Pendaftaran PNJ 2024/2025

Pendaftaran Politeknik Negeri Jakarta (PNJ) 2024, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Politeknik Negeri Jakarta (PNJ), SPMB Politeknik Negeri Jakarta (PNJ), Informasi Pendaftaran Online Politeknik Negeri Jakarta (PNJ), Jalur Masuk Politeknik Negeri Jakarta (PNJ), Jalur PMDK Akademik, Jalur SMB / Jalur Ujian Tertulis, Jalur PMDK Bidikmisi,

Pada kesempatan yang baik ini, admin akan membahas mengenai Pendaftaran mahasiswa baru Politeknik Negeri Jakarta (PNJ) 2024/2025. Untuk lebih jelas mengenai pendaftaran tersebut. Mari simak informasi berikut ini.

http://www.infopmb.web.id/

Sedikit mengenai PNJ

Politeknik Negeri Jakarta (PNJ) adalah salah satu perguruan tinggi negeri yang terdapat di areal kampus Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat, Indonesia.

Sebelum anda melakukan pendaftaran PNJ, ada baiknya anda dapat mengetahui informasi mengenai Jurusan dan Program Studi yang akan anda pilih sesuai keinginan anda.

Dari jurusan dan program studi yang disebutkan diatas, mungkin ada salah satu yang anda inginkan. Untuk itu, silahkan daftarkan diri anda menjadi calon mahasiswa baru Politeknik Negeri Jakarta (PNJ) 

Untuk bisa menjadi mahasiswa baru di Politeknik Negeri Jakarta (PNJ)  , maka anda terlebih dahulu mendaftar menjadi calon mahasiswa dengan mengikuti beberapa jalur seleksi yang dibuka.

Jalur-jalur penerimaan mahasiswa baru yang dibuka di PPoliteknik Negeri Jakarta (PNJ)   diantaranya adalah Jalur PMDK-PN, Jalur UMPN, Jalur Ujian / Tes Tertulis, Jalur WNBK, dan Jalur Bidikmisi.

Untuk mengetahui informasi jalur yang ada di Politeknik Negeri Jakarta (PNJ) . Mari simak informasi berikut ini :

A. Pendaftaran Jalur PMDK-PN PNJ 

PMDK-PN merupakan jalur seleksi nasional yang didasarkan pada prestasi akademik siswa yang dilihat dari nilai raport siswa serta prestasi lainnya. Jalur ini hampir sama dengan SNMPTN. Jalur SNMPTN merupakan jalur seleksi nasional untuk masuk ke Perguruan Tinggi Negeri, tetapi jalur PMDK-PN ini dikhususkan bagi calon mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan ke Politeknik Negeri di Indonesia.

Pendaftaran PMDK-PN dilakukan secara online melalui alamat website pmdk.politeknik.or.id. Silahkan akses alamat tersebut untuk melakukan pengisian data pendaftaran secara benar dan mencatak kartu tanda peserta PMDK-PN.

Untuk Informasi lebih lengkap mengenai Pendaftaran PMDK-PN seperti tata cara pendaftaran, persyaratan pendaftaran, kriteria penerimaan, jadwal pelaksanaan, daftar Politeknik se-Indonesia, dapat anda baca pada artikel yang berjudul Pendaftaran PMDK-PN

B. Pendaftaran Jalur UMPN PNJ

Jalur UMPN merupakan jalur tes tertulis yang diadakan secara bersamaan oleh Politeknik Negeri se-Indonesia. Jalur UMPN ini merupakan jalur mandiri yang dilaksanakan untuk memberikan kesempatan kepada putra putri indonesia yang ingin melanjutkan pendidikan di Politeknik Negeri Jakarta (PNJ). Jalur ini bisa sebut sebagai jalur alternatif bagi anda yang tidak lulus jalur PMDK-PN.

