Pendaftaran Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR) 2024/2025

PMB UNPAR 2024, Pendaftaran Universitas Katolik Parahyangan 2024, Pendaftaran Online Universitas Katolik Parahyangan, Syarat Mendaftar Universitas Katolik Parahyangan, Cara Mendaftar Universitas Katolik Parahyangan, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Katolik Parahyangan, Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Katolik Parahyangan.

Kali ini admin akan membahas mengenai Pendaftaran UNPAR 2024/2025 informasi yang admin berikan ini mengenai persyaratan pendaftaran, tata cara pendaftaran dan jadwal pelaksanaan. Dengan adanya informasi yang admin berikan ini semoga dapat membantu anda dalam proses pandaftaran anda nantinya. Langsung saja kita simak pembahasan berikut ini.

http://www.infopmb.web.id/

Sekilas mengenai sejarah UNPAR

Universitas Katolik Parahyangan atau dikenal dengan UNPAR adalah salah satu perguruan tinggi swasta tertua dan paling prestisius di Indonesia yang terletak di kota Bandung. Kampus utamanya terletak di Jalan Ciumbuleuit, dan kampus lainnya terletak di Jalan Merdeka dan Jalan Nias. Sebelum memiliki gedung sendiri di Jalan Merdeka, juga pernah menggunakan gedung "Panti Budaya" , (sekarang menjadi Gedung Bank Indonesia yang baru) untuk kegiatan kuliahnya.

Sebelum anda melakukan pendaftaran kuliah di UNPAR, ada baiknya anda harus mengetahui Fakultas dan Program Studi yang akan anda pilih sesuai keinginan dan minat anda.


Langsung saja admin akan membahas mengenai jalur-jalur penerimaan mahasiswa baru di Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR) yaitu sebagai berikut.

1. Penerimaan Jalur Penelusuran Minat dan Kemampuan (PMDK)

 Persyaratan Umum :
  • Terbuka untuk semua siswa yang terdaftar sebagai siswa SMA kelas XII 
  • Memiliki minat yang tinggi untuk melanjutkan studi di UNPAR dan akan mendaftarkan diri sebagai mahasiswa UNPAR apabila nanti dinyatakan lulus seleksi program PMDK dan lulus SMA;
  • Hanya memilih 1 (satu) program studi yang paling diminati dari daftar program studi yang tersedia di UNPAR;
Persyaratan Nilai Rapor
  • Nilai Mata Pelajaran di SMA kelas X sampai dengan kelas XI yang menjadi prasyarat, tidak kurang dari Nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM).Jika sekolah menerapkan kurikulum 2013 mohon nilai rapor (capaian nilai dan KKM) dapat dikonversi dalam skala 100.
 Persyaratan Khusus Program Studi :
  • Program Studi Arsitektur : Melampirkan hasil gambar sesuai dengan petunjuk soal dan ketentuan pada lampiran (form M10-A.2)
  • Program Studi Teknik Kimia dan Teknik Elektro : Tidak Buta Warna, dibuktikan dengan melampirkan Surat Keterangan Tidak Buta Warna dari Dokter Spesialis Mata
  • Program Studi Ilmu Administrasi Publik, Ilmu Administrasi Bisnis dan Ilmu Hubungan Internasional : Nilai mata pelajaran Matematika dan Bahasa Inggris Minimal 70
  • Program Studi Ekonomi Pembangunan : Nilai seluruh mata pelajaran tidak kurang dari Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)
  • Program Studi DIII Manajemen Perusahaan : Rata-rata nilai rapor minimal 75
 Kelengkapan Berkas Pendaftaran meliputi :
  • Formulir Pendaftaran yang sudah dicetak dan dilengkapi dengan tandatangan Pelamar, Orangtua pelamar, Kepala Sekolah, dan di cap stempel Sekolah ybs.
  • Fotokopi rapor SMA kelas X dan kelas XI (semester 1 dan semester 2) , yang telah dilegalisasi oleh Kepala Sekolah; jika sekolah menerapkan kurikulum 2013 mohon nilai rapor (capaian nilai dan KKM) dapat dikonversi dalam skala 100
  • Pas Foto terbaru berwarna ukuran 4 x 6 cm (1 lembar);
  • Uraian/Motivasi “Mengapa saya memilih UNPAR, dan alasan ingin studi pada program studi yang dipilih”, ditulistangan maksimal 500 kata dalam bahasa Indonesia atau dalam bahasa Inggris.
  • Fotokopi sertifikat prestasi akademik dan/atau ekstra-kurikuler siswa (jika ada).
  • Hasil Gambar sesuai form soal M10-A.2, dan ketentuan yang diberikan (khusus pelamar program studi Arsitektur).
  • Surat Keterangan Tidak Buta Warna dari Dokter Spesialis Mata bagi siswa yang melamar ke program studi Teknik Kimia atau Teknik Elektro.
2. PendaftaranUjian Masuk Bersama (UMB-PTS)

