Pendaftaran SIAP PPDB 2024/2025

SIAP PPDB 2024, SIAP PPDB Online, SIAP PSB Online, Pendaftaran Online Peserta Didik Baru, Info Pendaftaran SIAP PPDB Online,  Penerimaan Siswa Baru SD / MI, SMP / MTs, SMA / MA, dan SMK / MAK, Panduan Pendaftaran SIAP PPDB Online, Pendaftaran Siswa Baru Online, Tata Cara Mendaftar SIAP PPDB Online, Penerimaan Peserta Didik Baru, PPDB. 

Pada kesempata yang sangat baik ini admin akan memberikan informasi mengenai Pendaftaran SIAP PPDB Online 2024/2025, informasi yang admin berikan ini bertujuan untuk memberikan panduan kepada sobat yang ingin mendaftar di SIAP Online PPDB. Mari kita simak pembahasan berikut ini.

Sedikit mengenai SIAP PPDB Online

SIAP PPDB Online atau yang memiliki kepanjangan yaitu Sistem Informasi Aplikasi Pendidikan Penerimaan Peserta Didik Baru Online adalah sebuah sistem yang dirancang secara khusus untuk melakukan otomasi seleksi penerimaan siswa baru (PSB), mulai dari proses pendaftaran, proses seleksi sampai dengan pengumuman hasil seleksi, semuanya dapat dilakukan secara online dan berbasis waktu nyata (realtime)

Kalau di zaman sekarang teknologi semakin canggih , bukan hanya pendaftaran masuk ke Perguruan Tinggi yang dilakukan secara online, tetapi juga sudah masuk ke dunia Sekolah, dalam hal ini adalah Pendaftaran online SD SMP SMA SMK. Untuk bisa melakukan pendaftaran secara online, tentunya siswa-siswi yang ingin melanjutkan pendidikan ke SD, SMP, SMA atau SMK diharuskan bisa mengoperasikan komputer dengan baik. Selain itu juga tempat tinggal calon siswa-siswa harus bisa mendukung jaringan internet agar bisa melakukan pendaftaran online. 

Tidak seperti zaman admin dulu, mau mendaftar SD SMP SMA SMK langsung saja datang kesekolahan. apalagi jarak tempuh ke sekolah sangat jauh. admin dulu jangankan mengoperasikan komputer, hp saja dulu gak bisa sama sekali sungguh ketinggalan zaman admin zaman dulu. hehe

Nah ini adalah salah satu kelebihan dari pendaftaran secara online di SIAP PPDB untuk siswa SD SMP SMA SMK adalah calon siswa baru tidak perlu lagi datang ke sekolah untuk mengisi formulir pendaftaran. Formulir pendaftaran cukup diisi secara online. Dengan pendaftaran online ini, pendaftaran bisa dilakukan dimana saja, yang penting daerah tersebut mendukung jaringan internet. Nantinya peserta pendaftar harus tetap datang ke Sekolah untuk menyerahkan formulir pendaftaran online dan berkas lainnya sesuai ketentuan dari sekolah masing-masing.

Nah disini admin akan memberikan nama-nama wilayah peserta PPDB Online yang telah bergabung dengan SIAP PPDB Online. Daftar Wilayah Peserta SIAP PPDB Online 2023/2024 terbagi menjadi wilayah kota dan wilayah kabupaten. Ayo kita simak bersama-sama.

SIAP PPDB Online Kota 
Daftar SIAP PPDB Online Kabupaten 
Daftar SIAP PPDB Online Provinsi 
Itulah wilayah kota dan kabupaten yang telah tergabung dalam SIAP PPDB Online. Untuk wilayah lainnya yang belum tergabung, semoga dapat bergabung di SIAP PPDB Online.

Bagi sobat yang mengalami kesulitan dalam mendaftarkan diri ke SIAP PPDB Online atau sobat butuh panduan pendaftaran. Tenang saja sobat, disini admin akan memberikan panduan tata cara pendaftaran SIAP PPDB Online untuk anda.

Tata Cara Pendaftaran SIAP PPDB Online
  • Terlebih dahulu peserta mengakses alamat website: siap-ppdb.com
  • Setelah anda masuk ke alamat tersebut, Kemudian kan muncul halaman siap-ppdb.com tersebut, 
  • Setelah itu peserta lihat dibagian kanan atas, ada "mendaftar/login" klik menu tersebut.
  • Setelah peserta mengklik menu tersebut, kemudian akan muncul halaman baru yang bertuliskan "Selamat Datang di Komunitas TELKOM SIAP Online". Apabila anda telah memiliki akun email, silahkan klik "Masuk" menggunakan ID Anda dan Password yang telah anda miliki, atau juga bisa login menggunakan Facebook atau Twetter. Jika belum memiliki akun, silahkan klik "Mendaftar" dan lanjukan langkah pendaftarannya berikut ini.
  • Selanjunya muncul halaman baru berupa kolom pengisian alamat email, Silahkan isi kolom tersebut dengan alamat email anda. Bagi yang belum belum memiliki email, silah klik buat email
  • Setelah mengisi alamat email, selanjutnya klik "lanjut"
  • Peserta akan diminta untuk mengisi data berikutnya berupa nama lengkap, jenis kelamin, tanggal lahir, dan mengisi bahwa anda adalah seorang : guru, tenaga kependidikan, orang tua, siswa, alumni, mahasiswa, dosen, atau masyarakat peduli pendidikan. Silahkan isi sesuai dengan diri anda. Jika telah selesai, klik "lanjut"
  • Kemudian peserta akan diminta untuk mengisi password yang akan dibuat lalu ulang sekali lagi password yang akan anda buat tersebut. Isi pula kode terlilhat kemudian klik "lanjut". Silahkan cek email anda, sistem telah mengirimkan kode aktivasi.
  • Setelah klik "lanjut" muncul halam baru yang meminta anda untuk mengisi email dan kode aktivasi. Isilah kolom tersebut lalu klik "lanjut"
  • Jika peserta telah selesai pendaftaran. ID dan Password anda siap digunakan.

Itu tadi mengenai langkah-langkah atau tata cara pendaftaran SIAP PPDB Online yang dapat anda lakukan. Setelah anda memperoleh ID dan Password, silahkan peserta login ke alamat siap-ppdb.com lalu lengkap biodata anda dan anda juga nanti bisa menemukan informasi yang anda butuhkan seputar SIAP PPDB Online.

Sekin informasi yang dapat admin berikan mengenai Pendaftaran SIAP PPDB 2024/2025 semoga informasi ini dapat membantu anda dalam proses pendaftran nantinya. Terimakasih sudah membaca artikel ini dan semoga sukses.