Tata Cara Pendaftaran On Line Jalur UMPN
  • Buka website penerimaan mahasiswa baru PNJ dengan alamat : http://penerimaan.pnj.ac.id
  • Setelah anda membuka website Penerimaan PNJ, langkah awal anda dapat klik isi formulir pendaftaran atau melalui http://penerimaan.pnj.ac.id/index.php/umpn/formulir
  • Pastikan kembali anda mengisi data nomor handphone dan alamat email (surel) pada formulir pendaftaran dengan benar. PNJ akan memberikan informasi-informasi penting via Short Message Service (SMS) agar anda dapat dengan mudah mendapat berita dari kami.
  • Isi Formulir tersebut dengan akurat dan sesuai dengan data asli, apabila ternyata dikemudian hari ditemukan perbedaan antara data online dan data fisik, maka otomatis anda DIGUGURKAN secara sepihak oleh PNJ
  • Setelah dilakukan pengisian formulir pendaftaran, maka formulir pendaftaran akan divalidasi secara otomatis dan calon mahasiswa baru akan langsung diberikan akun berupa username dan password. Pemberian username dan password juga dilakukan melalui SMS. Silahkan anda simpan data akun anda.
  • Setelah mendapatkan akun(username dan password), selanjutnya klik Login untuk melengkapi biodata yang terkait dengan penerimaan mahasiswa baru.
  • Kemudian lakukan “UPLOAD PHOTO” untuk melakukan pengunggahan pas foto berwarna dengan ukuran 4 x 6 atau minimal berukuran 400 x 600 pixel dengan format JPEG. Foto yang sudah diupload akan dilakukan proses approval oleh operator PNJ dan bila foto tidak sesuai maka akan dikirimkan notifikasi melalui SMS.
  • Setelah pengisian biodata sukses, dilanjutkan dengan melakukan pembayaran formulir pendaftaran berdasarkan jumlah pilihan yang diambil oleh calon mahasiswa (Sejumlah nominal yang diberitahukan oleh system penerimaan PNJ). Pembayaran dapat dilakukan melalui Teller / ATM / Internet Banking diseluruh cabang Bank Mandiri online dengan menyebutkan kode uni­versitas (10025 untuk Politeknik Negeri Jakarta) dan username (8 digit).
  • Setelah transaksi pembayaran dilakukan, silahkan menunggu notifikasi melalui SMS paling lama 1x24 jam (untuk hari kerja, kecuali pada hari Jumat apabila transaksi dilakukan diatas jam 3 sore maka notifikasi akan dikirimkan hari Senin). Apabila proses pembayaran sudah berhasil, silahkan melakukan login dengan akun anda (username dan password) untuk melihat status pembayaran formulir.
  • Apabila proses seleksi administrasi telah berhasil, anda diminta untuk login kembali kedalam web­site penerimaan untuk melakukan cetak (print out) KARTU PESERTA UJIAN, kartu ini wajib dicetak dengan menggunakan printer warna dengan kualitas baik.
  • Anda diwajibkan membawa KARTU PESERTA UJIAN saat mengikuti ujian masuk PNJ beserta tanda pengenal.
C. Pendaftaran Jalur Bidikmisi PNJ

Bidikmisi merupakan program bantuan biaya pendidikan yang diberikan pemerintah melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sejak 2010 kepada mahasiswa yang memiliki prestasi akademik memadai namun kurang mampu secara ekonomi

Penerimaan jalur bidikmisi Politeknik Negeri Jakarta tidak menggunakan sistem penerimaan nasional, tetapi menggunakan system penerimaan mandiri, dengan alamat website http//penerimaan.pnj.ac.id

D. Pendaftaran Jalur WNBK PNJ

Pendaftaran Mahasiswa jalur Warga Negera Berkebutuhan Khusus (WNBK) Program Studi D3 Manajemen Pemasaran bisa datang langsung ke Politeknik Negeri Jakarta (PNJ).

Persyaratan Pendaftaran Jalur WNBK
  • Lulus SMA atau sederajat.
  • Menyerahkan Lembar Asessment yang telah diisi oleh orang tua, Guru dan Mahasiswa.
  • Menyerahkan berkas Medical Record (merupakan hasil diagnosa dari dokter tentang disability calon mahasiswa).
  • Menyerahkan STTB, NEM dan Raport (fotocopy yang telah dilegalisir).
  • Foto berwarna ukuran 4 x 6, 3 x 4, dan 2 x 3, masing-masing sebanyak 4 Lembar.
Tes yang diujikan terdiri dari tes praktik, tes wawancara, dan tes ujian tertulis. Berikut penjelasannya.

Materi Tes Praktik
  • Typing Master, yaitu mengetik dengan test yang telah tersedia dalam waktu 2 menit.
  • Menceritakan gambar, yaitu diberikan gambar lalu menjelaskan/menceritakan tentang gambar tersebut.
Tes IQ dasar di komputer.
  • Psikotest, test klinis dewasa gestalt ditunjukan gambar lalu meniru gambar tersebut.
Materi Tes Wawancara
  • Wawancara kepada mahasiswa (Lifeskill, Communicative Skill, Toiletting)
  • Wawancara kepada orang tua (mengenai kegiatan dan perilaku sehari-hari)
Materi Tes Tulis
  • Matematika : Kisi-kisi tes tentang penjumlahan, pengurangan, pembagian, pengalian, soal cerita.
  • Bahasa Inggris : Kisi-kisi tes tentang basic grammar, wacana, vocabularry.
  • Bahasa Indonesia :Kisi-kisi Tes tentang Pantun, Peribahasa, Soal cerita.
  • Pengetahuan Umum : Kisi-kisi Tes tentang politik, kepulauan, suku.
Demikianlah informasi yang dapat admin sampaikan. Semoga informasi tentang pendaftaran Politeknik Negeri Jakarta (PNJ) 2024/2025, yang telah admin berikan dapat memberikan kemudahan dalam proses pendaftaran. Terima kasih telah membaca artikel ini. Semoga anda lulus dan diterima di Politeknik yang anda inginkan selama ini. Sekian dari admin dan salam sukses.