Ujian Masuk Bersama (UMB) merupakan jalur penerimaan melalui ujian secara online (online test) di Kampus UNPAR atau tempat lain yang tergabung dalam perhimpunan seleksi penerimaan mahasiswa baru nusantara (PSPMB-Nusantara) yang sudah ditentukan sebagai penyelenggara UMB. Pendaftaran sebagai peserta Seleksi Program USM UNPAR dilakukan secara online dengan membuka laman http://penerimaan.or.id dan mengisi/melengkapi formulir isian yang tersedia sesuai dengan petunjuk.

Syarat-syarat yang harus dipenuhi oleh para siswa peminat seleksi program UMB ini adalah sebagai berikut  :

Persyaratan Umum :

  • Memiliki minat yang tinggi untuk melanjutkan studi di UNPAR dan akan mendaftarkan diri sebagai mahasiswa UNPAR apabila nanti dinyatakan lulus seleksi program UMB dan lulus SMA;
  • Tamatan SMA (SMA, MA, SMK, SMTA luar negeri, ujian persamaan, dsb.) tahun berjalan dan atau paling lama kelulusan 3 (tiga) tahun terakhir,
  • Tamatan Paket C tahun berjalan atau 3 (tiga) tahun terakhir yang memiliki raport tiga tahun (selama yang bersangkutan mengikuti program tersebut).
Persyaratan Khusus Program Studi;
  • Program Studi Teknik Kimia dan Teknik Elektro : Tidak Buta Warna, dibuktikan dengan melampirkan Surat Keterangan Tidak Buta Warna dari Dokter Spesialis Mata (diserahkan pada saat ybs dinyatakan lulus dan melakukan registrasi awal di UNPAR)
Ketentuan yang berlaku bagi calon mahasiswa yang dinyatakan lolos seleksi program USM :
  • Melunasi 100% (seratus persen) kewajiban keuangan sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan, dengan mengetahui bahwa dana yang telah dibayarkan tidak dapat diminta kembali dengan alasan apapun juga (sesuai dengan surat pernyataan di atas meterai).
  • Melakukan Registrasi Awal dan Pendaftaran Ulang sesuai jadwal yang telah ditetapkan,


3. Penerimaan Jalur Ujian Saringan Masuk (USM)

Ujian Saringan Masuk (USM) bertujuan untuk menyaring calon mahasiswa baru yang memiliki kemampuan akademik untuk mengikuti dan menyelesaikan pendidikan di Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR) sesuai dengan batas waktu yang telah ditetapkan.

