Pendaftaran POLTERA 2024/2025

Pendaftaran Politeknik Negeri Madura (POLTERA) 2024, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Politeknik Negeri Madura (POLTERA), SPMB Politeknik Negeri Madura (POLTERA), Informasi Pendaftaran Online Politeknik Negeri Madura (POLTERA), Jalur Masuk Politeknik Negeri Madura (POLTERA), Jalur PMDK Akademik, Jalur SMB / Jalur Ujian Tertulis, Jalur PMDK Bidikmisi, 

Pada kesempatan ini admin akan memberikan informasi mengenai Pendaftaran Politeknik Negeri Madura (POLTERA) 2024/2025. Dengan adanya informasi ini, semoga dapat membantu anda yang akan mendaftar sebagai calon mahasiswa baru di POLTERA. Mari kita simak informasi berikut ini.




Sedikit mengenai POLTERA

POLTERA atau yang memiliki ke panjangan Politeknik Negeri Madura adalah sebuah Politeknik Negeri yang terletak di Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur, Indonesia.

Berdirinya Politeknik Madura, proses awalnya diprakarsai oleh Yayasan Bina Sampang Mandiri (BSM), yang diketuai oleh Ir. Mohammad Syaifurrahman Noer atau yang lebih dikenal dengan sebutan Cipung, beliau adalah putra dari H. Mohammad Noer (alm) mantan Gubernur Jawa Timur. POLTERA didirikan pada tahun 2012

Politeknik Negeri Madura (POLTERA) berlokasi di Jl. Raya Camplong Km. 4 Taddan, Camplong - Sampang, Jawa Timur.

Sedikit mengenai visi dan misi yang ada di Politeknik Negeri Madura (POLTERA) ;

Visi ;

Membangun manusia yang beriman, bertaqwa, terampil beretos kerja tinggi dan berdaya saing global.

Misi ;

Memberikan kesempatan belajar yang seluas-luasnya bagi masyarakat Indonesia.
Meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang berwawasan imtaq dan iptek
Menyiapkan tenaga profesional yang terlatih dan berdaya saing global

Pada saat ini, Politeknik Negeri Malang (Polinema) memiliki beberapa Program Studi yaitu sebagai berikut :
D3 Teknik Mesin Alat Berat
D3 Teknik Listrik Industri
D3 Teknik Bangunan Kapal
Dari program studi yang ada tersebut, mungkin ada salah satu yang anda inginkan. Untuk itu, silahkan daftarkan diri anda menjadi calon mahasiswa baru POLTERA.

Untuk bisa menjadi mahasiswa baru di POLTERA, maka anda terlebih dahulu mendaftar menjadi calon mahasiswa dengan mengikuti beberapa jalur seleksi yang dibuka.

Jalur-jalur penerimaan mahasiswa baru yang dibuka oleh POLTERA diantaranya adalah jalur PMDK-PN, UMPN, PMDK POLTERA, dan jalur mandiri, serta Bidikmisi.

Untuk mengetahui informasi jalur yang ada di Politeknik Negeri Madura (POLTERA). Simak informasi berikut ini :


1. Pendaftaran PMDK-PN POLTERA


PMDK-PN atau Penelusuran Minat Dan Kemampuan Politeknik Negeri adalah jalur seleksi undangan masuk ke Politeknik Negeri se-Indonesia.

Calon peserta yang ingin mendaftar jalur ini harus mendapatkan rekomedasi dari Kepala Sekolah. Setelah mendapatkan rekomendasi selanjutnya dapat melakukan pendaftaran PMDK-PN secara mendiri.

Pendaftaran PMDK-PN dilakukan secara online melalui alamat website pmdk.politeknik.or.id. Silahkan akses alamat tersebut untuk melakukan pengisian data pendaftaran hingga mencatak kartu tanda peserta PMDK-PN.

Tata cara pendaftaran, persyaratan pendaftaran, jadwal pelaksanaan, biaya seleksi, daftar Politeknik Negeri se-Indonesia, dapat anda baca pada artikel yang berjudul Pendaftaran PMDK-PN 



2. Pendaftaran PMDK POLTERA


PMDK POLTERA adalah jalur seleksi Penelusuran Minat Dan Kemampuan yang diadakan secara lokal oleh POLTERA untuk menyeleksi calon mahasiswa baru.

Seleksi dilaksanakan di Gedung Direktorat Lantai 4, Kampus Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya (PPNS), Jl. Teknik Kimia Kampus ITS Sukolilo-Surabaya.

Perlengkapan yang harus di bawa pada saat seleksi adalah berikut ini :

  • Bukti pendaftaran yang sudah dicetak.
  • Alat Tulis.
  • Fotocopy Raport Semester 1 s/d 5.
  • Fotocopy KTP/KTS.
  • Persyaratan bagi pendaftar Bidikmisi di atur tersendiri yang dapat dilihat di web POLTERA
  • Peserta diharap datang 30 menit sebelum ujian dimulai.
Jalur PMDK POLTERA biasanya dibuka untuk 2 gelombang. Informasi lebih lanjut mengenai pendaftaran PMDK POLTERA dapat anda lihat langsung di web POLTERA.


3. Pendaftaran UMPN POLTERA


UMPN atau Ujian Masuk Politeknik Negeri adalah jalur seleksi ujian tertulis yang seleksinya dilakukan bersamaan oleh Politeknik Negeri se-Indonesia.

Seleksi jalur UMPN biasanya dilaksanakan setelah jalur PMDK. Jadi jika anda tidak lulus jalur PMDK, maka bisa mengikuti seleksi jalur UMPN.


4. Pendaftaran Jalur Mandiri POLTERA


Jalur ujian mandiri ini biasanya dibuka paling akhir setelah jalur lain ditutup. Biasaya jalur mandiri ini dibuka untuk 2 gelombang. Jadi bagi yang belum lulus seleksi gelombang I, maka bisa mengikuti seleksi gelombang II.


5. Pendaftaran Bidikmisi POLTERA


POLTERA merupakan salah satu Polteknik Negeri yang menyalurkan bantuan dana pendidikan kepada calon mahasiswa dari keluarga kurang mampu. Bantuan tersebut disebut dengan Bidikmisi.

Seperti yang disebutkan di atas, bahwa Bidikmisi ini diberikan untuk calon mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu (miskin) yang mempunyai keinginan kuliah di Politeknik Negeri, salah satunya di POLTERA. Pendaftaran Bidikmisi dilakukan secara online melalui alamat website bidikmisi.dikti.go.id

Untuk informasi lebih lengkap mengenai jadwal, persyaratan, tata cara, dan lainnya bisa anda baca pada artikel yang berjudul Pendaftaran Bidikmisi 

Demikianlah informasi yang dapat admin sampaikan mengenai Pendaftaran POLTERA 2024/2025. Semoga informasi tersebut bisa memberikan kemudahan dalam proses pendaftaran calon mahasiswa POLTERA.