalimantan Timur 76127.

Sekilas mengenai  visi dan misi di POLTEKBA

Visi :
  • Menjadi institusi unggul di bidang Teknologi Terapan dengan menerapkan Standar Internasional dan melayani kebutuhan industri.
Misi :
  • Menyelenggarakan dan mengembangkan pendidikan tinggi vokasi melalui pelaksanaan pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat .
  • Membekali lulusan dengan keahlian profesional bertaraf nasional dan mengacu standar internasional.
  • Mengembangkan sistem manajemen penjaminan mutu dalam penyelenggaraan pendidikan.
  • Membentuk suasana akademik yang menumbuhkan sikap dan komitmen kepemimpinan, kewirausahaan, pengembangan diri terus-menerus serta tanggap terhadap perubahan.
Pada saat ini, Politeknik Negeri Balikpapan (POLTEKBA) memiliki beberapa Program Studi yaitu sebagai berikut :
  • Tata Boga  
  • Teknik Elektronika  
  • Teknik Mesin  
  • Teknik Sipil
Itulah informasi mengenai Jurusan dan Program Studi yang ada di Politeknik Negeri Balikpapan (POLTEKBA). Mungkin ada salah satu yang anda inginkan. Untuk itu. silahkan anda mendaftarkan diri anda agar bisa  menjadi mahasiswa di Politeknik Negeri Balikpapan (POLTEKBA)

Ada beberapa jalur penerimaan mahasiswa baru di Politeknik Negeri Balikpapan (POLTEKBA) yaitu jalur PMDK-PN, UMPN, Mandiri, dan Bidikmisi.

Untuk mengetahui informasi jalur yang ada di Politeknik Negeri Balikpapan (POLTEKBA). Simak informasi berikut ini :

A. Pendaftaran Jalur PMDK PN POLTEKBA

Jalur PMDK-PN merupakan seleksi Jalur Undangan yang diperuntukkan bagi calon peserta/siswa sekolah yang akan melanjutkan pendidikan di Perguruan Tinggi Bidang VOKASI atau Politeknik Negeri di seluruh wilayah Indonesia. Pola seleksi ini tertuang dalam suatu sistem yang terpadu dan diselenggarakan secara serentak melalui seleksi prestasi akademik siswa selama mengikuti pendidikan di Sekolah Lanjutan Tingkat Atas.

Pendaftaran PMDK-PN dilakukan secara online melalui alamat website resmi pmdk.politeknik.or.id. Silahkan akses alamat tersebut untuk melakukan pengisian data pendaftaran secara benar dan mencatak kartu tanda peserta PMDK-PN.

Untuk Informasi lebih lengkap mengenai Pendaftaran PMDK-PN seperti tata cara pendaftaran, persyaratan pendaftaran, kriteria penerimaan, jadwal pelaksanaan, daftar Politeknik se-Indonesia, dapat anda baca pada artikel yang berjudul Pendaftaran PMDK-PN 

B. Pendaftaran Jalur UMPN POLTEKBA 

Jalur Ujian Masuk Politeknik Negeri (UMPN) diperuntukkan bagi calon peserta lulusan SMA/SMK/MA/MAK/bentuk lain yang sederajat lulusan tahun ini yang sistem seleksinya mengacu pada UMPN

Tata Cara Pendaftaran 
  • Mengisi formulir pendaftaran, untuk form dapat di download di website poltekba.ac.id dan lengkapi berkas persyaratan administrasi lainnya :
    • Pas foto terbaru ukuran 3x4 sebanyak 3 lembar dan 4x6 sebanyak 2 lembar
    • Fotocopy ijazah dan transkrip nilai yang telah dilegalisir bagi siswa SMA/SMK/MA/MAK
    • Surat pernyataan kesediaan dan kesanggupan membayar biaya pendidikan bermaterai (Form F/SPMB/08,14,0)
  • Calom mahasiswa mengisi aplikasi pendaftaran di bagian pendaftaran kampus POLTEKBA
  • Calon mahasiswa menyerahkan formulir pendaftaran dan persyaratan yang telah ditentukan dengan menggunakan map warna merah,kemudian mendapatkan kartu tanda peserta SPMB dari panitia
C. Pendaftaran Jalur Ujian Tulis (Mandiri) POLTEKBA

Jalur Ujian Tulis (Mandiri) diperuntukkan bagi calon peserta lulusan SMA/SMK/MA/MAK/bentuk lain yang sederajat lulusan tahun ini yang sistem seleksinya dilakukan secara mandiri oleh Politeknik Negeri Balikpapan dengan menggunakan fasilitas komputer

Tata Cara Pendaftaran 
  • Mengisi formulir pendaftaran, untuk form dapat di download di website poltekba.ac.id dan lengkapi berkas persyaratan administrasi lainnya :
    • Pas foto terbaru ukuran 3x4 sebanyak 3 lembar dan 4x6 sebanyak 2 lembar
    • Fotocopy ijazah dan transkrip nilai yang telah dilegalisir bagi siswa SMA/SMK/MA/MAK
    • Surat pernyataan kesediaan dan kesanggupan membayar biaya pendidikan bermaterai (Form F/SPMB/08,18,0)
  • Calom mahasiswa mengisi aplikasi pendaftaran di bagian pendaftaran kampus POLTEKBA
  • Calon mahasiswa menyerahkan formulir pendaftaran dan persyaratan yang telah ditentukan dengan menggunakan map warna merah,kemudian mendapatkan kartu tanda peserta SPMB dari panitia
D. Pendaftaran Bidikmisi  POLTEKBA

Bidikmisi adalah bantuan biaya pendidikan, berbeda dari beasiswa yang berfokus pada memberikan dukungan dana terhadap mereka yang berprestasi, bidikmisi berfokus kepada yang memiliki keterbatasan kemampuan ekonomi (lihat penjelasan Pasal 76 UU No. 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi).

Pendaftaran dimulai dari sekolah yang merekomendasikan siswanya. Selanjutnya siswa melakukan pendaftaran melalui alamat website resmi bidikmisi.dikti.go.id.

Untuk Informasi lebih lengkap tentang tata cara pendaftaran, persyaratan pendaftaran, jadwal pelaksanaan, dapat anda baca pada artikel yang berjudul Pendaftaran Bidikmisi
Demikianlah informasi yang bisa admin sampaikan mengenai Pendaftaran Politeknik Negeri Balikpapan (POLTEKBA) 2024/2025. Semoga informasi ini dapat membantu anda dalam proses pendaftaran. Terimakasih telah membaca artikel ini dan semoga anda sukses.