Syarat-syarat yang harus dipenuhi oleh para siswa peminat seleksi program USM ini adalah sebagai berikut  :

Persyaratan Umum :

  • Memiliki minat yang tinggi untuk melanjutkan studi di UNPAR dan akan mendaftarkan diri sebagai mahasiswa UNPAR apabila nanti dinyatakan lulus seleksi program USM dan lulus SMA;
  • Dapat memilih sampai 3 pilihan program studi (pilihan ke-3 terbatas pada program studi tertentu seperti; Ekonomi Pembangunan, Ilmu Administrasi Publik, Teknik Elektro, Matematika, Fisika, D3 Manajemen Perusahaan)
Persyaratan Khusus Program Studi;
  • Program Studi Teknik Kimia dan Teknik Elektro : Tidak Buta Warna, dibuktikan dengan melampirkan Surat Keterangan Tidak Buta Warna dari Dokter Spesialis Mata
Kelengkapan Berkas Pendaftaran yang harus diupload meliputi :
  • Fotocopy akte kelahiran atau paspor
  • Surat Keterangan Jurusan SMA atau Legalisir Ijazah SMA
  • untuk siswa yang bersekolah di sekolah Internasional, jika dinyatakan lolos, pada saat daftar ulang harus sudah memiliki penyetaraan Ijazah
  • untuk siswa yang berijazah Paket C, jika dinyatakan lolos, pada saat daftar ulang diwajibkan menyerahkan leglisir ijazah beserta fotocopy raport kelas 1 s.d. kelas 3
  • Surat Keterangan Tidak Buta Warna dari Dokter Spesialis Mata bagi siswa yang melamar ke program studi Teknik Kimia atau Teknik Elektro.
Ketentuan yang berlaku bagi calon mahasiswa yang dinyatakan lolos seleksi program USM :
  • Melunasi 100% (seratus persen) kewajiban keuangan sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan, dengan mengetahui bahwa dana yang telah dibayarkan tidak dapat diminta kembali dengan alasan apapun juga (sesuai dengan surat pernyataan di atas meterai).
  • Melakukan Registrasi Awal dan Pendaftaran Ulang sesuai jadwal yang telah ditetapkan,
4. Penerimaan Mahasiswa Asing

Universitas Katolik Parahyangan mempunyai mahasiswa dari berbagai latar belakang, baik asal daerah, bahasa, agama dan keyakinan, kebiasaan dan adat istiadat, suku bangsa dan bahkan berbagai perbedaan bangsa. Dari jumlah mahasiswa Universitas Katolik Parahyangan diatas 10.500 orang, peserta penerimaan mahasiswa asing berjumlah 31 orang orang pada tahun 2015. Mahasiswa tersebut belajar di Universitas Katolik Parhayangan dapat berstatus sebagai:
  • Mahasiswa reguler, yang berarti mengikuti program akademik sarjana atau pascasarjana yang ditawarkan oleh Universitas Katolik Parahyangan;
  • Mahasiswa Kemitraan Negara Berkembang (KNB), yang didukung oleh Pemerintah Republik Indonesia dengan memberi beasiswa kepada mahasiswa asing untuk studi di perguruan tinggi di Indonesia, termasuk Universitas Katolik Parahyangan;
  • . Student exchange program dengan masa studi selama 1 – 2 semester di Universitas Katolik Parahyangan, berasal dari baik perguruan tinggi yang menjadi mitra kerjasama seperti dalam jaringan ACUCA dan INU maupun the Australia Consortium for ‘in-Counntry’ Indonesia Studies (ACICIS).
  • Student exchange dengan masa tinggal pendek selama 1 – 4 minggu di Universitas Katolik Parahyangan, berasal dari perguruan tinggi mitra seperti University of Notredame Australia mengikuti Intensive Course and Community Engagement Program yang diadakan oleh Universitas Katolik Parahyangan.
Pada saat ini, Universitas Katolik Parahyangan juga memiliki dua joint master degree programs:
  • Joint Master Degree Program in Water Resources Engineering, kerjasama dengan Hohai University, China.
  • Joint Master Degree Program in Business Administration, kerjasama dengan Jiangsu University, China.
Untuk informasi lebih jelas mengenai Pendaftaran UNPAR, anda dapat mengakses alamat website resmi yaitu https://pmb.unpar.ac.id/

Sekian informasi yang dapat admin berikan mengenai Pendaftaran UNPAR 2024/2025, semoga informasi yang admin berikan ini dapat menjadi panduan pendaftaran untuk anda nantinya. Terimakasih sudah membaca arikel ini dan semoga anda diterima.